7 Kebiasaan Positif ini Dapat Mengubah Hidupmu Menjadi Versi yang Lebih Baik Lagi. Berani Coba?

Kalau bukan kamu, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Dalam hal mengubah kehidupan yang lebih seimbang dan bahagia, mungkin sebagian orang sering memikirkan perubahan gaya hidup secara besar-besaran sebagai satu-satunya solusi. Mentalitas ini sering kali mengakibatkan kewalahan, kurangnya konsistensi, dan rasa frustrasi yang besar ketika hasil tidak datang secepat atau semudah yang kamu inginkan. Oleh karena itu, cobalah ubah kebiasaanmu menjadi lebih positif dulu, sebelum benar-benar mengubah semuanya. Berikut adalah 7 kebiasaan positif yang bisa kamu coba.

Advertisement

1. Berhenti menyalahkan orang lain

Semua kritik, saran, dan nasihat yang orang-orang berikan padamu, hanyalah sebuah masukkan semata. Kamu tetaplah satu-satunya yang bertanggung jawab atas pilihan itu. 

Karena semuanya tentu balik lagi ke kamu ingin melakukan ini atau itu, ingin memilih ini atau itu. Jadi, belajarlah untuk lebih bertanggung jawab atas pilihanmu tanpa menyalahkan orang lain nantinya jika sesuatu buruk terjadi.

Advertisement

2. Hiduplah di masa sekarang

Foto oleh Liza Summer dari Pexels

Foto oleh Liza Summer dari Pexels via https://www.pexels.com

Pola pikir yang baik itu adalah pola pikir yang tidak berhenti dimasa lalu, namun tidak juga terlalu berkhayal terlalu banyak untuk masa depan. Pola mikir yang baik itu adalah present mindset, di mana kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menyesali perbuatanmu di masa lalu yang sudah terjadi atau terlalu khawatir dengan sesuatu yang bahkan belum terjadi.

Fokuslah pada hal yang sedang kamu kerjakan saat ini. Lakukan yang terbaik jika kamu tidak mau menyesal lagi seperti kemarin. Carilah kebahagian disetiap momen hidupmu. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa terlalu tertekan dan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik lagi.

3. Membaca lebih banyak buku

Advertisement

Untuk yang satu ini, sepertinya tidak perlu banyak penjelasan, bukan? Karena tidak akan ada ruginya jika kamu banyak membaca. Bacalah apapun. Buku fiksi, buku filosofi, buku motivasi, bahkan buku cara belajar memasak sekalipun.

Dengan membaca buku, akan ada pemikiran baru, ide-ide baru, dan tambahan ilmu yang kamu dapatkan. Jadi, jangan lupa baca buku, ya!

4. Jangan mudah menyerah dan lihat seberapa jauh kamu telah berkembang

Jika suatu hari nanti kamu sudah muak, kamu ingin menyerah, dan kamu sudah putus asa, coba melirik ke belakang. Lihatlah dirimu ketika takut mencoba, sampai kamu sudah berhasil melangkah sejauh ini. 

Ingatlah kerja kerasmu sejauh ini sebelum kamu benar-benar menyerah. Kamu harus bangga pada dirimu sendiri karena sudah melewati banyak hal, dan lihat, kamu masih bertahan sampai sekarang. Tidak ada alasan bagimu untuk berhenti menjadi orang yang lebih baik lagi setelah kamu memutuskan untuk memulainya.

5. Memiliki waktu tidur yang cukup

Foto oleh EKATERINA BOLOVTSOVA dari Pexels

Foto oleh EKATERINA BOLOVTSOVA dari Pexels via https://www.pexels.com

Ini mungkin hal yang sering kamu lewati setiap hari. Berpikir untuk melakukan ini dan itu, mengubah ini dan itu, tapi kamu bahkan tidak memiliki jadwal tidur yang baik. Kamu akan menjadi mudah rewel, marah, tidak sabaran, dan tidak menghargai diri sendiri hanya karena kurang tidur.

Akan sulit untukmu menjadi orang yang bahagia dan hidup lebih baik lagi kalau kamu kelelahan. Oleh karena itu, tidurlah dengan benar! Beri ruang untuk dirimu yang sudah bekerja keras ini untuk beristirahat.

6. Konsisten berolahraga

Ada banyak manfaat dari berolahraga. Kamu tidak butuh melakukan olahraga yang berat, menyiksa, dan memaksakan dirimu. Yang terpenting adalah bergerak setiap harinya. Hargai tubuhmu yang sudah seharian duduk di kursi untuk menyelesaikan semua pekerjaanmu. 

Kamu bisa lakukan hal sederhada seperti membereskan rumahmu, berlari di sekitar tempat tinggalmu, atau kalau mau pergi berenang. Jangan biarkan tubuhmu mati terlalu lama karena tidak melakukan apapun selain memandangi laptop seharian. Kamu akan merasakan jika mood kamu berubah menjadi baik setelah meninggalkan laptop dan bergerak.

7. Mengatur pola makan

Tidur cukup, berolahraga dengan konsisten, dan mengatur pola makan yang baik sebenarnya merupakan kunci utama untuk memiliki kehidupan yang seimbang. Dengan pola hidup yang sehat, kamu bisa mengatur hidupmu lebih mudah dan tentu membuatmu lebih bahagia. Usahakan untuk tetap makan sesibuk apapun pekerjaanmu, karena makanan adalah sumber energi kamu menjalani harimu.

Gaya hidup di atas adalah kebiasaan sederhana yang bisa kamu coba terlebih dahulu. Mudah bukan? Selamat mencoba! Kuncinya tidak pada kuantitas, tapi pada komitmen yang dibangun oleh diri sendiri, semangat berjuang menjadi versi yang lebih baik lagi!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Undergraduate Communication Student

CLOSE