Sudah bukan rahasia lagi kalau mebel jati adalah salah satu yang paling favorit dan unggul di kelasnya. Untuk urusan perabot hingga flooring, kayu jati sudah lama menjadi primadona tersendiri yang tiada tandingannya. Apa saja yang membuat mebel jati ini begitu berbeda dibandingkan furnitur biasa? Yuk, intip dulu ulasan Dekoruma berikut ini!

1. Keindahan yang menawan

Meja Makan dari Jati

Meja Makan dari Jati via http://pinterest.com

Advertisement

Mebel jati punya kelebihan estetika secara visual tersendiri yang sangat atraktif. Dengan motif kayu alami berwarna coklat keemasan, mebel jati seperti meja kerja sering dipilih sebagai wujud keindahan ruangan di rumah.

Bukan hanya penampakannya yang luar biasa memukau, tekstur kayu jati juga terasa beda jika dibandingkan dengan misalnya furnitur dari particle board, MDF, atau plywood

2. Sangat kokoh dan tangguh

Kursi Tamu dari Jati

Kursi Tamu dari Jati via http://pinterest.com

Mebel jati punya karakteristik yang sangat kuat karena merupakan jenis hardwood dari pohon kelas satu. Bahkan untuk kategori hardwood, bisa dibilang jati adalah salah satu pemenang dari segi ketangguhannya. Dengan perawatan yang tepat, bukan tidak mungkin jika mebel jati bisa bertahan hingga 50-100 tahun lamanya. 

3. Resisten terhadap hama dan serangga

Kursi dan Meja dari Jati

Kursi dan Meja dari Jati via http://architecturaldigest.com

Advertisement

Kayu jati punya kandungan minyak alami yang bisa menangkal berbagai macam serangga dan hama penyakit, termasuk semut putih, noda jamur, dan serangga penghancur kayu lainnya. Berkat daya tahan alaminya ini, mebel jati punya umur yang lebih panjang sehingga lebih superior dibandingkan dengan furnitur biasa lainnya.

4. Tidak mudah memuai

Lemari Pakaian dari Jati

Lemari Pakaian dari Jati via http://productnation.com

Sama seperti bahan kain atau lainnya, kayu juga bisa menyusut atau memuai, lho. Namun untuk mebel jati, kamu tak perlu khawatir karena materialnya tergolong sangat stabil dan bisa mempertahankan dimensinya secara konsisten. Jadi bila kursi makan milikmu terbuat dari jati sering terpapar suhu panas dari uap masak di dapur, kursi tidak akan memuai atau menyusut.

5. Mudah diaplikasikan dengan bahan lain

Furnitur Kamar Tidur dari Jati

Furnitur Kamar Tidur dari Jati via http://hodowca.info

Kayu dan metal sering dikombinasikan dalam interior rumah, misalnya meja kerja jati berbingkai stainless steel atau lemari anak dengan handle pintu dari metal.  Penting sekali supaya kedua elemen ini saling mendukung. 

Mebel jati sangat jarang mengalami perubahan akibat pergantian suhu atau kondisi lain. Keseimbangan ini menjadikan mebel jati sangat kompatibel untuk digabung dengan bahan metal dan material lain sekalipun.

6. Antilembap

Set Furnitur dari Kayu Jati

Set Furnitur dari Kayu Jati via http://hebrideslight.com

Menggunakan jati sebagai furnitur di luar rumah bisa dilakukan karena kayu jati tahan air sehingga tidak mudah lembap. Tak hanya furnitur di luar rumah, kayu jati cocok sebagai flooring bagian eksterior hingga bagian balkon.

Membeli mebel jati sudah sering terbukti menjadi investasi berharga bagi pemiliknya. Jadi untuk kamu yang masih ragu, hapus saja kekhawatiranmu dan pilih mebel jati!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya