Ada banyak sekali tools dalam dunia psikologi yang mampu membantumu memahami diri sekaligus pribadi orang lain. Kali ini, saya mau bahas mengenai Eneagram. Sudah pada tahu belum? Oh iya, penjelasan ini saya kutip dari buku karya Renee Baron & Elizabeth Wagele berjudul "Eneagram".

Eneagram (dibaca: èni-è-grem) berasal dari bahasa Yunani. Jika dipisah, ennea adalah angka sembilan, dan gram artinya sebuah gambar. Sesuai maknanya, Eneagram adalah suatu lingkaran yang berisi sebentuk bintang bertitik sembilan, di mana titik tersebut mewakili sembilan tipe dasar manusia. Titik-titik tersebut dihubungkan dengan garis. Mengapa perlu digambar garis-garis tersebut? Karena, studi tentang Eneagram ini meyakini bahwa seseorang bisa jadi dipengaruhi oleh 'sayap' mereka. Apa itu sayap? Sayap adalah tipe-tipe yang ada di kanan atau kiri tipe anda.

Gimana sih maksudnya? Misalkan, kamu adalah tipe 2. Kepribadianmu bisa jadi tercampur dengan Tipe 1 atau Tipe 3. Hmm.. biar lebih jelas? Berikut ini adalah ringkasan dari sembilan tipe dasar manusia. Yuk, siap-siap mengenali diri sendiri!

1. Perfeksionis

Udah bagus, masih pengen lebih bagus

Udah bagus, masih pengen lebih bagus via http://3.bp.blogspot.com

Kalian pasti sudah punya gambaran bagaimana sih orang dengan tipe satu ini. Ya, si perfeksionis ini digambarkan sebagai sosok yang realistis, penuh pertimbangan, dan menjalani hidup sesuai dengan standar ideal yang tinggi.

Dalam dunia pekerjaan, tipe ini bekerja dengan efisien, teratur dan selalu menyelesaikan tugas. Kalau kamu merasa sebagai orang dengan tipe 1 ini, kamu pasti nggak mungkin masuk kerja terlambat setengah jam, membiarkan piring kotor tidak dicuci dalam seminggu, tidak berterimakasih atas hadiah yang diberikan, tidak mengadakan reservasi tiap malam selama berlibur dan lain-lain.

Advertisement

Tetapi, konsekuensi menjadi tipe 1 adalah sering merasa bersalah jika tidak banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan, sering merasa gelisah karena melihat semua hal dengan serius, serta merasa terbebani dengan tanggung jawab yang berat karena merasa harus melakukan sesuai standarnya.

2. Penolong

Cup cup cup, sini curhat sama aku!

Cup cup cup, sini curhat sama aku! via http://www.tandapagar.com

Si penolong ini memang tipe yang pas untuk dijadikan tempat bercerita. Sifatnya yang hangat, peduli, dan peka terhadap kebutuhan orang lain membuat siapapun betah berlama-lama ngobrol dengannya. Jika kamu orang yang tidak tahan melihat penderitaan orang lain di TV, merasa terbebani karena banyak orang bergantung padamu, senang memberikan pujian, sulit mengatakan 'tidak', mungkin kalian adalah si tipe 2.

Namun, sebenarnya si tipe 2 ini juga butuh untuk dihargai dan didengar, lho. Jadi, sesekali tanyakan padanya, apa sih yang dia rasakan? Biarkan ia mengungkapkan persoalan yang mungkin sedang dirasakan, alih-alih hanya sekedar menjadi pendengar saja.

3. Pengejar prestasi

Nggak ada libur demi kamu, ea

Nggak ada libur demi kamu, ea via http://tutorialaplikasi.com

Advertisement

Si tipe 3 ditandai dengan energik, optimistis, percaya diri, serta goal oriented. Dalam benaknya, sukses itu adalah suatu keharusan. Sukses dalam hal ini berkaitan erat dengan pekerjaan dan prestasi gemilang lainnya. Berikut contoh perilaku yang tidak mungkin dilakukan oleh si pengejar prestasi:


  1. Tidak membuat rencana detail dalam seminggu.

  2. Tidak mengambil alih saat rapat berlangsung tidak efektif.

  3. Menghabiskan waktu seminggu hanya duduk diam bermeditasi.

Bisa dikatakan tipe ini adalah orang-orang yang aktif dan nggak bisa diam. Ia termotivasi untuk menjadi manusia produktif. Sstt, tapi si tipe 3 ini terkenal senang berolahraga untuk menjaga penampilannya, lho! Jadi, meskipun ia aktif bekerja, olahraga tetap lanjut!

4. Romantis

Mendengar namanya saja sudah kebayang ya tipe orang ini bagaimana. Sifat-sifat menonjol yang dimiliki si tipe 4 yaitu memiliki perasaan yang peka, pribadi yang hangat, serta pengertian. Duh, mau dong yang kayak gini! Haha.

Menurut Elizabeth dan Renee, tipe 4 dimotivasi oleh kebutuhan untuk memahami perasaannya dan ingin agar dipahami oleh orang lain. Secara garis besar sih, saya memahami tipe ini sebagai orang yang baper-an, kalau bahasa anak muda. Ia sangat peka terhadap hal-hal yang menyangkut perasaan. Orang dengan tipe 4 bisa sangat peka terhadap sindiran, bisa sakit hati karena hal remeh, serta mudah menangis karena keindahan maupun penderitaan.

5. Pengamat

Maaf ya dek, ini lebih menarik dari kamu! hehe

Maaf ya dek, ini lebih menarik dari kamu! hehe via http://www.bimbelku.com

Tipe ini nggak selalu berkaitan sama para peneliti, ya. Meskipun mungkin para peneliti banyak yang memiliki sifat ini. Si tipe 5 digambarkan sebagai sosok yang haus akan pengetahuan, introvert, penuh rasa ingin tahu, analitis dan berwawasan. Beberapa perilaku yang nggak mungkin dilakukan sama si pengamat antara lain, pergi bersama banyak orang dalam waktu lama di mana tidak ada kesempatan untuk menyendiri, tidak mengeluarkan pendapat dalam hal yang dia kuasai, serta mengadakan pesta besar-besaran.

Tipe pengamat cenderung tidak nyaman dalam acara sosial yang melibatkan banyak orang. Ia lebih memilih sendirian atau bersama beberapa orang yang sangat dia kenal. Selain itu, karena ia penuh rasa ingin tahu, orang tersebut betah berlama-lama mempelajari sesuatu.

6. Pencemas

Sesuai namanya, tipe yang satu ini menyukai sesuatu yang dapat diperkirakan, tidak terlalu percaya diri karena takut gagal, serta memandang sesuatu dengan sangat serius. Kabar baiknya, orang dengan tipe 6 merupakan sosok yang bertanggungjawab, bisa dipercaya, dan menjunjung tinggi kesetiaan pada orang-orang sekitar. Jika kalian menemui orang dengan tipe 6, selalu dukung ia untuk melakukan hal-hal baru serta yakinkan bahwa semua baik-baik saja.

7. Petualang

Besok, kemana lagi?

Besok, kemana lagi? via https://www.superadventure.co.id

Sepertinya yang satu ini cocok melekat pada para travel addict. Tipe tujuh memiliki sifat energik, penuh semangat dan optimis. Orang-orang dengan tipe ini dimotivasi oleh kebutuhan untuk merasa gembira dan merencanakan kegiatan menyenangkan, memberi kontribusi bagi dunia, dan menghindari kesedihan maupun penderitaan. Ciri-ciri yang melekat pada tipe petualang adalah spontan, aktif, gesit, serta merasa nyaman bersama dengan orang lain.

Hmm…sepertinya kalau keluar bareng mereka, setiap perjalanan pasti seru, ya!

8. Pejuang

Tipe ini harusnya dimiliki oleh setiap mahasiswa tingkat akhir, pejuang skripsi!

Tipe pejuang ini memiliki kepribadian yang berterus terang, mengandalkan diri sendiri, percaya diri serta protektif. Orang dengan tipe ini tidak suka bergantung pada orang lain, menyukai kebebasan dan tidak mau dianggap lemah. Hmm, dari ciri-cirinya sih, tipe ini cenderung melekat sama para lelaki ya.

Tetapi, si pejuang ini nggak suka banget kalo ada orang yang bermuka dua. Baginya, lebih baik ngomong langsung di depannya, daripada gosip nggak jelas setelah dia nggak bersama kalian. Mungkin karena pengaruh sifatnya yang suka berterus terang, nih!

9. Pendamai

Damai itu indah

Damai itu indah via https://www.google.co.id

Tipe sembilan dimotivasi oleh kebutuhan untuk menjaga kedamaian, menyatu dengan orang lain, serta cenderung menghindari konflik maupun debat. Hal-hal yang nyaris mustahil dilakukan oleh si pendamai, yaitu:


  1. Mengatakan "saya sedang tak ingin bicara" saat seorang teman yang benar-benar butuh dukungan, menelepon.

  2. Sengaja membuat keributan saat acara berlangsung.

  3. Menyerang satu lawan satu dengan tegas.

Jika kalian adalah orang yang mencintai ketenangan, sering menunda pekerjaan, senang memberikan dukungan pada orang lain, mungkin kalian adalah tipe pendamai ini. Bisa dibilang, tipe ini semacam 'ibu' bagi kedelapan tipe lainnya karena ia berusaha menyatukan semua orang.

Ok. Itu adalah bahasan sangat singkat mengenai tipe-tipe kepribadian berdasarkan Eneagram yang dikutip dari salah satu buku. Saya pribadi cenderung ke tipe sembilan atau pendamai, hehe. Oh iya, kalau kalian merasa "kok aku lebih cocok di tipe 2, tapi tipe 3 juga". Nggak perlu bingung, karena tidak ada yang saklek, bisa jadi tipe kalian tercampur dengan tipe lainnya. Inilah yang saya maksud dengan 'sayap' tadi. Namun, selalu ada kecenderungan lebih ke tipe berapa sih, diri kalian.

Kalau kalian, yang mana nih? Yuk, tulis di kolom komentar!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya