Sebagian besar remaja tentunya sudah mengalami pasang surut dalam sebuah hubungan; mengembara dalam cinta dan kekecewaan secara berdampingan. Hingga mungkin, hal yang selalu dihindari akhirnya datang. "Kita putus ya" terlalu sederhana, namun maknanya begitu dalam. Bahkan mungkin untuk mengumpulkan kepingan-kepingan perasaan yang hancur saja kita kewalahan. "Iya, kita patah hati"

Untuk kamu para wanita, yang hatinya bergemuruh karena dipatahkan, berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat dirimu kembali bangkit dan berjalan lagi.

 

1. Menangis

Kadang, dengan menangis kita bisa merasa lebih baik

Kadang, dengan menangis kita bisa merasa lebih baik via http://tumblr.com

Ladies, menangis adalah hal yang wajar. Kita menangis tidak berarti kita lemah. Terkadang kita memang harus menenggak pahit dan menangis sejadinya hingga air mata kita kering. Tidak ada yang salah dengan menangis karena tersedak pilu dan lara. Dengan menangis, kita sadar bahwa dia orang yang kita cintai sudah menyakiti kita sedemikian sakitnya.

2. Merenung

Berpikir dengan matang

Berpikir dengan matang via http://tumblr.com

Berdiamlah didalam kamar untuk beberapa waktu. Mungkin beberapa jam, beberapa hari, beberapa minggu. Duduklah, dan diam. Biarkan kepahitan-kepahitan itu mengalir dari hati menuju otakmu hingga kamu "waras" dan kembali berpikir sampai kapan kamu akan meratapi kesakitanmu terus-menerus. Bukankah dengan berakhirnya sebuah hubungan, akan ada awalan baru yang lebih baik?

Berdiamlah dan jauhkan dirimu sendiri dari segala hal yang membuatmu guncah. Menjauhlah dari keinginan untuk kembali ke waktu sebelumnya. Tidak ada yang perlu disesalkan.

3. Lihat dirimu di cermin

Jangan buat dirimu mengasihani dirimu sendiri

Jangan buat dirimu mengasihani dirimu sendiri via http://tumblr.com

Bangun, pergilah menuju cermin. Tatap wajahmu yang memerah karena air mata, sakit hati, dan segenggam kekecewaan yang sudah tidak berarti lagi. Tatap wajahmu, lalu tersenyumlah. Lihat, kamu begitu cantik ketika tersenyum. Teguhkan hatimu untuk bangkit karena senyum itu. Katakan pada dirimu sendiri bahwa kamu sudah siap. Lalu keluarlah dari kamarmu, beli sekotak es krim untuk dirimu sendiri dan rayakan kemenanganmu keluar dari ruangan penuh rasa hampa. Make yourself happy!

4. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang peduli

Love is the best cure

Love is the best cure via http://tumblr.com

Duduk dan makan malamlah dengan keluargamu. Menghabiskan malam dengan mereka sesekali tidaklah menguras waktu. Atau mungkin pergi dengan sahabat-sahabat terdekatmu untuk sekedar ngopi dan bercerita mengenai sakit hatimu. Menghubungi kawan lamamu juga adalah alternatif yang baik. Tentunya kamu sudah cukup lelah menghadapi rasa kecewa dan sakit yang baru saja dia berikan dengan dirimu sendiri. Sekarang, giliran kamu dikelilingi oleh energi positif dari orang-orang yang mengasihimu.

5. Get lost! gain yourself once again

Dengan traveling, kamu akan menemukan banyak kesempatan

Dengan traveling, kamu akan menemukan banyak kesempatan via http://traveltriangle.com

Saatnya kamu mencoba untuk memulai segala sesuatunya dari awal lagi. Untuk itu saranku, pergilah ke tempat atau kota yang kamu tidak kenal orang-orangnya. Jika kamu terbiasa sendirian, maka pergilah sendirian. Hal itu akan membantu kamu membangun rasa percaya dirimu yang sempat hilang dihempas ombak. Kamu akan menemukan banyak sumber kebahagiaan lainnya. Aku rasa tidak masalah mengeluarkan uang sedikit lebih banyak untuk mengumpulkan kepingan-kepingan hati yang sudah dihancurkan. Well, at least, itu yang aku lakukan dahulu untuk bisa benar-benar bangkit lagi.

Dengan pergi ke tempat baru, kamu akan mendapatkan ruang gerak lebih luas dibanding biasanya. Kamu bisa melakukan apapun yang kamu mau, buat dirimu bahagia. Tapi ingat, jangan lakukan hal-hal bodoh yang akan menyakitimu juga.

6. Bangkit

Bahagialah sekali lagi

Bahagialah sekali lagi via http://tumblr.com

Kali ini, saatnya kamu bangkit. Berdiri dan hadapi lagi hari-harimu yang sudah lama terbuang. Sekali lagi, mulai hidupmu dan jadilah lebih baik. Di sana ada orang yang sudah disiapkan untuk kembali menemanimu, bisa saja keesokan harinya dia muncul menjadi katalisator segala aktifitasmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya