Jenuh, gabut, dan mager. Tiga hal ini bisa datang menyerang kapan saja dan di mana saja, seperti layaknya penyakit. (Jadi, tiga hal itu hampir sama dengan penyakit? Oh, tidak!)

Bila sedang diserang, rasanya rugi loh! Waktu kita terbuang sia-sia. Padahal, time is money. Waktu itu sesuatu yang berharga banget dan enggak boleh dibuang gitu aja. Waktu enggak bisa dibalikin.

Lalu, gimana dong biar meskipun sedang diserang tiga hal tersebut tapi kita tetap bisa memanfaatkan waktu dengan baik?

 

1. Jelajahi media sosial!

Media sosial...

Media sosial... via https://www.maxmanroe.com

Ini menjadi pilihan pertama karena hampir semua orang (mungkin memang semua orang) punya akun media sosial. Sebenarnya sih, kalau terlalu sering buka medsos juga enggak bagus. Serba salah, dong?

Nah, tipsnya adalah bersihkan beranda medsos dari update-an yang gak berguna! Isi beranda dengan informasi penting saja. Dengan demikian, meskipun rasanya udah males banget, kita masih bisa memperluas informasi. Waktu jadi enggak terbuang sia-sia, bukan?

2. Baca berita atau informasi di situs sejenis Hipwee juga oke, loh...

Hipwee sebagai sumber informasi.

Hipwee sebagai sumber informasi. via https://www.hipwee.com

Ada banyak situs berita dan informasi pada era sekarang. Hipwee dan Nyunyu bisa menjadi pilihan. Termasuk juga situs berita Republika, MetroTV, Kompas, Liputan6, dan lain-lain. Banyak deh!

Kalau orang dulu kesulitan mencari informasi, sekarang mah kebanjiran informasi. Nah, manfaatkan informasi untuk memperluas pengetahuan umum. Sehingga pemikiran kita juga luas. Orang di sekitar kita juga akan merasa nyaman dan nyambung kalau ngobrol sama kita. Benefit-nya luar biasa, kan?

3. Bila dua alternatif di atas tidak mempan, main game bisa jadi alternatif lainnya.

Main game memang jadi alternatif, tapi tetap aja enggak boleh kelamaan :D

Main game memang jadi alternatif, tapi tetap aja enggak boleh kelamaan :D via http://www.nyunyu.com

Ya! Main game memang ada keseruan tersendiri. Bisa dijadikan alternatif karena biasanya game memang dimainkan untuk membunuh rasa bosan. Selain bisa menambah skill, juga memutar-mutar otak. Game yang dimainkan disesuaikan saja dengan tipe kamu. Game online RPG, strategi, atau game offline yang ringan, main kartu, dan banyak lagi.

Mulai dari smartphone, tab, PS, laptop, hingga PC, kini kita bisa main game di gadget mana saja. Tinggal download game-nya, buka aplikasinya, trus main deh.

Tapi... Main game juga harus dibatasi waktunya. Gak mau kan, karena lagi diserang jenuh+mager+gabut, trus main game terlalu lama, eh taunya kena darah beku karena enggak bergerak, duduk doang? Ih, jangan sampe, deh!

4. Dengar musik, nonton video atau film, sampai menggambar bebas, cocok buatmu yang punya jiwa seni.

Video lucu di atas bisa ditonton di Youtube~

Video lucu di atas bisa ditonton di Youtube~ via http://www.youtube.com

Mendengarkan musik punya efek tertentu. Apalagi kalau musik yang didengar adalah musik instrumen semacam musik karya Mozart. Wah... Selain memberikan efek menenangkan, juga mempengaruhi syaraf di otak kita. Biar lebih anti-mainstream, cari aja lirik lagu tertentu, lalu nyanyikan! Kalau sukanya dengerin lagu Western, bisa nambah kosakata bahasa Inggris, tuh. Tapi, gimana kalau musik tidak mempan?

Tonton video! Kalau seleranya suka nonton video lucu, banyak tuh di Youtube! Ada karyanya Chandra Liow, Kevin Anggara, Edho Zell, Skinny Indonesian24, dan Youtuber lainnya. Indovidgram juga bisa jadi pilihan. Tapi, kalau gak suka yang begituan, ya tonton aja film yang ada di sekitarmu. Misalnya kebetulan ada CD-nya Power Rangers, ya udah tonton itu aja. (Gak salah zaman nih, nonton Power Rangers? Err... Ya udah lah ya :D ...). Atau mungkin kamu menyimpan rasa penasaran terhadap film tertentu yang cukup terkenal tapi kamu belum pernah tonton. Tinggal di-search di Google atau Youtube, tonton deh...

Buat yang punya jiwa seni, menggambar bebas juga boleh. Siapa tahu, karyamu yang tercipta saat sedang gabut itu malah bisa jadi masterpieceWho knows... :)

5. Tidur aja!

Tidurnya nyenyak banget....

Tidurnya nyenyak banget.... via https://briodharmawan.files.wordpress.com

Istirahat juga baik untuk tubuh, kan. Gak ada salahnya dong, memilih tidur aja. Daripada bengong, mikirin yang aneh-aneh... Fiuh~

6. Kalau dari 1-4 kegiatannya pake gadget, kali ini pake buku. Baca buku!

Buku adalah jendela dunia.

Buku adalah jendela dunia. via http://pojokpulsa.co.id

Buku fiksi atau non fiksi, cerita, novel, biografi, apapun deh yang bisa dibaca. Kan menambah pengetahuan juga.

A: "Zaman udah teknologi. Masih baca buku pake kertas?"

B: (dengan tenang, tersenyum) "Jangan biarkan teknologi menguasai dunia."

A: ...

Sa ae sih... :D

7. Nulis (baca: ketik) artikel, ah...

Keep calm and blog on~~~

Keep calm and blog on~~~ via http://www.skyfallblue.com

Buat para blogger, ini cocok banget. Apalagi kalau lagi punya topik pembahasan. Ngalirrr selancar-lancarnya tuh ide.

Artikel ini juga merupakan salah satu hasil dari alternatif ini. Hihihi!

8. Semoga alternatif terakhir ini bisa membantu: Dialog.

Ngobrol, bincang-bincang, tukar pikiran.

Ngobrol, bincang-bincang, tukar pikiran. via http://socialplatform.org

Di tengah pesatnya penggunaan teknologi gadget mengurangi intensitas setiap orang untuk bertatap muka. Padahal, melakukan komunikasi secara face-to-face lebih menyenangkan. Kita bisa langsung mengutarakan pendapat dan pemikiran. Lalu, juga secara langsung bisa mendengarkan pendapat orang lain. Sehingga terjadilah pertukaran pelajar pikiran.

Tapi, emang sih, udah mager pasti males mau ketemuan. Ya, ajak aja temenmu yang enggak mager itu yang datang. Lagipula, kalau diri sendiri membiarkan rasa jenuh, mager, dan gabut menghinggap terlalu lama, juga gak bagus. Makanya, kita perlu tahu akan batas.

9. Terakhir, tanamlah dalam pikiran bahwa jenuh, gabut, dan mager tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

"Aku siap! Aku siap! Aku siap!" via http://kaskus.co.id

Mindset mempunyai pengaruh yang luar biasa. Maka, tanamlah dalam pikiran masing-masing bahwa hidup itu terus berjalan dan enggak boleh berhenti karena jenuh, gabut, atau mager tadi. Waktu itu berharga, jadi jangan disia-siakan. Ingat kembali pada target yang ingin kita capai. Jika tidak memiliki target, maka buatlah sekarang!

Ketika sedang goyah, acapkali seseorang kehilangan semangat. Maka, target menjadi pendorong semangatnya. Camkan dalam pikiran dan hati...

 

Semoga bisa membantu ya! Sekarang, karena udah baca, lakukan sesuatu gih! Ingat, no pain no gain. :P

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya