5 Hal Ini Perlu Konsisten Dilakukan di Umur 20an. Agar Hidupmu Bisa Lebih Baik dari Sekarang

konsisten umur 20an

Memasuki usia kepala dua merupakan sebuah transisi menuju dewasa yang tanpa sadar mengubah banyak hal di hidupmu, termasuk pola berpikir dan pola hidup. Namun ingat, semua hal baik yang kamu lakukan sekarang, pasti akan berbuah baik pula di masa depan. Jadi jangan menyesal untuk mempertahankan hal-hal baik tersebut, ya! Berikut 5 hal baik yang sebaiknya terus kamu pertahanan supaya kamu bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik!

Advertisement

1. Disiplin dalam memilah prioritas

Photo by Andrea Piacquado on Pexel

Photo by Andrea Piacquado on Pexel via https://images.pexels.com

Setiap harinya, tentu kamu tahu apa saja yang harus dilakukan, apa saja yang harus diselesaikan, dan apa saja yang bisa ditunda terlebih dahulu. Dengan berbagai aktivitas yang ada, tentu kamu sering bingung bagaimana cara menyelesaikan itu semua.

Sederhananya begini, buatlah daftar pekerjaan yang harus kamu kerjakan lalu perhatikan mana yang paling penting untuk kamu selesaikan terlebih dahulu. Perhatikan nilai dari setiap pekerjaan yang ada. Sebisa mungkin hindari hal-hal kurang bermanfaat jika pekerjaanmu sedang padat. Kamu bisa melakukannya jika pekerjaan penting telah selesai.

Advertisement

Dengan membiasakan diri memilah prioritas, hari-hari yang kamu lewati pasti akan lebih bermanfaat. Kebiasaan ini tentu akan sangat membantumu di masa depan. Kamu akan menjadi orang tua yang memiliki pekerjaan dan mengurus anak nantinya. Jangan sampai salah memilih prioritas, ya.

2. Percaya pada kemampuan diri dan berusaha memperbaiki kekurangan yang dimiliki

Photo by Sora Shimazaki on Pexel

Photo by Sora Shimazaki on Pexel via https://images.pexels.com

Apa kamu pernah merasa khawatir dengan apa yang sedang dikerjakan, atau bahkan meragukan kemampuan diri sendiri karena sering kali membandingkan dirimu dengan orang lain? Hal semacam itu, tidak akan mengubah apapun jika kamu terus membandingkan tanpa melakukan perubahan untuk kekurangan tersebut. Seperti yang di lansir dari Huffingtonpost.com, seiring waktu keraguan diri sendiri dapat menyebabkan masalah kecemasan dan depresi, yang pada gilirannya dapat menyebabkan penyakit fisik yang serius. Tentu kamu tidak ingin hal itu terjadi kan?

Segera hilangkan pemikiran itu karena setiap orang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Kamu memang tidak bisa memilih dilahirkan di kondisi seperti apa, tapi kamu bisa memilih masa depanmu ingin seperti apa. Daripada bersedih melihat kemampuanmu yang tidak meningkat, lebih baik fokus memperbaiki kekurangan yang dimiliki. Hanya karena kamu tidak dapat mencapai sesuatu sebelumnya, bukan berarti kamu tidak dapat melakukannya lagi. Setiap hari adalah awal yang baru dan kesempatan baru untuk mencapai apa yang kamu inginkan.

Advertisement

3. Konsisten menghindari hal-hal yang merugikan diri sendiri

Nakal sama mencari jati diri itu beda, ya! Jangan salah tangkep

Nakal sama mencari jati diri itu beda, ya! Jangan salah tangkep via https://images.pexels.com

Menikmati masa muda, bukan berarti harus merusaknya. Mengerjakan berbagai kegiatan positif yang dilakukan saat waktu luang, bisa mengalihkan pikiran serta perilaku negatif yang sebenarnya hanya rasa penasaran belaka. Jika sudah bisa mengontrol emosi tersebut, pastikan kamu konsisten melakukannya agar tidak terjerumus di kesempatan yang lain.

4. Tidak mudah puas dan terus menggalih potensi diri

Photo by Artem Podrez on Pexel

Photo by Artem Podrez on Pexel via https://images.pexels.com

Keberhasilan adalah hasil akhir yang diinginkan semua orang. Mengapresiasikan diri boleh, namun jangan sampai kamu berhenti belajar karena sudah berhasil mendapat apa yang kamu inginkan dan membuat mu berbesar kepala dan merasa puas. Hidup masih panjang, kamu tidak bisa berhenti belajar karena terlena dengan rasa puas itu. Galihlah lebih banyak potensi diri yang bisa saja masih tersembunyi di dalam dirimu.

Banyak belajar tidak akan membuatmu rugi. Karena keberhasilan seharusnya dijadikan pacuan untuk melakukan lebih baik lagi, bukannya justru membuatmu berhenti belajar.

5. Mengambil keputusan dengan bijaksana

Biar gak nyesel belakangan, mending kamu pertimbangkan dulu ya sebelum memutuskan

Biar gak nyesel belakangan, mending kamu pertimbangkan dulu ya sebelum memutuskan via https://images.pexels.com

Setiap harinya, tentu kamu akan di sajikan dengan banyak keputusan yang harus di ambil. Menyesali keputusan yang telah kamu ambil tentu hanya membuang-buang waktu, apalagi bila menyesalinya seumur hidup.

Agar tidak menyesal belakangan, kamu tentu harus berhati-hati dan memikirkannya dengan bijaksana. Hindari yang namanya “emosi” saat membuat keputusan. Ingatlah jika keputusan yang kamu ambil saat ini, bisa jadi menjadi pengaruh besar untuk kamu kedepannya. Pikirkan rencana alternatif dan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi ketika kamu sudah memutuskan. Dengan sikap bijaksana, kesalahan yang terjadi tentu bisa diminimalisasi.

Itu adalah kebiasaan baik yang sebaiknya konsisten kamu lakukan ketika memasuki usia 20-an. Memang tidak ada gunanya khawatir akan hari esok, namun akan lebih bagus jika kita merencanakannya dengan bijaksana.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Undergraduate Communication Student

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE