Mengunjungi kota kecil dengan suasana pedesaan yang sejuk dan asri di Utara Wales, United Kingdom.

Benua eropa merupakan mimpi bagi sebagian orang untuk bisa berkunjung kesana, tentunya dengan tujuan wisata. Inggris raya adalah salah satunya. Di sana banyak tempat yang bisa di kunjungi. Sebagian orang akan terbesit kota London sebagai tujuannya, karena banyak sekali destinasi wisata di kota ini yang cukup terkenal. Selain kota London, banyak sekali tempat-tempat cantik yang bisa dikunjungi di Britania Raya ini.

Pada musim panas 2013, saya berkesempatan untuk mengunjungi salah satu negara bagian di United Kingdom, yaitu Wales. Di sana saya mengunjungi kota Llangollen, kota kecil di utara Wales dengan pemandangan khas pedesaan Inggris raya. Perjalanan menuju kota ini ditempuh selama kurang lebih 6 jam menggunakan jalur darat dari kota London.

Saat pertama kali saya tiba, kota ini dihiasi dengan rumah-rumah unik berdinding batu bata merah dengan pemandangan perbukitan yang hijau. Rumah ini juga dilengkapi halaman depan dengan bunga-bunga cantik yang beragam dan berwarna-warni yang bisa kalian nikmati di musim semi atau musim panas. Kota ini sangat cocok untuk kalian yang ingin sekedar menyegarkan pikiran dari segala runitinas pekerjaan ditemani suasana pedesaan yang asri, sejuk dan jauh dari hiruk-pikuk perkotaan.

Rasanya tidak lengkap jika tidak menikmati kota ini dengan berwisata. Jika kalian ada kesempatan untuk bisa berwisata ke kota ini, bisa dengan mengunjungi beberapa destinasti wisata yang pernah saya kunjungi juga selama di Llangollen. Daripada penasaran terus kepikiran, yuk kita simak apa saja destinasti wisata yang ada di Llangollen.

1. Kereta Uap Klasik di Llangollen Railway Station

Llangollen Railway Station

Llangollen Railway Station via http://mapio.net

Llangollen Railway Station yang merupakan salah satu stasiun kereta tua yang berdiri sejak abad ke-18 yang terletak di pusat kota Llangollen. Dari stasiun ini, kalian bisa melihat indahnya sudut pusat kota Llangollen ditemani dengan suara aliran sungai Dee. Stasiun ini juga dilengkapi dengan museum sejarah Llangollen Railway Station dan juga ada toko pernak-pernik yang tentunya bisa kalian beli untuk oleh-oleh. Hal unik dari stastiun ini, kalian bisa melihat dan masuk kedalam salah satu kereta uap klasik tua yang sangat dirawat dengan baik.

Untuk kalian yang ingin menikmati suasana pedesaan Llangollen dengan kereta uap klasik, foto pernikahan atau acara lainnya tentunya sangat bisa dilakukan. Kalian bisa lihat informasinya di http://llangollen-railway.co.uk/

2. Jembatan Tua yang Eksotik, The Dee Bridge

Dee Bridge

Dee Bridge via http://mapio.net

Advertisement

Dee Bridge merupakan jembatan yang dibangun sejak tahun 1345. Jembatan ini menghubungkan kedua sisi dari pusat kota Llangollen. Kalian juga bisa menikmati aliran air River Dee dari atas jembatan ini. Keindahan Llangollen Railway Station juga bisa kalian lihat dari jembatan ini. Dari segala sisi, kalian bisa menikmati indahnya bangunan-bangunan unik berlatarkan hijaunya perbukitan. Tempat ini juga cocok untuk spot foto yang keren.

3. Sejuk dan Beningnya Air di River Dee

River Dee

River Dee via http://mapio.net

Sungai cantik di Llangollen ini adalah salah satu tempat yang bisa kalian kunjungi. River Dee ini sangat bersih dengan air yang sejuk dan bening, ditambah dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan di tepi sungai. Di sungai ini juga, kalian bisa lihat kawanan Itik yang sedang berenang. Karena saat saya kesana bertepatan dengan musim panas, banyak juga warga disana yang berjemur di tepi sungai ini atau hanya sekedar duduk santai.

Saya dan beberapa teman sempat bersantai dan berenang di tepi sungai ini sampai akhirnya pakaian kami basah kuyup. Jadi, kalau kalian ingin bermain air di sungai ini , jangan lupa untuk membawa pakaian ganti. Oh iya, mitosnya adalah jika kita berenang di River Dee ini, dipercaya suatu saat kita bisa balik lagi kesana, semoga bisa terwujud.

4. Plas Newydd House and Garden

Plas Newydd House and Garden

Plas Newydd House and Garden via http://mapio.net

Advertisement

Plas Newydd House and Garden, tempat ini merupakan salah satu tempat penting di Lllangollen, sejarah dari tempat ini merupakan rumah dua wanita Irlandia yaitu Lady Eleanor Butler dan Miss Sarah Ponsonby pada abad ke-18, bangunan ini banyak di balut ukiran kayu dengan warna hitam dan putih di bagian luar serta taman yang dihiasi ukiran rumput dan pepohonan yang eksotik.

Untuk kalian yang ingin berkunjung ke tempat ini, bisa ditempuh dengan jalan kaki sejauh 1 Km dari pusat kota Llangollen. Selama di perjalanan, kalian akan ditemani rumah-rumah warga yang cantik.

5. Menikmati Sungai dan Lembah dengan Llangollen Canal

Llangollen Canal

Llangollen Canal via http://mapio.net

Salah satu destinasi wisata yang kalian bisa nikmati di Wales Utara adalah mengelilingi Llangollen dengan perahu di Llangollen Canal. Kalian bisa melihat indahnya suasana pedesaan yang berlatar lembah-lembah hijau disekitarnya. Saya cukup menyesal tidak mencoba destinasi ini karena keterbatasan waktu yang dimiliki, namun saya sempat untuk berjalan-jalan tepi canal ini. T

entunya, tur di Canal ini akan sangat berkesan, karena di beberapa tempat, perahu yang bisa kalian naiki akan berada diatas permukaan tanah, jadi kalian bisa melihat pemandangan yang eksotik dari ketinggian. Jika tertarik untuk tur dengan perahu ini, kalian bisa lihat informasi lengkapnya di sini .

6. Gereja Tua di Llangollen

St. Jhon’s Church

St. Jhon’s Church via http://mapio.net

Khusus untuk kalian yang beragama nasrani dan ingin berwisata rohani, bisa mengunjungi beberapa gereja tua yang ada disini, diantaranya adalah St. Jhon’s Church yang terletak di pusat kota Llangollen dengan batu-batu nisan dihalamannya. Gereja lainnya yang menurut saya paling menarik adalah Llangollen Methodist Church yang berhalaman tepi River Dee dengan bangunan bergaya khas gotik yang dihiasi dengan ukuran-ukuran serta terdapat menara beratap runcing. St. Collen’s Church Llangollen adalah gereja unik lainnya.

Gereja ini dilengkapi halaman dan taman yang luas dengan pepohonan dan rumput yang hijau. Ketiga gereja itu yang pernah saya kunjungi di Llangollen walau saya hanya sekedar bisa menikmati di halaman sekitarnya saja.

7. Restoran Pub Tradisional, The Corn Mill

Setelah lelah berjalan-jalan, kalian bisa duduk-duduk santai di salah satu restoran pub bergaya tradisional dengan ditemani makanan dan minuman. Di The Corn Mill tersedia beberapa jenis makanan dan minuman yang tentunya saya sebagai muslim harus cermat dalam membaca informasi namun ada beberapa makanan dan minuman yang bisa saya pesan.

Saya di sana mencoba salah satu minuman, yaitu Ginger Beer yang tidak beralkohol. Minuman ini difermentasi secara organik. Untuk harga saya tidak tahu pasti karena saat itu saya di traktir oleh salah satu kerabat saya di sana 😀. Kalau kalian penasaran dengan menu hidangan di restoran ini, bisa lihat di sini .

Hal menarik dari The Corn Mill adalah bangunannya yang berstruktur dinding kayu baik diluar maupun dalam dengan banyaknya pernak-pernik yang menghiasi dinding. Dibagian luar, kalian bisa duduk-duduk santai dengan pemandangan River Dee, Dee Bridge, Llangollen Railway Station serta sisi lain dari pusat kota Llangollen, sambil menikmati hidangan yang bisa kalian pesan.

8. Pernak-Pernik Khas Wales di Gifts From Wales

Gifts From Wales

Gifts From Wales via http://mapio.net

Jika kita berwisata ke suatu tempat, hal yang tidak boleh terlewatkan adalah membeli oleh-oleh. Di pusat kota Llangollen, ada sebuah toko yang menjual berbagai macam pernak-pernik yang bisa kalian beli. Salah satunya adalah di Gifts From Wales. Letaknya sangat berdekatan dengan Dee Birdge. Pernak-pernik yang dijual, diantaranya adalah gelas, gantungan kunci, hiasan kulkas, hiasan dinding, dan masih banyak lagi.

Untuk kalian yang suka mengoleksi postcard juga ada ditoko ini. Tempat berada dipinggir Castle St ini sangat terlihat dengan pernak-pernik yang dijajakan didepan toko. Jika kalian ingin menikmati pemandangan pusat kota ditemani dengan secangkir teh, bisa juga kalian nikmati di cottage samping toko ini. Untuk yang suka makanan manis, kalian juga bisa menikmati manis dan segarnya es krim dan permen dengan berbagai rasa yang komplit di ujung toko ini.

Tidak lupa saat itu saya juga membeli beberapa buah tangan untuk teman maupun keluarga dirumah, berupa mug, gantungan kunci, pakaian, hiasan untuk kulkas dan beberapa pernak-pernik dengan gambar dan ukiran khas Wales dan juga saya mencoba beberapa rasa es krim untuk menikmati suasana musim panas di sana. Untuk harga dari pernak-pernik yang saya beli rata-rata seharga £ 1 – £ 5 dan harga es krim £ 1 – £ 3. Kalian juga bisa lihat apa saja pernak-pernik khas yang di jual beserta harganya di http://giftsfromwales.com/

Begitulah pesona kota kecil di Utara Wales yang saya nikmati. Gimana? Seru bukan? Sebenarnya, sangat banyak tempat wisata lainnya yang tentunya sangat indah di Llangollen. Nah, tempat-tempat yang pernah saya kunjungi merupakan tempat wajib jika kalian mampir ke kota ini. Semoga kalian bisa berkunjung juga ke kota ini. Yuk, ke UK ! #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya