Halo semua !

Gimana nih puasanya? Masih pada kuat kan yaaa? Harus dong, jangan sampai loyo yah! Tiap bulan Ramadan pasti membawa ciri khas masing-masing bagi tiap-tiap orangnya. Untuk saya pribadi, bulan puasa adalah bulan keluarga. Di bulan ini, saya lebih banyak menghabiskan waktu saya dengan keluarga tak luput juga saat membuat makanan. Bicara soal makanan, saya punya beberapa resep yang mudah dibuatnya dengan bahan utama pisang.

Kenapa pisang? Karena pisang merupakan buah yang sangat mudah dicari dan harganya tergolong murah selain itu pisang juga mudah untuk dikreasikan. Mulai dari digoreng, dikukus, dibakar bahkan dimakan langsungpun rasanya tidak kalah nikmat. Nah, berikut adalah 5 pilihan menu yang dapat kamu jadikan menu andalan kamu untuk berbuka ataupun dijadikan hidangan ketika Lebaran.

1. Banana Nugget dengan Potongan Kurma

Lembutnya pisang nugget kurma dibalur dengan topping coklat

Lembutnya pisang nugget kurma dibalur dengan topping coklat via https://id.pinterest.com

Makanan yang lagi hits ini memang cocok untuk buka puasa karena banana nugget mudah dibuat dan kita dapat memberikan topping sesuai dengan kreasi kita. Apalagi ditambah dengan sentuhan khas Ramadan yaitu kurma. Pasti membuat mulut tidak berhenti makan. Yuk langsung cobain!

Advertisement

Bahan – bahan adonan :


  • 5 buah pisang raja

  • 5 buah kurma potong kecil

  • 100gr tepung

  • 35g susu bubuk

  • 2 sendok makan gula

  • 3 butir telur

  • Tepung panir atau tepung roti

Bahan Topping :

Advertisement


  • keju cheddar parut

  • coklat meses atau coklat parut

  • Milo

  • susu kental manis

  • Oreo yang sudah dihaluskan

  • bisa kreasikan dengan selai kesukaan kamu

Cara pembuatan :


  1. Haluskan pisang. Penghalusan pisang dapat menggunakan blender atau garpu dan tingkat kehalusan dapat disesuaikan dengan selera masing – masing. Kalau saya, sukanya yang agak kasar, jadi pas dimakan masih ada tekstur pisangnya.

  2. Masukan tepung, susu, gula, kurma dan 2 butir telur ke dalam adonan pisang yang telah dihaluskan. Aduk sampai semua bahan – bahan tercampur rata.

  3. Masukan adonan ke dalam loyang yang telah dialasi oleh kertas roti. Jika tidak ada kertas roti, loyang dapat di taburi dengan tepung. Ini berfungsi agar adonan tidak lengket ketika diangkat.

  4. Masukan kedalam panci kukus yang sudah panas. Diamkan selama 25 – 30 menit.

  5. Setelah matang, keluarkan dari panci kukus dan dinginkan.

  6. Ketika sudah cukup dingin, potong berbentuk persegi.

  7. Masukan potongan nugget kedalam telur dan dilanjutkan ke tepung panir. Jika ingin lebih crispy, celupkan kembali kedalam telur dan tepung panir.

  8. Goreng banana nugget sampai berwarna kuning keemasan.

  9. Selagi panas, taburi topping sesuai dengan selera kalian.

  10. Enjoy the meal!

Gampang banget kan buatnya? Apa lagi dimakan ketika masih panas, enak banget pastinya! Resep ini bisa dikonsumsi oleh 4 – 5 orang dan banana nugget yang belum digoreng dapat bertahan selama 1 bulan didalam freezer. Jadi bisa dimakan saat Lebaran juga deh!

Resep ini diadopsi dari kokiku Tv.

2. Stik Pisang Keju

Ditambah susu kental manis jadi lebih nikmat

Ditambah susu kental manis jadi lebih nikmat via http://www.resepborneo.com

Sudah ada yang pernah mencoba stick keju atau biasa dikenal dengan chesse stick? yang sudah pernah coba pasti tau dong gimana nikmatnya keju dicampur susu kental manis dan kulit yang renyah, nikmat sekalii! Bagi yang belum pernah coba, kalian harus coba! Dengan sedikit modifikasi yaitu ditambah pisang, pasti membuat rasanya semakin enak.

Bahan – bahan yang dibutuhkan :


  • 2 buah pisang raja yang sudah matang

  • 10 lembar kulit lumpia

  • keju parut secukupnya

  • susu kental manis

Cara pembuatan :


  1. Potong pisang panjang – panjang dan tipis (seperti bentuk stik).

  2. Letakan pisang yang sudah di potong diatas kulit lumpia dan tambahkan dengan keju dan susu.

  3. Gulung kulit lumpia.

  4. Goreng diminyak panas hingga berwarna kuning keemasan

  5. Sajikan stik pisang dengan taburan susu kental manis

  6. Enjoy the meal!

Nah itu adalah cara membuat stik pisang keju! Sangat mudah dan tak membutuhkan waktu banyak lho untuk membuatnya. Resep ini bisa dikonsumsi untuk 1 – 2 orang.

Resep ini diadopsi dari resepborneo.com

3. Banana Oatmeal Cookie

Banana Oatmeal Cookie cocok untuk kue lebaran

Banana Oatmeal Cookie cocok untuk kue lebaran via https://healthyhomestead.com

Hari Lebaran biasanya khas dengan kue – kue kering seperti nastar, kastengel dan putri salju. Untuk menambah varian dari kue – kue khas Lebaran, banana oatmeal cookie bisa menjadi pilihannya! Cookie ini tidak kalah enaknya loh dari kue – kue khas Lebaran lainnya. Rasa khas dari oatmeal dipadukan dengan pisang dan taburan chocochips pastinya dapat menggugah selera. Yuk langsung aja cobain!

Bahan – bahan yang dibutuhkan :


  • 2 Pisang raja

  • 100g Oatmeal

  • 1 sendok makan madu

  • Chocochips secukupnya

Cara pembuatan :


  1. Haluskan 2 buah pisang, tingkat kehalusan dapat disesuaikan dengan selera.

  2. Masukan oatmeal dan madu kedalam pisang yang telah dihancurkan.

  3. Aduk hingga semua bahan tercampur

  4. Diamkan adonan selama 10 menit

  5. Cetak diatas loyang yang telah dialasi oleh kertas roti. Jika tidak ada kertas roti, olesi loyang dengan mentega.

  6. Taburi chocochips diatas adonan.

  7. Masukan kedalam oven yang sudah panas dengan suhu 180° selama 20 – 30 menit

  8. Keluarkan dari oven dan dinginkan

  9. Enjoy the meal!

Jika kamu pecinta dengan coklat, kamu bisa menambahkan chocochips-nya kedalam adonannya juga. Kebayang kan gimana nikmatnya banana oatmeal cookie, yuk segera dipraktikan!

Resep diadopsi dari saluran clean & delicious

4. Banana Pudding dengan Stroberi

Banana pudding dengan tambahan stroberi

Banana pudding dengan tambahan stroberi via https://www.hellosehat.com

Nah ini dia yang patut kalian coba, Banana Pudding! Lembutnya pisang disatukan dengan biskuit regal dan segarnya buah strawberry pasti akan memanjakan lidah para penikmatnya. Hidangan ini juga cocok sekali untuk dijadikan menu buka puasa maupun hidangan lebaran untuk para tamu yang datang. Langsung simak yuk cara pembuatannya!

Bahan – bahan yang dibutuhkan :


  • 5 buah pisang raja

  • 500g buah stroberi

  • 2 bungkus biskuit regal

  • 3 kuning telur

  • 70g gula

  • 3 sendok makan maizena

  • 1 sendok teh ekstrak vanila

  • 480ml susu cair

Cara penggerjaan :


  1. Hancurkan pisang, kuning telur, gula, maizena, ekstrak vanilla dan susu dalam blender.

  2. Setelah halus, panaskan dengan api kecil, aduk hingga mengental.

  3. Setelah mengental, dinginkan adonan.

  4. Selagi menungu adonan dingin, potong stroberi menjadi potongan kecil.

  5. Setelah adonan puding dingin, masukan kedalam wadah secara bertahap dimulai dari adonan puding, biskuit regal, stroberi dan diulang kembali proses tersebut hingga wadah terisi penuh.

  6. Jangan lupa untuk menghias puding pada bagian atas dengan menggunakan stroberi.

  7. Enjoy the meal!

Yuk langsung dicoba lembutnya banana pudding dengan stroberi!

Resep ini diadopsi dari tasty

5. Banana Beignet

Banana Beignet dengan Taburan Gula Galus

Banana Beignet dengan Taburan Gula Galus via https://id.pinterest.com

Ada yang sudah pernah nyobain banana beignet? Atau masih bingung apa itu beignet? Beignet adalah sejenis roti goreng yang berasal dari Prancis. Selain pembuatannya yang mudah, banana beignet ini cocok banget diminum bersama teh hangat untuk buka puasa. Aduh jadi nggak sabar pengen cepet buka puasa deh!

Bahan – bahan yang dibutuhkan :


  • 2 buah pisang raja

  • Susu cair

  • 1 butir telur yang telah dikocok

  • Gula pasir halus

  • Tepung terigu

  • 1/2 sendok teh kayu manis bubuk

  • Gula halus

Cara penggerjaan :


  1. Haluskan pisang, tingkat kehalusan dapat disesuaikan dengan selera.

  2. Masukan susu kedalam pisang yang telah dihancurkan, aduk hingga tercapur rata

  3. Masukan telur kemudian aduk hingga rata

  4. Pada wadah yang terpisah campurkan gula, kayu manis bubuk dan tepung terigu. Aduk hingga rata. Ketika memasukan terigu sebaiknya disaring terlebih dahulu agar tidak ada terigu yang masih menggumpal

  5. Masukan adonan pisang kedalam wadah yang berisi tepung terigu.

  6. Aduk perlahan hingga rata.

  7. Goreng pada minyak panas hingga berwarna kuning keemasan.

  8. Sajikan dengan taburan gula putih halus

  9. Enjoy the meal!

Sangat mudah sekali pembuatannya! Jika kamu mempunyai selai favorit, bisa juga loh ditambah sebagai topping. Let's try!

Resep ini diadopsi dari kokikuTv

Nah itu adalah kreasi menu untuk buka puasa maupun untuk lebaran, mudah sekali yaa! Jangan lupa dipraktikan yaa! Kira-kira menu yang buat kamu penasaran yang mana? Tulis di kolom komentar yaa!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya