Fenomena pemuda yang giat mencari tempat-tempat baru untuk dikunjungi hanya untuk sekedar menikmati suasana yang ada atau merasa sebuah pencapaian apabila mencicipi makanan yang sudah terkenal atau sedang terkenal disuatu tempat lalu diupdate tidak lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi dan mencicipi tempat makanan enak yang reccomended dikota cirebon. penomoran nama tempat saya pilih sesuai rekomendasi tertinggi yang bikin saya selalu ingat dan pingin kembali lagi ke cirebon.

 

1. empal gentong amarta

Empal gentong amarta

Empal gentong amarta via https://www.hipwee.com

empal gentong adalah salah satu makanan khas dari cirebon, memang banyak sekali tempat makan, tukang dipinggir jalan yang menjual empal gentong namun dari 5 tempat yang menjual empal gentong yang sudah saya cicipi menurut saya empal gentong amarta paling recomended untuk dicicipi meskipun dari kelima tempat berbeda tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. kenapa? karena empal gentong amarta lebih terasa sekali rempah-rempah dikuahnya menurut saya rasanya lebih authentic dilidah. Untuk sate kambingnya saya rasa disini kurang dan terlalu kecil porsinya (emang rata-rata porsi sate kambingnya kecil sih).

2. mie koclok panjunan

mie koclok panjunan

mie koclok panjunan via https://www.hipwee.com

pertama kali mencari lokasi mie koclok panjunan awalnya ragu apa salah jalan atau tidak karena lokasi yang masuk kearea perumahan. dan begitu sampai rada kecewa juga karena tempat terlihat seperti warung bubur yang ada dijakarta. tapi itu semua sirna ketika mencoba mie koclok panjunan ini, rasanya bener-bener asing di mulut kaya belum pernah ada makanan serupa yang pernah saya rasain. suer, enak banget. kuah putih kentalnya itu juara! walaupun menurut saya ayam suwirnya kurang tapi bisa nambah sama penjualnya. selama saya dicirebon hanya mencicipi dua tempat makan mie koclok  setelah yang panjunan ini saya pergi dihari lain ketempat mie koclok yang dijual dipinggir jalan dideket rel kereta jalan kartini, menurut saya masih kalah jauh sama yang panjunan ini.

3. nasi jamblang pelabuhan dan bu nur

nasi jamblang pelabuhan dan bu nur

nasi jamblang pelabuhan dan bu nur via https://www.hipwee.com

ini dia sarapan pagi saya selama ada dicirebon, dihari pertama makan disini kaget karena tempatnya nyelip dideket pintu masuk pelabuhan gang kecil muat satu orang tambah kaget  lagi pas makan dengan lauk segitu banyak ga sampe 10.000 (kalo ga salah telur dadar, tempe orek porsi banyak, sama kuah rendang, dan minumnya teh tawar). rasanya pun enak ditambah saat makan ditemani sama pengamen yang membawakan tembang khas sunda yang sangat menarik. apalagi pagi hari cuaca cirebon masih adem, makin bergairah makanya sampe kenyang.

sebenernya ada lagi nasi jamblang Bu Nur yang ga kalah enak, walaupun harga lebih mahal sedikit dari nasi jamblang pelabuhan, tapi selama saya makan disana ga pernah lebih dari 25.000 bahkan selalu dibawah 20.000 cuma kalo pas makan siang memang harus ngantri untuk ngambil makananya, sampe cari parkir dan tempat duduk pun susah tapi worth it ko sama rasanya.

4. warung mie get

warung mie get

warung mie get via https://www.hipwee.com

sebenernya cukup susah cari tempat makan dicirebon seperti wiwied, bloks dijakarta. namun warung mie get ini bisa menjadi salah satu pilihanya. ada dua tempat mie yang saya datangi pertama disebrang bank mandiri deket pelabuhan (saya lupa nama jalan dan tempatnya) namun menurut saya rasanya kurang nampol. dan yang ini deket smpn 5 dipinggir jalan, saya adalah orang yang kalo sangat tidak terpaksa tidak mau makan mie instan, cum pas sampe sini liat temen-temen makan rasanya bikin perut keroncongan untuk nyobain juga, sampe akhirnya mesen satu porsi yang super pedes dan rasanya enak banget! beda banget sama mie-mie yang kita bikin dirumah atau dijual dipinggiran jalan yang ada dijakarta, kuahnya kental dan bumbunya terasa enak sekali. dan yang dateng kesini pun rata-rata anak muda cirebon.

5. tempat makan kelapa manis

tempat makan kelapa manis

tempat makan kelapa manis via https://www.hipwee.com

untuk kalian yang suka dengan pemandangan dan suasana saat mengunjungi tempat makan, mungkin rumah makan Kelapa Manis ini bisa jadi pilihan. lokasinya berada dijalur mau naik kearah kuningan. disarankan untuk dateng kesini dari sore karena bisa liat kota cirebon dari ketinggian hingga sunset juga untuk mendapat tempat yang terbaik. pada malem harinya pun kita bisa melihat bukit bintang dari meja makan kita (disarankan ambil meja outdor), namun untuk makanan sendiri saya rasa biasa aja seperti tempat makan yang ada dijakarta juga daerah lainya. sebenernya masih banyak makanan yang saya belum coba selama disini seperti nasi lengko, pecel kartini, dll semoga dilain hari kalo ada waktu saya akan coba  makanan yang belum saya coba dan saya bahas lagi disini.

6. unrecomended

unrecomended place

unrecomended place via https://www.hipwee.com

 

Terakhir tidak lengkap rasanya membahas tempat makan yang wajib dikunjungi tanpa membahas tempat makan yang unrecomended (menurut pengalaman), disini saya tidak mau menyebutkan nama secara terang-terangan namun ada satu tempat yang saya kunjungi sebuah tempat makan dengan outdor area berinisial M (sepertinnya satu satunya yang ada dicirebon)  sebagai dapurnya dan tempat duduk outdor serasa makan sambil piknik, untuk tema suasana sih seru tempat parkir juga luas dan pengunjung pun ramai. namun ketika memesan makanan, entah lagi apes atau gimana mesen nasi goreng waktu tunggunya hingga ((45 menit)) ya bener tanpa di lebih-lebihkan bahkan mungkin lebih karena saya dan temen-temen saya menghitungnya di stopwatch handphone saya, berkali-kali pelayan dipanggil untuk menanyakan makanan yang saya pesan namun jawabanya selalu sedang dimasak dan mohon ditunggu sampe saya bilang untuk cancel pesanan namun pelayan bilang tidak bisa karena proses pembayaran sudah dilakukan diawal saya minta uang saya balik pun pelayan bilang makanan sedang dibuat. karena kesal saya pun memanggil bapa-bapa yang mengawasi para pelayan, saya rasa beliau supervisor tempat makan tersebut saya protes kebeliau hasilnya sama cuma bilang mohon ditunggu dan nyuruh pelayanya untuk masak namun saya liat pesanan saya tidak dimasak-masak malah masak pesanan pelanggan lain yang datengnya lebih baru dari saya (kita bisa lihat kedapurnya) padahal makanan teman saya yang lain sudah jadi itu juga membutuhkan waktu 15-30 menit pesanan pun hanya roti bakar. dan ga cuma saya yang seperti itu ada pengunjung lain protes dengan protes yang sama. lalu bagaimana rasa makananya? nasi goreng spesial super pedas yang saya pesan rasanya dingin dan flat! tidak ada rasa pedas sedikitpun, cabainya juga cuma cabai ijo dipotong2 ditaro disamping nasi bukan digoreng bersamaan. telurnya pun ga ada rasanya. sangat ga reccomended! sampe akhirnya saat saya mau pulang bersama teman teman saya ada pengunjung yang duduk disebelah meja saya cerita kalau disini memang sudah sering protes seperti itu, namun karena tempatnya yang seru dan baru makanya selalu ramai, dan dia memberi tips kalo ketempat itu hanya untuk beli minuman sama roti bakar aja dan cuma untuk tempat nongkrong ga pas kalo untuk tempat makan (apalagi dalam kondisi lapar). sekali lagi ini hanya pengalaman saya selama wisata kuliner dicirebon tanpa ada maksud meninggikan juga merendahkan tempat makan yang saya sebutkan. semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin atau sedang berada dicirebon.

 

 

 

*berikut foto-foto yang saya ambil berasal dari google.