Sebagai manusia, kita semua ditakdirkan untuk menjadi makhluk sosial yang diharuskan untuk berinteraksi dengan sesama dalam kehidupan sehari - hari. Kita tidak bisa menjadi seorang yang apatis atau tidak peduli dengan sesama manusia di sekitar kita. Semandiri apapun kita membawa diri sendiri, pasti kita akan mendapati bahwa kita akan memerlukan bantuan orang lain. 

Karena hidup di dunia tidaklah segampang yang kita pikirkan, bahwa kita bisa menghirup udara sendiri serta bisa jalan kaki sendiri pun itu bukanlah sebuah jaminan bahwa kita akan hidup tentram. Sebagai manusia yang bermoral, kita pasti akan menolong orang lain jika mereka memang memerlukan bantuan kita. Orang yang kita tolong pun pasti akan senang akan kebaikan hati kita.

Jangankan untuk memulai menolong, menawarkan pertolongan dalam bentuk ucapan saja di jamman sekarag ini sepertinya sudah sangat jarang orang yang melakukannya dengan sukarela. Apalagi kalau tidak karena semata - mata mengharap imbalan atau image baik di mata orang lain yang melihat kebaikan yang ia lakukan.

Memang setiap orang mempunyai sifat dan kepribadian masing - masing dalam bersikap kepada orang lain. Namun lingkungan secara tidak langsung juga sangat berpengaruh pada sikap yang dimiliki seseorang. Ditambah lagi dengan lingkungan pergaulan yang kurang sehat.

Jika sudah seperti ini, kamu sendiri juga wajib menjaga pembawaan diri kamu dan jangan sampai mudah terpengaruh orang lain yang tidak kamu kenal atau tidak terlalu dekat denganmu. Tetaplah menjadi dirimu sendiri dengan kepribadian yang lebih bermoral. Karena orang yang bermoral tinggi dinilai lebih mempunyai tingkat kecerdasan yang lebih tingi daripada yang tidak. 

Berikut ini beberapa tips bagaimana agar kamu lebih mudah untuk dihargai setiap orang 

1. Hargai Dirimu Sendiri

look at me! via https://www.google.com

Jika kalian ingin dihargai orang lain, maka langkah pertama adalah menghargai dirimu sendiri. Bahagiakan dirimu lebih dahulu dengan meningkatkan kualitas dan minimal penampilan diri kamu. Karena tidak bisa dipungkiri, kebanyakan orang akan menilai kamu pertama kali dari penampilannya. Dalam konteks ini, kalian tidak harus berpenampilan yang wah hanya untuk bisa dihargai orang lain.

Namun, cobalah untuk berpenampilan serapi mungkin dan minimal kamu menjaga keharuman tubuh kalian. Faktor kedua ketika kalian berinteraksi dengan orang lain, orang lain akan nyaman berada di dekat mu jika kamu memperhatikan dan menjaga soal bau badan. Lalu tingkatkan kualitasmu dalam bersikap yang tau sopan santun dan kemampuan pribadi yang tidak mereka miliki. Itu akan memberikan nilai lebih terhadapmu untuk bisa lebih dihargai orang lain

2. Menjaga Setiap Perkataan dan Bahasa yang Kamu Gunakan

Advertisement

Berhati – hati dalam berbicara merupakan sebuah poin penting yang harus kamu jaga dan perhatikan. Tidak semua orang mempunyai pemikiran dan pendapat yang sama dengan yang kita utarakan. Peribahasa mulutmu harimaumu seakan menjadi sebuah peringatan keras bagi kamu untuk lebih berhati – hati dalam berucap jika tidak ingin mendapatkan celaka.

Berbahasalah yang sopan dan santun kepada setiap orang. Pergunakan bahasa yang tidak mengandung unsur negatif ketika berbicara dan berbicaralah seperlunya saja sesuai kepentingan yang kamu ingin sampaikan kepada orang lain. Tinggi randahnya nada juga penting untuk kamu pertimbangkan. Jangan berbicara terlalu bertele – tele dan mengada – ada sesuatu. Karena itu bisa menjadi penilaian seseorang terhadap dirimu bahwa kamu bukan lah orang yang baik untuk diajak berkomunikasi.

3. Menjaga Jarak dan Sadar Posisi

stop there! via https://www.google.com

Ketika berbicara dengan orang lain, kita harus mengetahui siapa dan dimana kita sedang berbicara dengan orang tersebut. Jika kalian berbicara dengan orang yang lebih tua atau memiliki status sosial yang lebih tinggi daripada kalian, jangan sampai berbicara dengan seenaknya dan tidak tahu sopan santun. Orang akan menilai bahwa kita tidak pernah diajarkan tata krama oleh orang tua maupun pendidikan di sekolah.

Dan pertimbangan kedua adalah tahu dimana posisi kita sedang berbicara dengan orang tersebut. Jika kita sedang berbicara dengan orang di tempat umum, tentunya kita harus menjaga perkataan dan pembicaraan kita agar tidak banyak orang lain yang mendengar pembicaraan apalaigi mempunyai tujuan untuk menghasut. Itu akan menjadi senjata makan tuan dan mungkin kita akan kehilangan suatu penghargaan dari lawan bicara kita.

4. Apa Adanya

be your self! via https://www.google.com

Tampilah apa adanya dihadapan orang lain. Jika memang orang lain tidak menghargaimu di salah satu sisi, pasti kamu akan mendapat penghargaan dari seseorang di tempat yang lain. Di kehidupan nyata memang banyak suatu pergaulan yang memang dikotak – kotakkan. Namun setidaknya jika orang lain mengetahui yang sebenarnya tentang dirimu dan tidak dibuat – buat, maka orang lain akan sangat menghargai kejujuranmu.

5. Jujur

be honest! via https://www.google.com

Kejujuran adalah kunci dari kepercayaan seseorang. Dan sekali saja kepercayaan itu disepelekan, jangan harap untuk mendapatkan kepercayaan yang sama dari orang yang sama. Jangan pernah takut untuk menjadi jujur walaupun menjadi jujur itu tidaklah mudah.

Sikap mencari muka terhadap orang tentu hanyalah jalan pintas yang sifatnya sementara. Jika orang tersebut telah mengetahui siapa sebenarnya dirimu, itulah yang akan menjadikan orang lain tidak menghargaimu. Percayalah bahwa suatu kejujuran akan mendapatkan hadiah manis yaitu kepercayaan dan penghargaan yang penuh dari orang lain dari dirimu.