Travel umroh sunnah yang murni dan sesuai dengan akidah serta manhaj para sahabat atau salaf merupakan suatu hal yang didambakan setiap muslim. Karena dalam melaksanakan ibadah, setiap muslim wajib menunaikannya dengan hati yang ikhlas serta sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu‘alaihi Wasallam. Seandainya diantara kedua syarat tersebut ada salah satunya yang tidak terpenuhi, maka niscaya ibadah yang kita amalkan tidak akan diterima oleh Allah 'Azza Wajalla. Bagaimana dengan ibadah umroh yang bisa dikatakan merupakan ibadah yang mengharuskan kita mengeluarkan dana yang tidak sedikit maka akan menjadi sia-sia, tentunya hal ini sangat disayangkan sekali bukan?

Dalam rangka menentukan travel umroh sunnah yang tentunya sesuai dengan petunjuk serta manhaj salaf di Jakarta, maka silahkan diperhatikan saat proses awal melakukan pendaftaran hingga saat prosesi ritual ibadah umroh berlangsung. Pastikan semuanya sesuai dengan tata cara serta aturan yang telah ditetapkan didalam Al-Quran dan As-Sunnah.

Selanjutnya, carilah travel umroh Jakarta yang memberikan penawaran dengan biaya umroh yang wajar. Paket umroh yang standar biasanya sekitar 20 hingga 30 jutaan rupiah. Apabila ada yang menawarkan dengan harga di bawah harga tersebut, mohon diteliti dahulu apa saja biaya paket yang sudah termasuk dan yang belum.

Di luar sana, ada beberapa agen travel umrah yang sistemnya menggunakan sistem Multi Level Marketing (MLM). Mereka memberikan penawaran ke jamaah umroh dengan biaya yang sangat tidak wajar. Dengan syarat jamaah diminta untuk mencari jamaah yang baru untuk bisa mendapatkan fee sekaligus bisa menutupi kekurangan pembayaran. Jika ada jamaah baru yang sudah berhasil direkrut, lalu ia berhasil merekrut jamaah baru yang lain, maka jamaah yang pertama bisa mendapatkan bonus lagi. Begitu secara terus menerus. Hal yang semacam ini merupakan suatu sistem yang sangat dilarang dalam Agama Islam.

Apabila proses pendaftaran sudah bisa dipastikan sesuai dengan sunnah, maka langkah selanjutnya yaitu menyimak proses jalannya ibadah inti dari umroh.

Seperti yang kita tahu bahwa sebenarnya ibadah inti umroh itu terbagi menjadi empat tahapan: yang pertama yaitu berihram atau berniat dari miqat, yang kedua adalah melakukan tawaf memutari Ka’bah, yang ketiga adalah Sai atau berlari kecil bolak-balik dari Shafa ke Marwah, dan yang keempat adalah Tahallul atau mencukur rambut. Keseluruhan proses tersebut harus sesuai sunnah atau sesuai dengan petunjuk yang sudah diajarkan oleh para ulama salaf terdahulu.

1. Berihram

Masjid Ji'ronah

Masjid Ji’ronah via https://www.google.com

Yang pertama yaitu berihram yaitu melakukan miqat yang telah diajarkan dan disebutkan oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam didalam hadistnya. Saat berihram, ucapkanlah, “Labbaik 'umroh (artinya : aku memenuhi panggilan-Mu untuk menunaikan ibadah umroh)”.

Advertisement

Untuk pakaian ihram bagi kaum laki-laki yaitu dua lembar kain berwarna putih yang berfungsi yang satu sebagai sarung dan yang satu lagi sebagai penutup pundak. Sedangkan untuk kaum hawa hendaknya mengenakan pakaian yang disunnahkan untuk menutupi seluruh aurat tubuhnya. Serta tidak dibenarkan menggunakan penutup wajah (cadar) dan sarung tangan.

Setelah itu, maka diperbanyak untuk membaca kalimat talbiah, “Labbaik Allahumma labbaik. Labbaika laa syariika laka labbaik. Innalhamda wan ni’mata, laka wal mulk, laa syariika lak (Aku menjawab panggilan-Mu ya Allah, aku menjawab panggilan-Mu aku menjawab panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagiMu, aku menjawab panggilan-Mu. Sesungguhnya segala pujian, kenikmatan, dan kekuasaan hanya milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu)”.

2. Tawaf

Adapun yang kedua adalah Tawaf ialah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran. Yang diawali dari Hajar Aswad dan kemudian diakhiri di Hajar Aswad juga. Disyariatkan untuk berlari-lari kecil pada tiga putaran awal dan berjalan kaki biasa di empat putaran terakhir.

Advertisement

Saat berada di antara Hajar Aswad dan Rukun Yamani, disyariatkan untuk membaca doa, “Rabbana aatina fid dunya hasanah, wa fil aakhiroti hasanah wa qina ‘adzaaban naar”.

3. Sai

Setelah Tawaf selesai, kemudian yang ketiga yaitu melaksanakan Sa'i dari Shafa ke Marwah dengan cara berlari kecil dengan cepat bolak-balik sebanyak tujuh kali. Saat tiba di Shafa dan Marwah, disunnahkan menghadapkan badan ke arah Ka'bah. Kemudian bertakbir, membaca dzikir, dan berdoa.

4. Tahallul

Cukur rambut (tahallul)

Cukur rambut (tahallul) via https://www.google.com

Selanjutnya yang keempat, jamaah disyariatkan melakukan yang namanya Tahallul. Yaitu mencukur pendek rambut atau mencukur habis rambut (gundul) sekalian agar lebih utama (afdhal). Sedangkan untuk akhwat, cukup mencukur rambutnya sepanjang satu ruas jari.

5. Selesai

Setelah semua tahapan diatas sudah dilaksanakan maka berakhirlah prosesi ritual ibadah umroh Anda yang tentunya sesuai sunnah. Jika dari pihak agen travel umroh bisa menjelaskan dan mengajarkan proses tahapan tersebut saat manasik, maka bisa dikatakan travel umroh Jakarta tersebut sesuai sunnah yang telah diajarkan oleh para ulama salaf. Dengan begitu, Anda bisa menghindari travel umroh yang dalam praktik umrohnya mengajarkan doa-doa khusus atau perbuatan yang tidak dicontohkan sama sekali oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya