Bagi para pembaca Hipwee yang belum pernah ke luar negeri dan ingin ke sana dengan harga murah, Malaysia adalah jawabannya! Negara yang terkenal dengan Petronas Tower ini budaya dan bahasanya hampir sama dengan Indonesia karena memang berasal dari satu rumpun. Jadi, kamu nggak perlu khawatir lagi soal perbedaan budaya atau cita rasa makanannya, ya!

Nah, berikut ini adalah tips kalau kamu ingin liburan ke Malaysia dengan budget 2jutaan!

1. #BukanPromosi Carilah tiket promo di maskapai Air Asia yang terkenal banyak menawarkan diskon!

Para pembaca Hipwee udah pasti tau kan tiket pesawat Air Asia ini cocok banget buat kalian yang jiwa traveling dengan pas-pasan. Sekitar 6 bulan yang lalu saya berencana ke KL dengan keberangkatan bulan Desember, saya mendapatakan tiket dengan harga 700 ribu PP! Murah banget! Terkadang Air Asia sering mengadakan promo dan membagikan tiket gartis, lho! Jadi pantengin terus websitenya ya :)

Advertisement


Saya mendapatkan tiket murah karena membeli tiket sebulan sebelum keberangkatan.


2. Jangan pelit untuk berbagi penginapan; sekasur berdua pun nggak masalah!

Penginapan murah

Penginapan murah via https://www.google.co.id

Nah bagi para pembaca Hipwee yang berpergian dengan temannya, kalian bisa join pengeluaran dengan teman kalian untuk biaya penginapan. Di Malaysia banyak hotel murah dengan budget 300 ribu untuk 3 hari. Contohnya, kalian memlih harga hotel dengan harga 250 ribu permalam, kalian tinggal membagi 2 harga 250 ribu menjadi 125 ribu. Hotel dengan budget 250 ribu biasanya sudah bintang 2. Mencari penginapan tidak usah mahal, karena kalian banyak menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan saja. Oh iya, jangan lupa, kalian cari penginapan yang dekat dengan stasiun MRT ya!


Kalau saya mencari penginapan di daerah pasar seni, karena dekat dengan stasiun pasar seni, China Town dan sentral market khusus oleh-oleh murah di Malaysia


3. Berburu makanan dan oleh-oleh di China Town supaya budget-mu lebih terpangkas!

Tempat murah

Tempat murah via https://www.google.co.id

Advertisement

Untuk soal makanan di Negara Petronas ini, kalian tidak usah khawatir, karena mayoritas negara Malaysia itu Muslim, jadi minim untuk makanan yang tidak halal, tapi tetap harus nanya halal atau tidak bila kalian nggak yakin sama makanan tersebut ya :)

Hmm dari pada kalian makan fastfood yang agak mahal, kalian bisa mencoba jajanan kaki lima dengan harga yang murah dan porsi tentu banyak. China Town tempat yang tepat untuk mencari kuliner kaki lima. Selain makanan, di China Town juga banyak menjual oleh-oleh. Makanan yang dijual di China Town beragam. Contohnya nasi lemak dengan harga 1 ringgit (Rp 3000), nasi goreng seafood dengan harga 9 ringgit sudah dengan minum, dan air mata kucing seharga 2 ringgit.


Buat kalian yang emang bener-bener menghemat budget, kalian bisa membawa makanan dari Indonesia, seperti rendang tinggal beli nasi atau kalian minta nasi ke temen kalian karena porsi nasi di Malaysia bisa untuk 2 orang.


4. Jangan gengsi buat pakai transportasi umum, GO KL misalnya

Transpotasi Murah

Transpotasi Murah via https://www.google.co.id

Kalian para pembaca Hipwee bingung kalau ingin ke tempat wisata? Tenang ada Bus GO KL. Bus Go KL ini berkeliling ke jalan yang ada di Kuala Lumpur bahkan sampai menara petronas lho! Dan yang lebih menggembirakan bus ini GRATIS dan ada WIFI jadi kalian nggak usah takut paket data kalian habis :)

Transpotasi yang ke 2, kalian bisa menggunakan MRT, LRT, KMT (kereta api) untuk berpergian ke daerah yang kamu ingin singgahi, ya. Harga tiketnya nggak mahal kok dengan harga 5 ringgit sudah bisa pakai pulang pergi. Saya saranin kalian pakai kereta saja. Selain murah kalian bisa ke KLCC, sekalian cuci mata melihat barang – barang branded.

Jalan kaki. Bagi para pembaca Hipwee yang jalan-jalan ke daerah central market ingin ke China Town, bisa berjalan kaki dengan 2 km alias tidak terlalu jauh.


Tempat wisata gratis: Batu Cave, Petronas Twin Tower, dan Masjid Jamek. Lumayan foto-foto untuk mengisi di Instagram kalian para pembaca Hipwee!


5. Berbelanja oleh-oleh kekinian di Central Park; surga dunia!

oleh-oleh hits

oleh-oleh hits via https://www.google.co.id

Pasti kalian heran, kok masih bisa ya dengan 2 juta bisa dapat oleh-oleh? Sebenarnya, untuk membeli oleh-oleh ini tergantung iman kalian dan niat kalian. Jika kalian ingin membeli oleh-oleh mahal pasti kalian tidak akan cukup. Buat kalian yang ingin membeli oleh-oleh coklat yang kekikinian dari negara Malaysia, kalian bisa pergi ke Central Market lho, di sana banyak berbagai macam coklat, tas, gantungan kunci dengan harga yang superduper miring.

Contohnya kalian membeli coklat yang 3 pack bisa dibeli dengan harga 10-15ringgit, gantungan kunci dengan harga 5 ringgit sudah bisa dapat 10 gantungan kunci, untuk pajangan Menara Petronas bisa didapatkan dengan harga 10 ringgit. Sangat murah bukan? Buat kalian yang ingin berpergian keluar negeri dengan budget yang sangat minim dan tidak menyiksa, disini saya akan memberikan rinciannya dalam bentuk rupiah.


Tiket pesawat + Hotel ( Rp 685.000 + Rp 300.000 = Rp 985.000)

Biaya Transpotasi = Rp 50.000

Biaya Makan selama 4 hari= Rp 200.000

Oleh-oleh = Rp 500.000 (tergantung kebutuhan kalian)

Total = Rp 1.735.000

Sisa uangnya buat naik taksi online, sampai ke rumah daerah Bekasi :)


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya