Ingat ndak, gaes? Penggalan lirik lagu dari kelompok musik Indonesia Koes Plus berjudul ‘Kolam Susu’?

Orang bilang tanah kita tanah surga, Tongkat kayu dan batu jadi tanaman

Dalam lirik tersebut dikisahkan bahwa bumi pertiwi benar-benar surga bagi dunia. Mengapa tidak? Karena semua tanaman bisa tumbuh subur di negeri ini. Bahkan diibaratkan tongkat kayu dan batu saja bisa hidup di tanah nusantara ini.

Nah, saking banyaknya varietas tumbuhan yang bisa hidup di Indonesia setiap daerah pun memiliki tanaman khas masing-masing.

Oyaa… berikut adalah lima tanaman buah yang mungkin jarang kamu dengar. Dan lima tanaman buah ini pun juga menjadi penanda bahwa tanah kita memang lah tanah surga yang di dalamnya bisa tumbuh beragam varietas tanaman.

1. Buah Keledang, sekilas mirip kayak nangka

Buah Keledang, sekilas mirip kayak nangka

Buah Keledang, sekilas mirip kayak nangka via http://google.com

Banyak buah di Indonesia memiliki bentuk fisik yang mirip. Namun, dari segi rasa, tekstur, dan jenis memang berbeda. Nah, buah keledang ini berasal dari Kalimantan ini memiliki warna orange dengan daging yang lebih besar dan rasanya yang gak nyangka banget. Rasa dari buah ini pun seperti manggis.

2. Buah Kepayang yang membuatmu ‘mabuk kepayang’ ketika memakannya

Buah Kepayang yang membuatmu ‘mabuk kepayang’ ketika memakannya

Buah Kepayang yang membuatmu ‘mabuk kepayang’ ketika memakannya via http://google.com

Advertisement

Buah kepayang adalah buah yang dulunya mudah untuk ditemukan di penjuru Nusantara. Hanya aja, buah ini sekarang lebih sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan. Nah, isi buah kepayang ini mirip dengan alpukat. Dinamakan dengan buah kepayang karena bila kamu memakannya akan membuatmu susah untuk berhenti.

3. Sekilas mirip rambutan, tapi ternyata namanya buah Maritam

Sekilas mirip rambutan, tapi ternyata namanya buah Maritam

Sekilas mirip rambutan, tapi ternyata namanya buah Maritam via http://google.com

Buah langka satu ini berasal dari Borneo yang bagi mereka disebut dengan nama buah maritam. Bentuk buah ini pun hampir mirip dengan rambutan namun bedanya buah maritam tidak ada rambutnya. Namun, keduanya memiliki rasa yang sama yaitu manis. Udah pernah coba?

4. Temen gue orang Depok nyebut nih buah dengan nama Menteng, kalo di tempatmu

Temen gue orang Depok nyebut nih buah dengan nama Menteng, kalo di tempatmu

Temen gue orang Depok nyebut nih buah dengan nama Menteng, kalo di tempatmu via http://google.com

Buah yang memiliki banyak nama di beberapa tempat ini memiliki rasa yang asam dan cenderung kecut. Sekilas, buah ini mirip seperti duku tapi rasanya tentu berbeda. Dulu, menteng atau kemundung ini cukup mudah ditemui karena kerap ditanam di pekarangan rumah. Bagi kamu yang penasaran, di sekitaran Jakarta dan Bogor ini masih banyak yang jual lho…

5. Buah Manau yang bersisik seperti salak

Buah Manau yang bersisik seperti salak

Buah Manau yang bersisik seperti salak via http://google.com

Advertisement

Buah satu ini dapat kamu jumpai di Pulau Bangka, Belitung, Sumatera, dan Kalimantan. Bentuk buah ini pun sekilas mirip dengan salak karena bersisik. Namun, ukurannya yang lebih kecil dan berbentuk oval membuat keduanya berbeda.

Oya, buah manau ini juga sering dijadikan asinan karena rasanya yang asem manis dan bikin kangen.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya