Hewan mengambil banyak bentuk dan bentuk dan memiliki beragam ukuran, mulai dari mikroskopis hingga paus biru dengan panjang 30 m! Apakah kamu mengukur dalam hal berat, tinggi atau panjang? Tidak dapat disangkal beberapa hewan ada yang ukurannya sangat besar dibandingkan dengan yang lain di kelas mereka. Apa saja hewan tersebut? Yuk simak ulasan di bawah ini!

1. Sang raksasa lautan si paus biru

Paus Biru adalah hewan terbesar sepanjang masa, mencapai berat sekitar 198 US ton (180 ton) dan panjang 98 kaki (30 m). Lidah mereka sendiri dapat menimbang gajah dan hati mereka sebanyak mobil. Meskipun berbadan besar, mamalia ini bertahan hidup dengan memakan organisme kecil seperti plankton. 

2. Cumi kolosal, makhluk bertentakel yang besar

 Cumi Kolosal

Cumi Kolosal via http://www.nbcnews.com

Advertisement

Ukuran cumi-cumi kolosal sering kali dilebih-lebihkan, dengan tulisan viral di internet mengatakan mereka bisa mencapai panjang 60 kaki (18 m) atau bahkan 90 kaki (27 m)! Namun, cumi-cumi terbesar yang didokumentasikan adalah panjang 45 kaki (14 m). Mereka memiliki mata terbesar di dunia hewan, dengan diameter 10 in (25 cm)

3. Gajah Afrika menjadi raksasa daratan yang ada di bumi

african elephant

african elephant via https://www.nurfasta.com

Hewan darat terbesar yang hidup adalah Gajah Afrika yang memiliki berat hingga 6.350 kg (7 ton). Mereka biasanya tumbuh hingga 35 kaki (10,6 m) dari batang ke ekor dan memiliki tinggi bahu 13 kaki (4,2 m). Setidaknya ada dua spesies, gajah sabana dan gajah hutan, dan mereka saat ini disebut sebagai yang mulia dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah IUCN.

4. Jerapah, si tinggi berleher panjang dan bercorak unik

Dengan ketinggian 5,8 m, jerapah adalah binatang yang hidup paling tinggi di dunia; lehernya sendiri tingginya 6 kaki (1,8 m). Di rumah di padang rumput Afrika Timur, mereka kebanyakan makan dari vegetasi yang ada jauh tinggi di atas tanah, menggunakan lidah panjang prehensile mereka untuk menarik tunas muda dan daun dari pohon. Bayi lahir setelah periode kehamilan 15 bulan dan tingginya sudah 2 m!

5. Beruang Coklat atau terkenal dengan nama beruang grizzly

Beruang Coklat

Beruang Coklat via https://www.pexels.com

Advertisement

Posisi karnivora darat terbesar hidup dibagi antara Beruang Coklat dan Beruang Kutub. Dengan berat 907 kg (1 ton) dan mencapai ketinggian 10 kaki (3 m) ketika berdiri dengan kaki belakangnya, mereka pasti mendapatkan tempat mereka sebagai yang terbesar. Meskipun Anda akan menemukan Beruang Coklat di hutan dan pegunungan Amerika Utara, Eropa dan Asia, Anda perlu menuju lebih jauh ke utara ke Lingkaran Arktik untuk melihat sekilas Beruang Kutub, yang membagi waktu mereka antara laut dan es dan memberi makan sebagian besar pada segel.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya