Mata adalah salah satu anggota tubuh yang vital, fungsi utamanya adalah sebagai indra penglihatan. Daerah sekitar mata termasuk bola mata juga merupakan bagian yang sangat sensitif, misalnya saja bola mata yang terdiri dari jutaan syaraf yang saling terhubung sehingga membuat kita dapat melihat dengan sempurna. Tidak hanya itu, bagian lain termasuk alis, bulu mata, kelopak mata, air mata, bahkan kantung mata juga memiliki kegunaan yang juga luar biasa.

Berbicara tentang kantung mata, tentu kita tahu tentang mata panda ya. Mata panda adalah keadaan dimana kantung mata berwarna lebih gelap dari biasanya, bahkan bisa juga disertai dengan pembengkakan yang membuat mata terlihat sembab dan kecil seperti halnya mata hewan panda. Meskipun bukan penyakit menular ataupun kronis, tapi mata panda akan mengurangi kepercayaan diri loh. Jadi tak ada salahnya kita mengetahui cara-cara jitu yang bisa dicoba untuk menghadang datangnya mata panda.

1. Cukup tidur dan istirahat

Cukup tidur dan istirahat via https://www.pixabay.com

Sebagian besar penyebab mata panda adalah berantakannya jadwal istirahat. Untuk mengatasinya, mulailah dengan mengatur pola serta jam tidur kamu. Usahakan untuk tidur selama 8 jam dalam sehari, atau kalau memang terasa sulit lakukan lah tidur beberapa jam namun tidur yang berkualitas.

Apa itu tidur berkualitas? Tidur yang benar-benar mengistirahatkan tubuh dan pikiran, misalnya hindari tidur ditengah keramaian, cobalah tidur di tempat yang hening dan sejuk. Selain menginstruksikan diri untuk mengantuk, tidur dalam keadaan seperti ini juga membuatmu tidak akan terganggu dengan kebisingan yang akan membangunkanmu.

2. Konsumsi air putih

Konsumsi air putih via https://www.pixabay.com

Advertisement

Tubuh manusia 80% terdiri dari air. Apa fungsi air itu sendiri? Tentu saja banyak, mulai dari membantu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh sampai dengan menjaga kelembaban kulit dan tubuh. Kekurangan air akan menghambat proses metabolisme tubuh dan juga bisa membuat kulit menjadi kering. Kondisi ini bisa memicu mata panda jika ditambah dengan jadwal istihat yang kurang sempurna. Jadi pastikan kamu meminum air sedikitnya 8 gelas dalam sehari untuk memastikan kesehatan tubuhmu.

3. Banyak makan buah dan sayur

Banyak makan buah dan sayur via https://www.pixabay.com

Buah dan sayur memang makanan ajaib, tidak hanya enak tapi mereka juga memiliki manfaat yang sangat banyak. Buah dan sayur mengandung vitamin, mineral serta beberapa zat yang memang diperlukan tubuh.

Buah dan sayur semisal tomat, wortel, apel, kacang-kacangan, mengandung vitamin a yang sangat baik untuk kesehatan mata. Sedangkan buah dan sayur seperti alpukat dan bayam sangat kaya dengan zat besi yang ampuh untuk melancarkan peredaran darah di sekitar area mata.

4. Batasi make up

Batasi make up via https://www.pixabay.com

Make up bisa jadi bencana kalau tidak digunakan secara seksama. Untuk kamu yang sedang memiliki mata panda, ada baiknya untuk membatasi aplikasi make up. Mungkin mensiasati penggunaan make up bisa dilakukan untuk kamu yang ingin mengusir mata panda secara instan. Make up sendiri memang bertujuan untuk mengoreksi wajah seseorang agar tampak lebih baik tanpa melakukan bedah plastik.

Make up yang sering kita jumpai merupakan perpaduan bahan kimia dan alami yang diracik sedemikan rupa menurut peruntukannya. Tapi untuk kamu yang ingin menyembuhkannya, sebaiknya berpuasa atau batasi make up mu untuk mencegah mata panda tidak semakin parah.

5. Gunakan pelembab dan tabir surya

Gunakan pelembab dan tabir surya via https://www.pixabay.com

Mencegah mata panda juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan pelembab serta tabir surya . Pelembab berguna untuk mengunci kadar air pada kulit sehingga kulit tidak mudah kering. Tabir surya berfungsi sebagai perisai utama untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari yang berlebihan. Kolaborasi keduanya akan membuat mata panda tak mudah untuk singgah.

6. Tidak terlalu lama kontak dengan sinar matahari dan gadget

Tidak terlalu lama kontak dengan sinar matahari dan gadget via https://www.pixabay.com

Kelelahan pada mata juga bisa membuat kantung mata berubah menjadi mata panda loh. Salah satunya cara yang bisa digunakan untuk mencegahnya adalah dengan tidak terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Selain itu penggunaan gadget terus menerus serta menonton televisi, menatap layar monitor dengan jarak terlalu dekat juga berpengaruh, apalagi kalau dilakukan dalam cahaya yang remang.