Bagi yang sering mendengarkan The Beatles dan fans berat dari Steven Gerrard, pasti tidak asing lagi dengan kota ini. Liverpool terletak di area Merseyside serta dulunya merupakan kota pelabuhan dengan banyaknya kapal - kapal asing dari negara Eropa yang berlabuh di pelabuhan utama kota ini yaitu Albert Dock. Bahkan kapal Titanic sebagian besar crew-nya adalah masyarakat asli kota Liverpool, yang sering disebut sebagai ‘scouse’ orang masyarakat Inggris. Selain pelabuhannya, Liverpool juga terkenal dengan klub sepakbolanya yaitu Liverpool FC dan Everton FC.

Liverpool juga merupakan salah satu dari 3 kota tujuan liburan favorit di Inggris untuk ke dua kalinya, seperti yang telah disebutkan oleh majalah Condé nest Traveller . Selain itu, Liverpool pernah menjadi Culture Capital City pada tahun 2008. Banyak tempat yang bisa dikunjungi bagi wisatawan yang berkunjung ke Liverpool.

1. St. George’s Hall & Teater Empire

Empire Theatre

Empire Theatre via https://www.hipwee.com

Setibanya di Liverpool Lime Street Station, ada sebuah gedung besar yang menarik perhatian, yaitu St. George’s Hall. Dengan desain arsitektur neo‐klasik dan pilar‐pilar besar bergaya corinthian, tempat ini merupakan pusat sejarah kota Liverpool dan tempat ini sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan acara.

Empire Theatre yang ada di depannya sudah berdiri sejak tahun 1925 dan merupakan bangunan kedua yang berdiri di lokasi tersebut pada masa itu. Sama seperti St George Hall, bangunan ini juga bergaya Neoklasik dan digunakan sebagai tempat pertunjukan, mulai dari konser, musical theatre ataupun opera.

2. Galeri Walker Art

Galeri Walker Art

Galeri Walker Art via https://www.hipwee.com

Advertisement

Walker Art Gallery atau yang biasa disebut sebagai Museum Nasional Liverpool, kita dapat melihat koleksi seni kelas dunia, mulai dari lukisan dan patung dari abad ke 13 termasuk zaman Medieval, Renaissance and Pre‐Raphaelite classics karya Rembrandt, Rubens, Millais, Rossetti, Turner and Holman Hunt serta koleksi kontemporary lainnya. Museum ini juga sering menampilkan pameran karya seni yang tidak permanen dan semuanya GRATIS!

3. World Museum Liverpool

World Museum

World Museum via https://www.hipwee.com

World Museum Liverpool. Museum ini merupakan pilihan yang tepat untuk aktifitas keluarga, terdiri dari lima lantai dan di sini anak‐anak dapat mengenal tentang sejarah kehidupan manusia, fosil dan binatang, tanaman, bebatuan, aquarium, astronomi serta planetarium. Sama halnya dengan Walker Art Gallery, museum ini gratis dari biaya masuk.

4. Albert Dock

Albert Dock

Albert Dock via https://pixabay.com

Setelah mengunjungi gallery dan museum, kami berjalan kaki menuju pusat kota liverpool. Liverpool terlihat lebih modern dan sangat besar dibenading beberapa kota di Inggris lainnya.

Advertisement

Berjalan sekitar 20 menit dari pusat kota liverpool menuju Albert Dock Liverpool yang dulunya merupakan pelabuhan utama yang terdapat di kota Liverpool serta menghubungkan beberapa kota diantaranya adalah Birmingham dan Leeds. Saat ini Albert Dock tidak hanya menjadi pelabuhan tetapi telah ditransformasi oleh pemerintah kota Liverpool menjadi tempat rekreasi bagi keluarga dengan dibangunnya restoran – restoran di sekelilingnya serta adanya beberapa gallery dan toko – toko souvenir bagi para wisatawan untuk membeli pernak pernik sekedar oleh‐oleh.

Selain itu juga, di Albert Dock ini terdapat beberapa museum yang patut untuk dikunjungi yaitu Tate Museum Liverpool, The Beatles Museum, International Maritime & International Slavery Museum.

Tak hanya museum, di Albert Dock juga terdapat atraksi menarik bagi anda dan keluarga seperti Liverpool Eye, The Yellow Duckmarine Tour sebagai bagian dari city tour Hop On Hop Off Bus serta The Beatles Magical Mystery Tour. Selagi anda berada di areal Albert Dock ini, ada baiknya juga apabila anda berpose di depan The Pumphouse, sebuah bangunan yang dulunya adalah ruangan mesin uap di pelabuhan ini namun sekarang telah direstorasi dan diubah fungsinya menjadi restoran keluarga.

5. Museum The Beatles

Antrian di Museum The Beatles

Antrian di Museum The Beatles via https://www.hipwee.com

Tujuan utama kami di Albert Dock adalah mengunjungi The Beatles Museum. Tiket masuk ke dalam museum seharga £11.95/orang. Museum ini menjelaskan sejarah tentang The Beatles di awal karirnya, tempat mereka pertunjukan pertama kali, lengkap dengan cerita dibalik lagu‐lagunya, serta cerita tentang masing‐masing personilnya. Kemudian setelah melihat‐lihat museum, kita berlanjut ke Fab4store, yang terletak tepat di belakang museum dimana menjual segala souvenir tentang The Beatles dari kaos, gelas, tas, dan sebagainya. Harga souvenir-nya memang tidak terlalu murah, tetapi membeli satu sebagai kenang-kenangan tidak ada salahnya juga.

6. Magical Mystery Tour

John Lennon di Cavern Club

John Lennon di Cavern Club via https://www.hipwee.com

Setelah itu, kami berjalan ke arah pusat informasi turis, menunggu The Beatles magical mysteri tour dimulai. Tiketnya seharga £14.95/orang, dan sebaiknya booking lebih awal dikarenakan tempat duduk yang terbatas di bis. Tour ini mengajak kita berkeliling kota Liverpool untuk melihat tempat‐tempat bersejarah kelompok The Beatles, mulai dari rumah masing‐masing personil, jalan Penny Lane yang terkenal di salah satu judul lagu mereka, serta Strawberry field yang menginspirasi The Beatles untuk menulis lagu dengan judul yang sama.

Anda juga menyimak cerita yang dituturkan oleh guide dari tour ini, bahkan jika anda menyimaknya dengan seksama bisa saja anda mendengar kisah–kisah rahasia dari The Beatles, yang perlu anda lakukan hanyalah duduk tenang dan pasang kuping baik–baik.

Tour ini sendiri berjalan selama 2 jam serta berakhir di The Cavern Pub, sebuah club kecil yang berlokasi di bawah tanah serta konon dulunya The Beatles manggung pertama kali di club ini. Club ini sendiri sampai sekarang masih sering digunakan oleh para artis Inggris dan artis dunia lainnya untuk menggelar konser maupun hanya sebagai tempat pertemuan setelah konser selesai. Di luar dari Cavern Pub, anda bisa melihat daftar nama dari para artis yang pernah mengadakan konser disini, bahkan apabila anda beruntung anda bisa saja melihat Sir Elton John sedang bersantai disini.

Akhirnya The Beatles Mystery Tour adalah perjalanan terakhir kami dan kami harus kembali menuju stasiun Liverpool Lime Street, terlihat sebuah menara tinggi. Menara tersebut adalah stasiun radio kebanggaan masyarakat Liverpool yaitu Radio City 96.7, dan sampai sekarang masih mengudara untuk menghibur masyarakat Liverpool. Jangan lupa untuk mengabadikan radio kebanggaan kota Liverpool tersebut, dan jangan lupa untuk berpose di tengah‐tengah air mancur di pusat kota.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya