Penutup jendela atau tirai menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Alat ini akan membantu dalam mengatur cahaya atau debu yang masuk ke dalam rumah. Cahaya yang masuk dapat digunakan sebagai penerangan di dalam ruangan. Adapun tirai juga sebagai alat privasi bagian dalam rumah sehingga orang di luar tidak terlalu dapat melihat isi rumah.

Ketika cahaya yang masuk berlebihan, tirai berfungsi mengurangi cahaya atau panas yang masuk namun tetap menghadirkan pemandangan di luar. Tirai sendiri digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kesesuaian di dalam rumah. Adapun berbagai macam bentukan dari tirai sendiri. Berikut beberapa tirai yang dapat anda pilih untuk penutup jendela rumah.

1. Tirai Horizontal atau Kerai

tirai horizontal

tirai horizontal via http://www.gordenjogja.com

Tirai ini biasa ditemukan pada bangunan tinggi kantor ataupun area komersil. Tirai dengan sirip horizontal dirancang dengan berbagai bahan seperti kain, aluminium, dan kayu. Tirai ini cocok digunakan pada jendela yang tinggi.

Tentunya dengan menggunakan tirai ini, jendela tetap dapat masuk jika ditarik ke atas seluruhnya, atau hanya dibuka pada sirip-siripnya saja. Hal ini tentu akan membuat anda secara bebas menentukan privasi dalam ruang pada keadaan tertentu.

2. Tirai Vertikal

Advertisement

Penutup jendela ini salah satu tirai yang banyak digunakan. Bahan yang digunakan pun juga serupa dengan tirai horizontal hanya saja bentuknya yang berbeda. Kesan yang ditampilkan oleh tirai ini juga berbeda dengan tirai horizontal. Tirai bergaris vertikal ini memberikan kesan ruangan yang tinggi.

3. Roman Blind

roman blind

roman blind via http://www.m2mblinds.com

Penutup jendela jenis ini dibuka dan ditutup dengan cara menaikkan tirainya. Untuk roman blind tirai dinaikkan ke atas dengan dilipat sehingga akan terlihat lekukan lipatan pada tirai. Tentunya ini juga menjadi sebuah dekorasi pada jendela di ruang dalam rumah. Tirai bermotif juga akan memberikan keunikan pada ruangan.

4. Roller Blind

Untuk jenis tirai yang satu ini juga dibuka dengan menaikkan tirai. Akan tetapi berbeda dengan roman blind, tirai ini digulung sehingga tirai naik ke atas. Material yang digunakan pun tentunya lebih menggunakan kain berbahan kasar agar mudah digulung. Biasanya akan ada pengait di bagian atasnya atau alat penggulungannya.

5. Penggunaan Tirai dan Sheer

tirai sheer

tirai sheer via http://emprenet.info

Advertisement

Penggunaan tirai yang dikombinasikan dengan sheer merupakan salah satu yang populer. Perpaduan keduanya menciptakan suasana yang elegan dan juga klasik pada ruangan. Sheer ini sendiri merupakan gorden yang berbahan tipis dan tetap dapat menyalurkan cahaya matahari dari luar namun tetap memberikan privasi pada ruangan.

Sheer juga biasanya memiliki warna putih polos atau bermotif. Jika sudah menjelang malam, tirai pun bisa ditutup untuk menjaga privasi penghuni.

Penggunaan berbagai macam tirai ini tentunya harus disesuaikan dengan tipe jendela dan kesan ruang yang diinginkan. Setiap tirai punya keunikan masing-masing yang tentunya harus dimaksimalkan fungsi dan juga estetikanya.

sumber: www.furnizing.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya