Hayoo. Seberapa sering sih kamu mencuci rambutmu? Walaupun terlalu sering mencuci rambutmu akan membuat rambutmu cenderung berminyak, tapi di sisi lain ketika kamu malas keramas, rambutmu akan jadi lepek dan mungkin akan berbau.

Walaupun sepele, terlalu malas keramas memicu terjadinya kerusakan rambut.

1. Rambut Akan Bisa Terlihat Lebih Tipis

Rambut tebal

Rambut tebal via https://images.pexels.com

Ada beberapa orang yang beruntung memiliki rambut yang tebal, maka dari itu untuk jenis rambut ini biasanya mereka tak perlu keramas tiap hari. Tapi bagi kamu yang memiliki rambut yang tipis dan halus, pasti kamu merasa rambutmu akan terasa lepek jika tidak dicuci secara rutin.

Advertisement

Ketika rambut yang memiliki jenis halus tidak dicuci secara rutin, rambut mereka akan terlihat tipis dan tidak bervolume. Itu sebabnya jika kamu memiliki tipe rambut yang tipis (atau bahkan menipis) dianjurkan untuk selalu senantiasa membersihkan kepalamu.

Debu dan polusi yang menempel pada kepala akan memicu minyak berlebih. Minyak inilah yang justru akan memicu kerontokan yang parah.

2. Magnet Debu dan Kotoran

Rambut kotor dan berketombe

Rambut kotor dan berketombe via https://www.google.com

Mungkin kamu merasa bahwa rambutmu baik-baik saja ketika tidak dikeramas secara rutin. Padahal, rambut yang jarang kamu keramas bisa menjadi ‘magnet’ untuk debu-debu. Debu tersebut akan terlihat seperti ketombe. Kalau kamu sudah menemukan bintik-bintik putih tersebut, segera bersihkan rambutmu yah!

Advertisement

Kan nggak enak kalau dilihat teman kamu ketombean padahal hanya debu.

3. Kalau Mau Diwarnai, Warna Bisa Cepat Luntur

Perhatikan ini sebelum mewarnai rambut

Perhatikan ini sebelum mewarnai rambut via http://www.google.com

Nah, ini nih kalau kamu punya rambut yang diwarnai perlu diingat, ya, kalau helai rambut yang kotor bisa memengaruhi hasil pewarnaan rambutmu. Saat mewarnai rambutmu dengan warna semi-permanen, rambutmu harus senantiasa bersih dan kering. Rambut yang berminyak akan memungkinkan warna rambut yang cepat luntur.

Jadi, ingat ya, sebelum mewarnai rambut kamu pastikan kamu rajin keramas (tapi tidak perlu sampai berlebihan) supaya kondisi rambut kamu cukup ideal di saat nanti diwarnai.

4. Mudah Berketombe

Ketombe bikin tidak percaya diri

Ketombe bikin tidak percaya diri via https://www.google.com

Sebagian orang berasumsi bahwa ketombe hanya muncul karena kulit kepala yang kering. Padahal rambut yang kotor (baca: berminyak) justru bisa menyebabkan kerapuhan.

Nah, jika rambutmu jarang dikeramas (dan jarang kamu beri kondisioner), kemungkinan rambutmu akan berminyak dan muncul ketombe. Mencuci rambutmu sesungguhnya memberikan kelembapan yang baik untuk rambutmu.

Tapi harap perhatikan jenis shampo yang digunakan. Pastikan menggunakan shampo anti ketombe yang memang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rambut kamu.

5. Rambut Jadi Mudah Rontok

Kerontokan rambut menjadi momok pria dan wanita

Kerontokan rambut menjadi momok pria dan wanita via https://smhmillionhair.co.id

Bagi kalian yang memiliki rambut rontok, hal ini kemungkinan bukanlah sesuatu yang akan membuatmu terkejut. Tapi sebenarnya kerontokan harus kamu waspadai.

Tidak mencuci rambutmu memang tidak serta-merta membuat rambutmu rontok seketika. Sebaliknya, rajin keramas juga tidak serta-merta menyelesaikan masalah kerontokan rambut kamu.

Namun jika kamu terlalu sering menggunakan produk rambut dan kemudian tidak mencucinya secara bersih, hal tersebut justru akan membuat penumpukan kotoran dan bahan kimia pada kulit kepalamu.

Penumpukan bahan kimia plus kotoran ini akan menyebabkan rambut yang cepat rontok. Dengan melakukan keramas yang tepat, setidaknya sudah mengurangi salah satu resiko penyebab kerontokan tersebut. Maka dari itu, pastikan untuk membersihkannya secara teratur untuk mencegah hal ini.

 

Seberapa sering kamu mencuci atau tidak mencuci rambut adalah keputusanmu. Jika kamu merasa rambutmu sudah lepek hanya dalam dua hari saja, maka cucilah rambutmu segera. Jangan sampai menunggu rambutmu menjadi berminyak, lengket, dan berbau, ya. Nggak mau kan punya rambut rusak hanya karena malas keramas?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya