5 Manfaat Berenang untuk Si Kecil. Mulai dari Tingkatkan Kesehatan Fisik Hingga Mental

manfaat berenang untuk anak

Bermain air merupakan salah satu kegiatan yang cukup digemari anak kecil, termasuk berenang. Selain menyenangkan, belajar renang juga memiliki banyak dampak positif pada anak, lho! Berikut ini 5 manfaat berenang untuk anak yang perlu kamu tahu!

Advertisement

1. Berenang merupakan olahraga yang ideal

Tapi tetap harus pakai peralatan yang lengkap, ya!

Tapi tetap harus pakai peralatan yang lengkap, ya! via https://images.pexels.com

Renang memilliki tingkat cedera yang lebih rendah dari olahraga lainnya. Itu karena renang dilakukan di dalam air, di mana 90% tubuh anak terapung hingga ke leher, yang menyebabkan anak tidak akan menyentuh tanah dengan beban yang dibawa di darat. Cedera saat berenang yang paling umum terjadi adalah saat melakukan aktivitas berlebihan yang menyebabkan keram. Itu tergolong ringan dibandingkan dengan cedera kritis seperti keseleo atau patah tulang.

Menurut riset di International Journal of Sports Medicine berenang juga terbukti baik untuk pemulihan olahraga. Itu berarti berenang memanglah olahraga yang ideal untuk anak dan juga kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Advertisement

2. Berenang baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru

Berenang bisa melatih pernapasaan anak, lho.

Berenang bisa melatih pernapasaan anak, lho. via https://images.pexels.com

Berenang tentunya mampu melatih pernapasan supaya lebih kuat dan panjang. Teknik mengambil napas saat berenang di setiap gaya serta tekanan air di dalamnya akan sangat baik untuk melatih pernapasan anak. Dan juga gerakan mendorong dan menendang air dengan tangan dan kaki akan memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, serta paru-paru.

3. Berenang dapat memperbaiki pola hidup anak

Banyak energi yang dikeluarkan, itu berarti anak akan memasukkan banyak energi pula nantinya.

Banyak energi yang dikeluarkan, itu berarti anak akan memasukkan banyak energi pula nantinya. via https://images.pexels.com

Bergerak dan bermain air di kolam renang pasti akan memakan banyak energi. Energi itu di pakai untuk membuat tubuh anak tetap hangat, yang membutuhkan cukup banyak kalori. Karena banyaknya energi yang sudah dikeluarkan, setelah berenang anak pasti akan merasa lelah dan lapar. Setelah makan, malam harinya tubuh anak yang lelah itu akan terlelap lebih mudah dari biasanya. Itu yang menyebabkan anak jadi bertambah nafsu makan dan jadwal tidur yang lebih teratur.

4. Sebuah investasi jangka panjang untuk anak

Advertisement
 Lifeskill yang wajib dikuasai.

Lifeskill yang wajib dikuasai. via https://images.pexels.com

Menurut American Academy of Pediatric, ketidakmampuan berenang pada anak merupakan salah satu penyebab kematian terbesar. Karena tenggelam merupakan penyebab utama kematian kedua manusia (pada rentang usia 5 hingga 24 tahun). Dengan mengajarkan anak berenang, itu berarti mengurangi risiko kematian tersebut. 

Lagipula berenang adalah olahraga sepanjang masa dan merupakan salah satu lifeskill yang wajib dikuasai. Jika sejak kecil anak sudah pandai berenang, maka sampai dewasa ia akan tetap memiliki kemampuan itu. Jadi, bisa dibilang belajar renang adalah investasi untuk keselamatan hidup.

5. Dapat meningkatkan perkembangan mental dan juga fisik

Double manfaat kalau anak belajar berenang

Double manfaat kalau anak belajar berenang via https://images.pexels.com

Dilansir dari kensingtonmums.co.uk mengajarkan anak berenang di usia dini menunjukkan perkembangan fisik dan mental yang bagus. Itu terjadi karena renang dapat mengasah kemampuan verbal, kognitif, sosial dan pemahaman arah yang mana akan merangsang perkembangan otak dan kecerdasan lebih lanjut.

Selain itu, renang juga dapat memicu pelepasan hormon pertumbuhan yang mendukung pertumbuhan tinggi badan. Karena hampir semua otot-otot dalam tubuh bekerja saat berenang sehingga dapat membantu menambah tinggi badan anak.

Itulah pengaruh besar yang akan anak dapatkan jika belajar renang sejak dini. Bagaimana, apa moms dan dads tertarik menaruh berenang di salah satu kegiatan si buah hati?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Undergraduate Communication Student

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE