Kasus kejahatan mempunyai beragam motif dan bentuk kejahatan yang dilakukan para pelakunya. Kriminalitas tidak melulu soal tindak kejahatan yang bersifat kekerasan.

Seperti kasus skimming ATM yang marak terjadi belakangan ini dan merugikan banyak nasabah. Skimming adalah sebuah teknik pencurian data pribadi seorang nasabah dengan sebuah alat khusus skimmer yang ditempelkan pada mulut mesin anjungan tunai mandiri. Sebuah mesin yang digunakan untuk memperlancar proses transaksi uang di kalangan masyarakat ini juga menjadi sasaran para pelaku kriminal yang ingin mengeruk keuntungan dengan cara instan. Namun juga ada cara lain berupa kamera mikro berukuran 0,1 sampai 0,3 milimeter yang ditempelkan pada area cover pin pad, atau yang biasa diketahui orang sebagai sejumlah tombol yang digunakan untuk menekan pin nasabah.

Layaknya sebuah judi, pelaku kriminal pun tidak selalu bisa meyakinkan dirinya akan kesuksesan dirinya dalam melakukan tindak kejahatan yang seperti halnya pencurian pada saat pertama kali ia memberanikan diri untuk melakukannya. Dan kalaupun berhasil, bukanlah suatu jaminan bahwa pada aksi yang kedua kali dan selanjutnya mereka yakin untuk melakukannya lagi. Adanya kesempatan adalah peluang emas, namun keberuntungan bukanlah hal yang selalu bisa datang berulang kali.

Berikut 8 tips yang bisa mengindarkanmu dari tindak kejahatan skimming.

1. Jangan asal percaya dengan orang yang meminta bantuan saat berada di lokasi ATM

modus menanyakan fungsi atm

modus menanyakan fungsi atm via http://theconversation.com

Jika kamu sedang berniat untuk mengambil sejumlah uang tunai pada sebuah lokasi atm, ada baiknya jika kamu tidak langsung percaya dengan orang yang meminta bantuanmu untuk mengecek fungsi mesin ATM. Modus yang sering dilakukan sang pelaku dengan kawanannya adalah berpura-pura menanyakan kepadamu bahwa ia tidak bisa melakukan transaksi di ATM. Yang sebenarnya, si pelaku memang sengaja menyisakan nominal debit di kartu ATM miilknya pada sampai batas limit.

Ketika kamu ingin mencobanya dengan kartu ATM pribadimu, tanpa kamu sadar di bagian mulut atau lubang atm itu sudah ditempelkan alat khusus skimming yang siap mencuri data enkripsi yang terdapat pada kartu ATM. Yang pasti tujuannya juga untuk mendapatkan password dan mengeruk sebanyak-banyaknya jumlah nominal debit ATM yang kamu miliki.

2. Lakukan transaksi di tempat yang terpercaya tingkat keamanannya

transaksi uang di bank

transaksi uang di bank via http://www.inman.com

Advertisement

Umumnya, mesin atm yang jadi sasaran para pelaku adalah mesin–mesin atm yang berada di pinggir jalan dan minim pengawasan. Ada baiknya dan lebih aman jika kamu menggunakan mesin atm yang berada di kantor–kantor cabang sebuah bank atau juga bisa mesin atm yang terdapat di area, pom bensin jika kamu melakukannya sebelum malam hari.

Namun bila memang harus dilakukan pada malam hari gunakan mesin atm yang berada di dalam minimarket, area bank yang dijaga oleh security, atau di dalam sebuah mall.

3. Jangan asal mampir lokasi atm, perhatikan dulu situasi

menggunakan atm

menggunakan atm via http://www.triplegematm.com

Di saat sangat membutuhkan sejumlah uang tunai, atm terdekat dengan jalur yang sedang dilewati biasanya menjadi pilihan banyak nasabah. Tak mengapa dan kemungkinan amannya lebih besar jika banyak pengguna atm yang sedang mengantri di mesin atm tersebut. Yang perlu kamu perhatikan justru gelagat orang–orang yang sedang mengantri.

Advertisement

Terkadang teman si pelaku berpura–pura bahwa ia juga tidak bisa menggunakan mesin atm di tempat tersebut. Lebih aman jika kamu mencari tempat mesin atm di tempat lain demi keamanan. Dan ada juga modus yang masih sering dilakukan seorang oknum dengan berpura–pura mengantri di luar ruang atm atau bersamaan menggunakan mesin atm lain di sampingmu. Ketika kamu lengah, ini bisa menjadi celah bagi si pelaku yang berusaha mengintip password ATM yang kamu miliki.

4. Rutin mengganti password ATM

mengganti password

mengganti password via http://www.sheppnews.com.au

Untuk menghindari kemungkinan rekening bank mu menjadi korban dari aksi skimming, rutin mengganti password atm adalah cara aman yang bisa kamu rutinkan setiap beberapa minggu atau beberapa 1 bulan sekali sesuai dengan keinginan ataupun kelonggaran waktu yang kamu miliki untuk melakukan pengurusannya di bank yang bersangkutan. Paling tidak ini adalah langkah preventif sebagaimana lebih aman memang jika sudah sedia payung sebelum hujan.

5. Curigalah ketika terasa janggal ketika memasukkan kartu ATM

mesin atm

mesin atm via http://abc7news.com

Hal janggal lainnya yang dijadikan modus oleh oknum pelaku skimming melalui mesin ATM adalah tidak lancarnya proses pemasukan kartu ATM-mu ke mesin ATM. Seakan kartu ATM tidak bisa masuk secara langsung dan sedikit tertahan, atau malah tidak bisa dimasukkan sama sekali ke mesin ATM.

Cara yang dilakukan si pelaku adalah menanamkan sebuah penahan di dalam sekitar lubang atm, dan di sisi lainnya juga ditanamkan juga alat skimming otomatis yang siap mencuri data pribadi dari kartu atm yang kamu gunakan.

6. Raba bagian pin pad dan sekitarnya

Maraknya kasus ATM yang masih sering terjadi, bukanlah situasi yang bisa dirasa aman untuk setiap kali melakukan transaksi atm yang berada di luar kantor cabang bank yang bersangkutan. Selalu ingat ketika akan melakukan transaksi di lokasi mesin atm tertentu, periksa dulu bagian – bagian yang rawan dipasangi kamera berukuran mikro.

Raba bagian cover pin pad pelindung tombol pin, jika ada sesuatu yang janggal ketika kamu menyentuhnya, segera dokumentasikan dan laporkan kepada pihak bank atau pihak kepolisian setempat. Lalu raba juga bagian atas layar dan bagian luar sisi samping kanan dan kiri layar yang juga rawan ditempeli kamera pengintai berukuran mikro.

7. Periksa panel tempat memasukkan kartu

Ada juga pelaku yang menggunakan sebuah panel dupilkat untuk menyamarkan fungsi panel asli yang digunakan untuk memasukkan kartu atm nasabah. Nasabah biasanya tidak akan menaruh curiga, dan langsung melakukan transaksi. Untuk mengantisipasinya, periksa kerekatan panel cover mulut atm.

Jika terasa agak longgar dan mudah digerakkan, segera dokumentasikan dan laporkan kepada pihak bank yang bersangkutan atau kantor kepolisian terdekat agar segera dilakukan tindak lanjut dan menghindarkan nasabah lain untuk menjadi korban selanjutnya dari alat skimmer yang dipasang si pelaku.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya