Merdeka! Merdeka! Merdeka! Teriakan penuh semangat yang hari ini selalu buncah di setiap cakrawala Indonesia. Mendebarkan jantung, mendegubkan semangat yang lesu, dan membangkitkan ingatan tentang sejarah Indonesia di masa lampau. Banyak hal yang membuat kangen ketika bulan Agustus datang, tentunya berkaitan dengan hari kemerdekaan dong!

Berikut adalah hal-hal yang kamu rindukan di Hari Kemerdekaan. Yuk, kita lihat!

1. Bendera merah putih berkibar

Bulan Agustus nggak bisa lepas dari yang namanya memasang bendera merah putih dan umbul-umbul. Terpasang rapi dan kreatif di setiap kampung, kota, instansi pemerintah bahkan di batas negara Indonesia. Berkibar dengan gagah disetiap sudut wilayah Indonesia. Kalian jangan lupa lho guys pasang kedua benda ini. Wajib hukumnya!

2. Tirakatan atau tahlilan

Advertisement

Di beberapa tempat di Indonesia penyebutan malam 17-an berbeda-beda lho guys. Di Yogyakarta sendiri namanya tirakatan, dan beberapa tempat lain namanya tahlilan. Di tempat kalian, namanya apa nih? Kegiatan yang dilakukan di malam 17-an ini adalah menceritakan kisah-kisah pahlawan melawan penjajah, doa dan makan-makan bersama. Nggak tanggungg-tanggung lho, sekampung berkumpul saling bahu-membahu. Jadi, nggak salah kan dong bangsa kita gotong-royongnya masih kerasa banget.

3. Karnaval

Karnaval

Karnaval via http://lintas24.com

Satu kegiatan ini selalu ditunggu-tunggu lho guys. Kegiatan yang menampilkan berbagai macam atraksi dan kesenian long march. Bahkan, long march yang dilakukan sampai 5 km ada yang jalan kaki juga lho. Bapak-bapak, Ibu-ibu, tua dan muda tumpah di jalan untuk melihatnya.

4. Lomba baris berbaris

Baris berbaris

Baris berbaris via https://babel2.kemenag.go.id

Nah, nggak afdol dong kalau ada karnaval nggak ada lomba baris berbarisnya. Biasanya yang lomba baris berbaris nggak cuma anak-anak muda yang sekolah lho tetapi juga Ibu-Ibu PKK. Nggak kebayang kan betapa riuhnya kegiatan satu ini. Latihannya nggak tanggung-tanggung, sebulan penuh. Tentu peluh dan keringat terbayar dengan kesenangan dan teriakan semangat dari penonton.

5. Pasar malam

Advertisement

Siangnya karnaval, maka malamnya pasar malam. Pasar malam yang menjajakan makanan murah meriah, tentunya nggak membuat kantong menjerit-jerit. Bisa cuci mata juga lho. Banyak hiburan yang ditawarkan, mulai dari bianglala atau bahkan kereta kelinci. Banyak hiburan masyarakat yang ditawarkan, so jangan ketinggalan ya! Hanya ada di bulan Agustus lho.

6. Panjat pinang

Panjat Pinang

Panjat Pinang via https://news.okezone.com

Lomba satu ini yang paling ditunggu-tunggu. Ternyata guys, lomba ini sudah ada sejak kolonial Belanda lho. Nggak kebayang kan berapa kali lomba ini diadakan. Lomba ini cocok banget buat menguji kekompakan tim atau pertemanan kalian lho. Nggak mudah lho guys, untuk bisa naik ke atas dan meraih bendera merah putih, butuh perjuangan dan kesabaran yang lebih.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya