Mencintai Diri Sendiri dengan Positive Self-Talk, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

Positive self-talk, sebuah upaya untuk mencintai diri sendiri.

Self-talk adalah kegiatan berdialog dengan diri sendiri dan semua orang pasti pernah melakukannya. Self-talk ada dua macam, yakni self-talk yang negatif dan self-talk yang positif. Kebanyakan orang cenderung lebih mudah dan sering melakukan negative self-talk sehingga muncul perasaan-perasaan buruk dalam diri.

Beda lagi dengan positive self-talk, tidak mudah untuk dilakukan. Contohnya saja saat gagal, kita cenderung akan memaki diri dan bukan menenangkan diri sendiri. Positive self-talk perlu latihan dan dilakukan dengan rutin agar jadi kebiasaan. Ada sejumlah manfaat yang bisa kita dapat dari positive self-talk, lho! Berikut lima di antaranya.

Advertisement

1. Menghindari insecure demi meningkatkan kepercayaan diri

Photo by Caroline Veronez from Unsplash

Photo by Caroline Veronez from Unsplash via https://unsplash.com

Kayaknya nggak harus good looking, deh. Aku kelihatan menarik, kok, kalau berpenampilan rapi. Aku juga nggak harus unggul dari fisik, aku bisa berprestasi atau setidaknya jadi orang baik.

Ucapkan kalimat tersebut kepada diri sendiri ketika kamu merasa insecure soal fisikmu. Semua orang pasti pernah mengalami insecure. Nggak cuma soal fisik, semua hal yang dirasa sebuah kekurangan bisa jadi bahan insecure. Artinya kamu nggak sendiri, setiap orang pernah mengalaminya, kok!

Advertisement

Kamu bisa menghindari insecure dengan melakukan positive self-talk di depan kaca atau ucapkan saja di dalam hati, dengarkan oleh batin dan resapi maknanya. Hal tersebut bisa meningkatkan kepercayaan diri. Misalnya ketika kamu akan melakukan interview kerja, maka katakan kepada dirimu sendiri bahwa kamu pasti bisa dan setidaknya akan mencoba.

2. Penuh motivasi untuk lebih menghargai diri sendiri

Photo by Jackson David from Unsplash

Photo by Jackson David from Unsplash via https://unsplash.com

Banyak motivasi yang bisa kita kutip dari berbagai buku, film, lagu, atau celotehan tokoh-tokoh terkenal. Namun, tanpa dorongan motivasi dari diri sendiri, semua itu tidak akan ada artinya. Positif self-talk bisa jadi motivasi pribadi agar kamu lebih menghargai diri sendiri.

Kamu sudah berusaha melakukan yang terbaik, tapi masih gagal. Katakan kepada diri sendiri bahwa sebuah upaya saja membutuhkan keberanian dan itu susah bagus meskipun hasilnya belum tampak. Maafkan diri sendiri yang belum bisa sukses, berikan jeda, istirahat, dan hargai usaha kerasmu. Kalau sudah berhasil, katakan, Dengan kerja kerasku, aku memang pantas pendapatan hal tersebut.

Advertisement

3. Tertanam optimisme yang besar sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup

Photo by Zac Durant via from Unsplash

Photo by Zac Durant via from Unsplash via https://unsplash.com

Positive selftalk juga merupakan uapaya agar lebih optimis dalam menjalani kehidupan yang berat. Optimis ketika kamu gagal, optimis ketika semua hal terasa tidak mungkin, optimis ketika jalan yang kamu lalui sangat sulit, optimis bahwa kamu pasti bisa melalui itu semua.

Lakukan dialog positif dengan diri sendiri untuk menanamkan optimisme yang besar. Dibanding berekspektasi tinggi, lebih baik optimis saja pada usahamu. Sebab, optimis ialah ketika kamu mampu memanfaatkan peluang dan yakin setiap usaha pasti memiliki hasil. Mungkin hasilnya nggak terlihat sekarang, tapi kapan pun pasti akan kamu rasakan.

4. 4. Meredam emosi agar bisa bersikap tenang ketika menghadapi masalah

Photo by Ben White via from Unsplash

Photo by Ben White via from Unsplash via https://unsplash.com

Aku bodoh banget, sih. Tampil membaca puisi kayak orang linglung begitu, katamu kepada diri sendiri. Kemudian kamu membenci dirimu dan mulai marah-marah nggak jelas. Bahkan, kamu tersulut emosi dan tersinggung ketika diajak bicara oleh orang lain.

Itu merupakan negative selftalk, yang harusnya dihindari. Sebaliknya, katakan, Ah, yang penting aku sudah berusaha semampuku. Di kesempatan selanjutnya, aku akan belajar untuk tampil lebih baik. Hal tersebut akan menimbulkan perasaan tenang. Lama-lama kamu nggak akan lagi emosi ketika dihadapkan pada situasi apapun.

5. 5. Berpikir berbeda, mengubah pandangan negatif menjadi positif

Photo by Allef Vinicius from Unsplash

Photo by Allef Vinicius from Unsplash via https://unsplash.com

Lakukan positive self-talk setiap hari dalam situasi apapun supaya jadi kebiasaan. Masih dilansir dari laman Healthline, penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering melakukan positive self-talk akan memiliki pemikiran yang berbeda ke arah positif.

Setiap kali kamu berpikir, Aku belum pernah melakukan ini, pasti hasilnya buruk. Aku nggak akan berhasil. Ubah menjadi, Ini merupakan kesempatan besarku untuk belajar. Pokoknya ini akan menjadi awal perjalananku dibidang tersebut.

Mental yang sehat harus dimulai dari mencintai diri sendiri. Maafkan diri ketika gagal dan beri reward ketika berhasil. Positive self-talk bisa jadi langkah pertammu untuk lebih mencintai diri sendiri.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind (Tyler Joseph)

CLOSE