Pernahkah Anda merasa tertekan dan merasa bahwa Anda berada di titik terbawah dalam hidup Anda ? Entah karena masalah pekerjaan, keluarga ataupun kehidupan sosial. Apa yang Anda rasakan ketika berada di titik terbawah ? Apakah tertekan? Depresi? atau terpuruk? Hal tersebut adalah wajar mengingat apa yang Anda alami dan sesuatu yang telah terjadi. Tapi pernahkah Anda berpikir bagaimana menyikapinya ? Berikut adalah renungan untuk meredakan stress dan tertekan.

 

 

1. Stress adalah pilihan

It’s always the choice. via http://img.medscape.com

Hidup penuh dengan pilihan begitupula dengan stress. Anda bisa bebas memilih apakah anda ingin merasakan stress atau tidak. Why choose to be miserable when you can be happy or when you can move on with life? Seberat apapun masalah Anda sehingga Anda terpuruk berusahalah agar tidak terlarut dalam masalah tersebut. Semua masalah pasti berlalu karena semua masalah tidak bersifat permanen tetapi temporer. Masalahnya adalah mindset Anda yang perlu dirubah mengapa Anda memilih untuk menjadi stress ketika Anda dapat move on atau get on with your life. So , keep it in mind. Semuanya merupakan pikiran Anda.

2. Like you have all problems in the world

Coba pikirkan masih banyak orang diluar sana yang memiliki kesukaran yang banyak tetapi masih bisa menjalani hidup dengan normal. Mengapa berbeda dengan Anda ? Mengapa Anda tidak bisa seperti mereka ? Mereka yang memiliki kesukaran menjalani hidup yang ada tanpa memikirkan kesukaran tersebut dan menjalaninya dengan kondisi yang ada. Mengapa Anda begitu stress seakan-akan Anda memiliki seluruh permasalahan di dunia. Coba pikirkan kembali.

3. Be strong

Advertisement

Be strong 🙂 via http://previews.123rf.com

Ketika Anda berada di situasi tersulit atau terbawah dalam hidup Anda, Anda harus berusaha kuat karena dengan melewati situasi ini Anda akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Jangan menjadi lembek. Hanya karena Anda berada di titik terbawah kemudian Anda semakin terpuruk. Pikirkanlah apakah Anda ingin menjadi orang yang kuat atau lemah ? Pikirkan juga apakah Anda ingin dikenal sebagai orang yang tegar, tabah, kuat setelah masalah atau orang yang lembek dan mudah terpuruk ?

4. All the problems in the world can be solved

solution for every problems. via http://www.itrica.com

Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa semua permasalahan di dunia memiliki solusi. Kemungkinan besar Anda merasa stress dan terpuruk karena Anda merasa permasalahan tersebut begitu rumit dan tidak ada solusinya. Coba tarik nafas dan pikirkan solusinya dengan cara lain. Dengan berpikir lebih sederhana Anda akan dapat menemukan solusinya. Itulah kekuatan pikiran. Anda tidak akan mempercayainya.

5. Abaikan kata orang

what people say ? none of your business. via http://yogaleks.com

Apabila sedang merasa terpuruk, biasanya banyak pikiran yang aneh-aneh akan muncul seperti apa yang dikatakan orang tentang diri Anda. Sebaiknya Anda tidak perlu terlalu memikirkan apa yang dikatakan orang. Seperti kata pepatah bahwa Anda tidak bisa memuaskan keinginan semua orang. Sebaiknya jangan terlalu peduli dengan perkataan semua orang. Memang beberapa dari perkataan mereka mungkin ada benarnya tetapi kembali pada Anda jika Anda terlalu memikirkan semua perkataan orang maka Anda akan semakin terpuruk dan tertekan. Pilihlah apa yang baik dan yang tidak toh Anda sudah dewasa.