Alat musik melodis adalah alat musik yang sering digunakan oleh beberapa orang, karena dipercaya dengan mendengarkan alat musik ini bisa menghilangkan stres di otak anda. Alat musik melodis adalah alat musik yang memiliki fungsi sebagai pengiring suatu lantunan lagu. Selain sebagai pengiring, alat musik melodis biasanya berfungsi sebagai pengatur nada dalam sebuah lagu. Melihat betapa pentingnya alat musik melodis, ternyata Indonesia memiliki berbagai jenis alat musik melodis tradisional dari berbagai daerah. Untuk mengetahui lebih mendalam tentang alat musik melodis berikut beberapa contoh alat musik melodis tradisional Indonesia beserta penjelasannya.

1. Angklung, alat musik tradisional dari Jawa Barat

Alat Musik Angklung

Alat Musik Angklung via https://pixabay.com

Angklung adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat, alat musik ini sudah cukup dikenal oleh masyrakat Indonesia maupun manca negara, karena memang alat musik ini sering dimainkan pada acara-acara besar di tingkat nasional maupun internasional. Angklung adalah alat musik melodis, hal tersebut bisa didengar ketika dimainkan dapat menghasilkan tangga nada 'do, re, mi, fa, sol, la si, dan do'. Sesuai dengan fungsinya sebagai alat musik melodis maka membutuhkan alat musik lain sebagai pengiring dalam pertunjukan musik seperti gendang dan suling agar musik yang dihasilkan semakin berwarna.

2. Calung, tak kalah terkenal dengan angklung

Alat Musik Calung

Alat Musik Calung via https://budayajawa.id

Advertisement

Masih dari Jawa Barat, alat musik Calung juga tidak kalah terkenal dari alat musik angklung, berbeda dengan angklung yang cara memainkannya di goncangkan atau digetarkan, Calung cara memainkannya yaitu dengan dipukul. Calung termasuk ke dalam alat musik melodis karena memiliki tangga nada yang lengkap. Sama seperti angklung jika dalam suatu pertunjukan musik Calung juga dibersamai dengan alat musik lainnya seperti gendang dan suling.

3. Alat musik yang bentuknya seperti mangkuk, Bonang

Alat Musik Bonang

Alat Musik Bonang via http://collections.nmmusd.org

Bonang memiliki bentuk seperti mangkuk namun pada bagian tengahnya terdapat tonjolan yang berbentuk bundar, alat musik ini adalah alat musik melodis yang cara memainkannya dengan dipukul. Bahan baku pembuat Bonang adalah perunggu atau kuningan. Biasanya Bonang dimainkan dalam sebuah ansambel musik yang memiliki fungsi sebagai penuntun dan pembawa melodi pokok sehingga mampu mengatasi pola nada yang akan datang.

4. Petikan indah dari alat musik kecapi

Alat Musik Kecapi

Alat Musik Kecapi via https://www.romadecade.org

Siapa yang tidak mengenal alat musik satu ini? Pasti hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal alat musik Kecapi, sebagai penghargaan peninggalan leluhur kita alat musik ini pernah dijadikan sebagai gambar dimata uang rupiah Indonesia. Kecapi merupakan alat musik melodis yang cara memainkannya yaitu dengan cara dipetik pada bagian dawainnya atau senar, namun untuk cara memainkannya membutuhkan teknik khusus sehingga menghasilkan suara yang Indah.

5. Kolintang, alat musik melodis yang terbuat dari bilah-bilah kayu

Alat Musik Kolintang

Alat Musik Kolintang via https://www.indonesiakaya.com

Advertisement

Kolintang adalah adalah alat musik melodis yang terbuat dari bilah-bilah kayu yang dibentuk persegi panjang dan memiliki ukuran yang berbeda. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipukul menggunkan kayu yang pada bagian ujungnya dilapisi oleh kain atau karet. Alat musik ini biasanya dimainkan pada pagelaran musik daerah karena memiliki suara yang unik alat musik ini sering dipakai diberbagai daerah di Indonesia dalam berbagai hiburan maupun upacara adat tertentu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya