Orientasi seksual sudah mulai dibahas di berbagai media, dari televisi, koran hingga media online. Pembahasannya pun selalu menarik untuk disimak karena selain menambah wawasan, mengenal lebih jauh soal orientasi seksual adalah salah satu cara mengenal diri kita lebih dalam. Mau nggak mau, dari sini kamu akan paham siapa dan untuk apa kamu diciptakan di dunia ini.

Untuk itu, yuk simak mengenai jenis-jenis orientasi seksual dan kamu pun bisa mengenalnya lebih jauh bersama Hipwee Community!

1. Heteroseksual

Heteroseksual atau biasa dikenal juga dengan sebutan Straight, adalah orientasi seksual paling umum dan termasuk mayoritas di dunia, yaitu ketika laki-laki mencintai perempuan dan sebaliknya, perempuan mencintai laki-laki.

2. Homoseksual

Pasangan Gay

Pasangan Gay via http://latimes.com

Orientasi seksual ini masih menjadi perdebatan hingga saat ini, dari penyebab, penerimaan masyarakat hingga permasalahan krusial lainnya. Orientasi seksual ini terbagi menjadi beberapa kelompok yang disebut LGBTQ, mari kita pahami satu per satu:


  • Lesbian Seorang wanita yang mencintai wanita, ada yang berperan sebagai Butch (Dominan/Seperti Laki-laki) dan juga Femme (Sebagai Wanita).

  • Gay Seorang laki-laki yang mencintai laki-laki, seperti halnya Lesbian, ada peran sebagai Top (Dominan) dan juga Bot (Sebagai Wanita).

  • Biseksual Perihal satu ini akan di bahas tersendiri di bawah nanti.

  • Transgender Kelompok ini adalah orang-orang (laki-laki ataupun perempuan) yang mengubah tampilannya seperti lawan jenis, semisal laki-laki yang mengubah tampilan fisik maupun penampilannya menjadi seperti perempuan, bahkan sampai ada yang operasi plastik hingga operasi kelamin.

  • Queer Kelompok ini merasa bahwa dirinya bukan termasuk laki-laki atau perempuan, dia merasa dirinya tidak cocok masuk ke dalam kelompok manapun di atas (LGBT).

Masih banyak orang yang tidak memahami betul kelompok minoritas ini, sehingga banyak cacian maki hingga penolakan di berbagai masyarakat di seluruh dunia. Akibatnya terjadi berbagai masalah seperti bunuh diri, pelecehan seksual, bullying hingga tindak kriminal terjadi karena tidak pahamnya kita terhadap orientasi seksual satu ini. Bagaimana menurutmu?

3. Biseksual

Biseksual

Biseksual via http://nytimes.com

Seseorang yang mencintai keduanya, laki-laki maupun perempuan. Menurut opini penulis, ini adalah salah satu kelompok yang 'bingung' untuk menentukan pilihannya. Mereka kelompok yang bisa nyaman dengan keduanya, namun mereka tidak mau disebut sebagai Gay atau Lesbian. Apakah kamu (laki-laki) pernah melakukan aktivitas seksual bersama temanmu?

Namun bukan berarti kamu Gay ya, karena kamu masih mencintai perempuan. Atau kamu (perempuan) yang memiliki seorang sahabat perempuan juga yang sangat dekat sekali, dari sekedar curhat, makan sepiring atau bahkan mandi bersama namun kamu juga memiliki seorang pacar laki-laki.

4. Aseksual

Aseksual, yaitu orang-orang yang kurang tertarik dengan aktivitas seksual. Mmh, tapi bukan berarti mereka tidak pernah terangsang atau melakukan aktivitas seksual, yaa mereka mungkin pernah mengalami mimpi basah, tapi mereka tidak tertarik dengan semua itu.

5. Panseksual

Seseorang yang tertarik kepada semuanya, tanpa memandang gender atau orientasi seksualnya. Semisal kamu laki-laki tertarik kepada seorang waria (transgender), namun di lain hari kamu tertarik kepada seorang perempuan atau malah pada seorang lesbian.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya