Kali ini kita akan membahas sedikit tentang kepribadian individu yang biasa kamu temui pada tempat kerja kamu, dan bagaimana kamu harus menghadapi mereka dengan berbagai jenis kepribadian mereka. Untuk mereka yang bekerja disebuah lingkungan perkantoran pasti sering kali bertemu berbagai macam sifat dan jenis teman-teman sekantor mereka yang berbeda. Ada yang cocok satu sama lain tapi ada juga yang tidak cocok antara satu dengan yang lainnya, bahkan biasanya pertikaian atau perbedaan pendapat pun tidak dapat dielakkan.

Semua tergantung pada individu masing-masing dalam menentukan posisi kalian sendiri, dan bagaimana menyikapi sikap teman-teman lain yang berada di lingkungan perkantoran kita. Yuk kita coba lihat macam-macam teman sekantor kamu, dan juga melihat kamu termasuk pada tipe-tipe teman sekantor yang mana.

1. Pekerja Keras

Selalu datang lebih awal, hadir disetiap saat bos dibutuhkan, dan seringkali lembur untuk melakukan kerjaannya, itu biasa dilakukan si Workaholic, untuk mereka pekerjaan adalah sesuatu yang paling di minatinya. Kebiasaan sang workaholic yang sering melakukan banyak pekerjaan membuat mereka menjadi multi-tasking.

Advertisement

Tipe yang seperti ini biasanya paling disukai dengan atasannya, namun kurang mudah bergaul dengan rekan-rekan sekantornya, dan biasanya tipikal orang seperti ini sangat perfeksionis, karena mereka selalu ingin terlihat sempurna di mata atasan mereka.

2. Anak Emas

The Golden Boy

The Golden Boy via http://francishelen.com

Kamu sering melakukan kesalahan berulang kali, tapi tidak pernah mendapatkan hukuman untuk kesalahanmu dari atasan? Mungkin kamu adalah Si Anak Emas, biasanya tipe yang ini paling sering dekat dengan atasannya. Entah secara sengaja atau ketidaksengajaan, tapi mereka bisa mendapatkan hati atasan mereka dengan mudah.

Untuk tipe yang ini kadang sebagian teman sekantor masih menyukainya, tapi untuk beberapa yang lain mungkin akan terlihat menyebalkan, karena Si Anak Emas memiliki privilige khusus di kantor kadang suka membuat iri dari teman sekantor lainnya.

Advertisement

3. Kreatif

The Creative One

The Creative One via http://quickreadbuzz.com

Sering memecahkan masalah yang sering terjadi dikantor? Atau kadang suka memberikan ide-ide brilian untuk atasan di saat genting dan terdesak. Si Creative bisa menyelesaikan semua masalah yang ada dikantor dalam waktu sekejap.

Bahkan ide yang dia keluarkan biasanya selalu membantu atasan keluar dari masalah, tidak tertutup kemungkinan yang seperti ini selalu di sayang Atasan karena sering membantu mereka keluar dari masalah lho, dan kebiasaan mereka berekspresi dan mengeluarkan pendapat pun membuat banyak orang yang menyukai sifatnya. Walaupun ada juga si yang benci dengan gaya sok tahunya.

4. Paling Mengikuti Perkembangan Zaman

Ada berita perselingkuhan tentang Artis? Kenaikan bahan bakar? Atau bahkan sampai diskon barang branded yang terkenal disalah satu pusat perbelanjaan? Mengetahui segala sesuatu yang sedang happening adalah keahlian kamu.

Sebagai pusat informasi kamu dapat membuat teman-teman sekantor kamu yang kudet mengetahui tempat makan yang lagi hits juga, mungkin kalau ada teman yang begini kamu jadi lebih sering makan keluar pada saat istirahat kantor, atau sekedar browsing untuk mencari kebenaran tentang apa yang mereka ceritakan.

5. Tukang Gosip

The Gossip Guy

The Gossip Guy via https://www.forbes.com

Hampir disetiap kantor mempunyai 'Tukang Gosip', menceritakan keburukan teman sekantor atau bahkan mengeluarkan kabar burung yang biasa mereka buat walaupun kejelasan cerita yang mereka keluarkan belum jelas.

Tidak akan menjadi masalah apabila sesuatu yang diceritakan telah menjadi keberan atau fakta, karena dapat membantu teman kamu mengetahui kabar burung dikantor juga. (hehe.. karena semua orang juga pasti suka menggosip.RED)

Yang jelas, kalau diantara kalian memang ada tipikal penggosip, kalau bisa kurang-kurangi ya kan nggak baik kalau menyebarkan kabar yang belum jelas kenyataannya, nanti malah hanya akan menambah pikiran seseorang.

6. Pengacau

The Trouble Maker

The Trouble Maker via http://www.gizmodo.co.uk

Tipe pengacau seperti ini biasanya tidak menyukai pekerjaan yang selama ini ia kerjakan, biasanya yang memperparah keadaannya adalah mengacau di tempat kantornya. Dengan menyebarkan virus-virus yang tidak menyenangkan atas kantornya.

Seperti contohnya, jika ada karyawan kantor yang baru masuk kedalam lingkungan kantor mereka biasanya selalu menyebarkan keburukan tentang kantornya, dan jelas tentunya membawa performa kantor menurun karena membuat karyawan kantor baru tidak menyukai pekerjaannya.

7. Pendiam

The Silent One

The Silent One via https://blog.commlabindia.com

Si Pendiam memang selalu ada dikantor, entah kenapa mereka selalu lebih memilih untuk makan siang sendiri atau bahkan pulang dan pergi ke kantor sendiri, tipe pendiam seperti ini biasanya tidak begitu banyak dikenali di kantor bahkan keberadaannya kadang tidak dihiraukan di kantor.

Kalau kamu termasuk tipe pendiam, ayo mulai coba menyapa teman sekantor kamu, dan mengenal mereka lebih jauh. Toh tidak ada kerugian juga kan mengenal teman-teman kantor kamu.

8. Pembawa Keceriaan Kantor

The Cheerful One

The Cheerful One via https://advancesystems.ie

Tipe ini selalu yang paling banyak disukai dikantor, mereka yang biasa selalu membawakan keceriaan selalu membuat suasana kantor tidak membosankan. Menurut mereka mungkin kantor seperti rumah kedua mereka, dan kondisi lingkungan teman-teman yang ada dikantor sudah membuat mereka merasa nyaman.

Tapi jangan salah, terkadang mereka yang selalu membawa keceriaan di kantor terkadang malah mereka yang biasanya selalu kesepian, atau bahkan tertekan di lingkungan mereka di luar kantor.

Di luar dari yang saya sebutkan diatas tentunya masih banyak lagi hal lainnya yang kalian akan temui di kantor kalian, untuk kalian yang baru memasuki dunia perkantoran mungkin ada baiknya mengenal teman-teman kalian yang baru kalian kenal. Supaya kalian dapat membentuk suasana lingkungan kantor yang menyenangkan untuk kantor kalian.

Jadi setelah kalian baca artikel diatas, kalian termasuk tipe yang mana?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya