Zaman sekarang ini, semakin banyak kita temui wanita-wanita muslim yang modern. Selain menjadi muslim yang modern, kita juga harus menjadi muslim yang istiqomah. Nah, kamu tau nggak sih apa itu istiqomah? istiqomah adalah berpendirian tetap atau pendirian teguh.  Untuk istiqamah di era milenial ini bukanlah hal yang mudah bukan? Karena, banyak sekali tantangan dan ujian yang akan kamu hadapi. Namun, dengan adanya niat yang sungguh-sungguh, insyaallah  istiqomah akan menjadi hal mudah untuk kita generasi sekarang.

Banyak nih tips dan trik untuk tetap istiqomah di zaman milenial tanpa harus membatasi diri untuk bergaul dengan lingkungan yang serba modern. Begitu indah dan bahagia rasanya di zaman milenial ini kalau kita masih bisa istiqomah. Namun juga masih bisa menjadi remaja milenial yang kreatif dan masih bisa berkiprah sesuai era modern. Gimana sih cara yang paling mudah untuk istiqamah? Bisa nggak ya istiqomahnya? Yuk coba tips jitu ini!

1. Dekatkan diri kepada sang pencipta

cara mendekatkan diri kepada Allah swt

cara mendekatkan diri kepada Allah swt via http://www.google.com

Aktivitas kita remaja milenial ini pasti banyak, dalam akademisi, rumah, pengajian dan berbagai hal lain. Nah, pastikan Pekerjaan kalian diniatkan karena Allah. Selain itu, perbaiki hubungan dengan Allah, sisihkan waktu yang istimewa untuk berkomunikasi dengan Allah. Misalnya, tahajud di sepertiga malam, perbanyaklah tilawah, dan hal-hal kecil lainnya. Apa sih hal kecilnya? Asalkan allah suka dan jadi ibadah, lakukanlah tanpa pamrih.

2. Perbaiki niat

manfaat berzikir

manfaat berzikir via https://www.google.com

Advertisement

Segala sesuatu yang ingin kita lakukan pasti disertai dengan niat. Perbaiki niat kita insya allah kita akan konsisten. Karena, jika kita hanya punya keinginan tapi enggak punya niat yang kuat, usaha kita hanya sia-sia, kita enggak akan pernah konsisten terhadap sesuatu kalau kita enggak ada niat yang kuat.

3. Jaga lisan

Salah satu senjata manusia adalah dengan lisannya, Lisan sangat berbahaya, semua pasti pernah denger kalau lidahmu harimaumu. Dalam kehidupan kita apalagi dijaman sekarang lagi ngetren-ngetrennya posting foto, curhat distatus, untuk kamu yang mau istiqomah, tanggapi dengan bijak apa yang kalian lihat dan jangan mudah ngejudge orang lain tanpa memahami keadaan yang sebenarnya.

4. Jangan lupa bersyukur!

Photo by Mustafa ezz from Pexels

Photo by Mustafa ezz from Pexels via https://www.pexels.com

Bersyukurlah dengan hasil yang telah kamu capai, baik itu sesuai dengan keinginan kita atau masih kurang dengan keinginan kita. Ingat! Mungkin usaha kita masih kurang. Kita mungkin merasa usaha kita sudah penuh, kita belum sadar aja kalau kita masih punya 1000 cara untuk berhasil.

5. Memilih teman

Photo by walking photographer from Pexels

Photo by walking photographer from Pexels via https://www.pexels.com

Advertisement

Memilih teman bukan berarti membatasi berteman ya. Memilih teman yang dimaksud itu adalah teman yang selalu mengingatkan ketika kita lupa. Bahkan, membangkitkan kita ketika kita berada dititik menyerah (paling lemah). karena, teman sangat mempengaruhi diri kita dan ialah sosok orang yang dekat dengan kita selain orang tua.

6. Bijaklah menggunakan media sosial

Photo by Tracy Le Blanc from Pexels

Photo by Tracy Le Blanc from Pexels via https://www.pexels.com

Di zaman yang serba mudah ini kita harus pandai memilah dan memilih apa yang bisa kita pakai untuk kehidupan kita dan apa yang tidak bisa kita gunakan untuk kehidupan kita. Carilah yang kalian rasa bisa Menguatkan kalian. Kita bisa lho gunain gadget kita sebagai media dakwah kita atau media untuk berbagi ilmu atau pengetahuan, tidak semata- mata gedget itu digunakan untuk hal yang tidak bermanfaat. Banyak lho media-media yang bisa kita gunakan untuk membuat kita lebih dekat dengan Allah.

Update status boleh tapi update dulu status kita kepada allah. Karena, cuma Allahlah yang memberikan ketenangan. Ingatlah, kita masih punya Allah. Jangan juga berdoa lewat status, pastikan wajah kita menghadap Allah, jangan mengahadap layar.

Sekian dulu yah. Semoga bermanfaat .

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya