5 Mindset ini Akan Membawamu Untuk Menjalani Kehidupan Terbaik

Ingatlah apapun yang terjadi padamu setelah kerja keras, adalah hal yang terbaik yang akan terjadi padamu.

Mungkin kamu pernah dengar atau bahkan percaya, jika semuanya berawal dari pemikiran? Pemikiran kita untuk positif kepada suatu hal atau sebaliknya. Pemikiran kita untuk tidak menyerah atau menyerah saja. Itulah yang menjadikan mindset sangat mempengaruhi hidup kita. Berikut rangkuman mindset yang akan membawa kamu untuk menjalani hidup tapi dengan versi terbaikmu. Tertarik?

Advertisement

1. Mindset untuk percaya pada dirimu

Photo on Pexels

Photo on Pexels via https://images.pexels.com

Terdengar mudah dan sederhana, memang. Tapi mindset 'believe in yourself' itu memberikan kekuatan terbesar bagi dirimu untuk melanjutkan kehidupanmu. Dalam proses pendewasaan, kamu akan mengalami banyak perubahan yang mungkin saja tidak pernah kamu bayangkan sebelumnnya. 

Kamu akan dikecewakan, ditinggalkan, gagal, diremehkan, dan mendapatkan kenyataan-kenyataan pahit lainnya. Jika mindset 'believe in yourself' ini sudah tertanam pada dirimu, semua transisi yang terjadi dalam proses pendewasaanmu akan terasa lebih ringan. Kok bisa? Itu karena kamu percaya pada dirimu. Percaya pada kemampuanmu, bukan percaya pada perkataan orang lain.

Advertisement

2. Mindset untuk memegang tanggung jawab dengan kehidupan

Photo on Pexels

Photo on Pexels via https://images.pexels.com

Mulailah belajar untuk berhenti menyalahkan orang lain dengan masalah yang sedang kamu hadapi. Berhenti berpikir jika semua 'kekacauan' itu terjadi karena adanya faktor eksternal. Mindset ini sangat penting kamu terapkan, karena kamu adalah satu-satunya pemegang kendali yang utuh untuk hidupmu. Semua keputusan dan tanggung jawab juga adalah milikimu. Jadi fokuslah pada sesuatu yang bisa kamu kendalikan, dimana kamu bisa memilih tindakan terbaik sebelum bertindak.

3. Mindset untuk mau berkembang

Photo on Pexels

Photo on Pexels via https://images.pexels.com

Jika kamu menerapkan mindset untuk mau berkembang, kamu bisa lebih menikmati tantangan, terlepas dari risikonya. Karena biasanya, kamu akan lebih menghargai pembelajaran dan perkembangan. Mengembangkan mindset mau berkembang juga dapat berkontribusi pada kehidupan yang lebih bermakna, karena rentang pengalaman yang tercakup dalam kehidupan semacam itu akan membuatmu terus belajar.

Menurut Tchiki Davis, Ph.D. yang dilansir dari Psychology Today, ada banyak jenis pola pikir. Ada yang bisa membantu kamu, tapi tak sedikit pula yang menghancurkan kamu. Dan mindset mau berkembang adalah sebuah pola pikir yang akan sangat membantu kamu.

Advertisement

4. Lakukanlah hal yang selaras dengan apa yang membuatmu bahagia

Photo on Pexels

Photo on Pexels via https://images.pexels.com

Bagaimana kamu mengharapkan untuk menjalani hidup terbaikmu, jika kamu melakukan hal yang tidak selaras dengan apa yang membuat kamu bahagia? Dengan mindset ini, kamu akan terus mengeksplorasi diri sendiri, membuat kamu mempelajari apa yang kamu inginkan dalam hidup, dan juga menjelajahi banyak hal.

Karena bagaimana kamu bisa tahu apa yang membuatmu bahagia jika kamu tidak mencoba banyak hal? Carilah minat dari dirimu, karena tidak semua orang menyadari minat mereka dari awal. Mungkin dirimu membutuhkan waktu untuk menemukan itu, tapi itu bukanlah sesuatu masalah.

5. Mindset untuk percaya pada waktu dan rencana Tuhan

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Kamu pasti sedih, kesal, atau mungkin marah, jika rencana yang sudah kamu susun sedemikan rupa nyatanya tidak berjalan sesuai dengan harapan kamu. Tapi coba deh kamu terapkan mindset “Tuhan punya rencananya tersendiri. Semua akan indah pada waktunya.” Dengan begitu, kamu pasti akan lebih menghargai proses dibalik itu semua daripada hanya berfokus pada hasil akhirnya. Kamu akan fokus untuk melakukan yang terbaik disetiap kesempatan, bukannya terburu-buru ingin sampai garis akhir.

Ingatlah apapun yang terjadi padamu setelah kerja keras, adalah hal yang terbaik yang akan terjadi padamu. Sesuatu yang lebih baik mungkin sedang dipersiapkan Tuhan, karena semuanya akan berakhir baik di akhir, jika belum baik berarti itu bukanlah akhir.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Undergraduate Communication Student

CLOSE