Di zaman yang serba canggih dan hanya dalam satu genggaman saja kita bisa melihat dunia, namun masih ada saja yang bertahan dengan kebiasaan kebiasaan yang tradisional dan memakai barang-barang yang lama, salah satunya adalah buku fisk. Padahal sekarang sudah banyak ebook yang gratis dan bisa langsung kita baca di ponsel tanpa harus pergi ke toko dan membelinya, hanya bermodalkan kuota saja untuk membacanya. Jadi mengapa buku fisik masih diminati oleh beberapa orang? Ini adalah beberapa kelebihan buku fisik ketimbang ebook:

1. Membaca buku fisik menjadikan kita mudah untuk fokus

Buku fisik menambah fokus dalam membaca

Buku fisik menambah fokus dalam membaca via https://unsplash.com

Dalam membaca buku fisik kita lebih fokus pada satu tujuan yaitu membaca dan mengerti alur cerita yang kita baca. Itu yang membuat kita untuk bisa fokus secara lebih, ketimbang dengan ebook yang saat kita membaca terkadang ada notifikasi yang masuk atau malahan kita membuka aplikasi yang lain, yang lebih menggoda sehingga fokus kita hilang.

2. Bau kertas buku yang menenangkan

Bau kertas buku

Bau kertas buku via https://unsplash.com

Advertisement

Bagi pecinta buku, ini adalah nikmatnya membeli buku fisik, juga ketika kita punya buku lama, kita juga bisa merasakan aroma kertas dari buku lama yang tidak bisa tergambarkan. Bagi yang gemar membaca buku pasti mengerti mengapa menyukai aroma kertas buku. Penyuka aroma buku juga disebut sebagai bibliosmia. Kata ini berasal dari bahasa Yunani yang artinya aroma buku

3. Mata kita tidak cepat lelah

Mata tidak cepat lelah kalau kita membaca buku fisik

Mata tidak cepat lelah kalau kita membaca buku fisik via https://unsplash.com

Menatap layar ponsel berlama-lama membuat mata kita lelah dan membuat konsentrasi kita berkurang hingga akhirnya malas untuk membaca dan malas melihat tulisan yang panjang. Berbeda dengan buku fisik yang membuat kita betah berlama-lama dengan buku karena tidak ada gangguan, sehingga kita bisa tetap fokus. Walau sekarang ada device seperti Kindle, namun harganya masih tergolong mahal bagi kebanyakan orang.

4. Bisa menjadi barang koleksi

Menjadi pengkoleksi

Menjadi pengkoleksi via https://unsplash.com

Bagi pecinta buku pastinya telah banyak membeli buku dan untuk dikoleksi atau hanya penasaran dari setiap partnya yang terus berlanjut hingga akhinrya menjadi koleksi. Lalu menjadi daya tarik tersendiri untuk terus membaca. Salah satu koleksi buku yang sering dikoleksi adalah komik.

5. Bisa menjadi barang untuk disumbangkan

Mudah dsiumbangkan

Mudah dsiumbangkan via https://unsplash.com

Advertisement

Selain untuk kita baca sendiri. Namun saat kita sudah selesai membacanya kita bisa manjadi pribadi yang baik, yaitu membagikan bacaan atau ilmu kepada orang lain. Salah satunya membagikan buku ke daerah-daerah dan setidaknya membantu literasi Indonesia untuk menjadi lebih baik lagi dalam minat baca masyarakat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya