Setiap orang termasuk aku dan kamu pasti ingin memiliki kehidupan yang bahagia. Meski banyak cara yang bisa membuat kita jadi bahagia, tapi percayalah punya banyak uang adalah kunci utamanya.

Uang memang tidak menjamin kebahagiaan, tapi hidup dengan perut kenyang jauh lebih baik daripada kelaparan sepanjang waktu karena tidak memiliki uang untuk mencukupi kebutuhan pangan.

Aku pribadi suka kalau punya banyak uang, entah kalau kamu. Meski terdengar arogan, namun jujur hatiku jauh lebih bahagia kalau di dompet ada banyak uang. Sampai akhirnya suatu hari aku memutuskan untuk mencari banyak cara demi mendapatkan uang lebih cepat dan lebih banyak. Jelas aku harus berusaha, kerja keras, jadi part timer, freelancer, hingga coba peruntungan membuka usaha sendiri.

 

Membuka usaha sendiri juga banyak jenisnya, mulai dari bisnis kuliner, busana, hingga bisnis tour and travel yang dipercaya menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan.

1. Aku Penasaran dengan Bisnis Tour and Travel

Ada apa dengan bisnis tour and travel?

Ada apa dengan bisnis tour and travel? via https://www.pexels.com

Kebutuhan manusia selalu mengalami perubahan seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi dan gaya hidup. Seringkali kulihat di instagram, banyak orang yang terpengaruh dengan foto liburan orang lain, hingga akhirnya membuat saya dan orang lain juga mengikuti jejaknya untuk berlibur di sebuah daerah.

Advertisement

Apalagi kini jumlah wistawan dari luar negeri ke Indonesia terus mengalami pengingkatan, seolah mengindikasikan bahwa traveling dan liburan akan menjadi kebutuhan bagi masyarakat di masa mendatang. Perjalanan bisnis yang membutuhkan pesawat sebagai transportasinya pun selalu diiringi dengan kebutuhan travel yang akan mengantarkan ke tempat tujuan. Peluang inilah yang seharusnya disadarii oleh individu yang ingin memiliki usahanya sendiri di bidang tour and travel. Namun, peluang ini akan menjadi sia-sia bila tidak dikelola dengan tepat.

Advertisement

Di sinilah peran penting sebuah panduan mengelola bisnis sangat dibutuhkan. Nah, rencananya aku mau bagi-bagi tips yang pernah kulakukan saat merintis usaha travelku. Lumayan sih sejak 3 bulan berdiri, aku sudah bisa dapat komisi minimal UMR kotaku lah, hehe.

FYI, aku nggak punya mobil sendiri buat menjalankan usaha ini. Tapi aku main jadi agen alias aku buka nama usaha sendiri, terus kupromosikan, tapi kalau ada yang pesan travel selalu kuberikan pada partner travelku yang memang sudah punya armada sendiri. Jadi ini modalnya cuma omong doang hehe.

2. Memperluas Jaringan Bisnis adalah Kunci Utamanya

Yuk bisnis bareng aku

Yuk bisnis bareng aku via https://www.pexels.com

Apapun jenis bisnis yang kamu kelola, semua bisa tumbuh dan berkembang dengan baik jika kamu mampu memperluas jaringan bisnis tersebut. Karena pada dasarnya manusia sebagai makhluk sosial tidak akan mampu hidup seorang diri tanpa bantuan manusia lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan peran orang lain guna membuat bisnis tour and travelmu semakin berkembang.

Karena bisnis ini erat kaitannya dengan industri pariwisata seperti pusat oleh-oleh, penginapan, rumah makan, hingga destinasi wisata, maka menjalin kerjasama dengan mereka adalah jawaban yang tepat untuk membuat bisnis kita semakin besar. Jika berhasil memperluas jaringan bisnis hingga mendapatkan persetujuan kerjasama, maka bisa dipastikan kita akan mendapatkan keuntungan berupa potongan harga jika kita membawa konsumen untuk mengunjungi tempat mereka. Percayalah, semua pengusaha sukses yang ada di dunia ini juga diawali dengan proses memperluas jaringan bisnisnya.

Saya sudah buktikan asiknya mengelola bisnis travel, kamu kapan?

3. Bergabung dengan Komunitas Serupa akan Membantu Anda Mendapatkan Berbagai Informasi Penting

Kita ini siapa?

Kita ini siapa? via http://www.google.id

Seperti prinsip sebelumnya, kehidupan ini tidak akan pernah berjalan dengan baik jika kita tidak berinteraksi dengan manusia lainnya. Jika ingin bisnis bisa sukses dan bertahan dalam jangka waktu yang lama, maka kita harus memiliki basis komunitas yang solid. Berada dalam sebuah komunitas akan memberikan banyak keuntungan bagi kita, dalam hal ini bergabung dengan berbagai komunitas tour and travel di Facebook adalah salah satu contoh pilihan yang tepat.

Karena pada dasarnya, perilaku konsumen sebelum memutuskan menggunakan sebuah jasa tour and travel biasanya didasari dengan rekomendasi dan ulasan yang baik dari konsumen lainnya. Bukan hanya di Facebook, bergabung dengan komunitas di Trip Advisor dan Tabook juga akan memberikan keuntungan tersendiri. Karena akan memberikan kita berbagai wawasan tentang berbagai keluhan, pujian, dan kebutuhan pelanggan. Keaktifan Anda dalam komunitas akan membuat keberadaan bisnis kita semakin dikenal banyak orang. Ketika ada yang menanyakan jasa tour and travel di dalam forum, langsung memberikan jawaban di kolom komentar dengan menawarkan bisnis yang kita miliki.

Di samping itu, berada di sebuah komunitas bisa memberikan kita berbagai ilmu-ilmu bermanfaat dari para pelaku usaha yang serupa. Inilah tempat yang tepat untuk saling berbagi, menginspirasi, hingga memotivasi untuk membangun bisnis jadi lebih baik.

4. Manfaatkan Perkembangan Teknologi, Bergabunglah dengan Berbagai Marketplace

Biar kuota nggak habis buat streaming youtube aja

Biar kuota nggak habis buat streaming youtube aja via https://www.pexels.com

Di era ini, mayoritas wisatawan didominasi oleh kaum muda yang memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhannya dengan cara yang lebih mudah, praktis, cepat, dan terorganisir. Maka jawaban yang paling tepat untuk masalah tersebut adalah ketersediaan marketplace sebagai solusi praktis untuk belanja berbagai kebutuhan. Bukan hanya kebutuhan sehari-hari, kebutuhan traveling pun kini juga bisa ditemukan dengan mudah lewat marketplace.

Di Indonesia sendiri, ada berbagai marketplace yang siap memfasilitasi bisnis tour and travel dalam platform online yang telah mereka siapkan. Beberapa di antaranya seperti Traveloka, Asita Go, Tiket.com, Pegi-Pegi, hingga yang terbaru adalah Tabook.

5. Buatlah Konten yang Menarik untuk Pemasaran di Sosial Media

Enaknya posting foto apa ya di instagram?

Enaknya posting foto apa ya di instagram? via https://www.pexels.com

Aku percaya, kunci sukses semua bisnis adalah pemasaran. Baik produk atau jasa, keduanya harus dipasarkan dengan cara yang tepat agar bisa menarik perhatian konsumen, misalnya dengan menggunakan trik harga promo atau dengan penggunaan sosial media.

Harga promo yang ditawarkan dalam bisnis kita tidak melulu harus banting harga, dalam kurun waktu tertentu, Anda bisa menggunakan trik memasang harga lebih murah daripada pesaing, dengan tujuan menarik perhatian konsumen terhadap keberadaan bisnis kita. Memberikan voucher berupa potongan harga juga bisa dilakukan dan terbukti efektif.

Selain itu, pemasaran lain yang bisa kita lakukan adalah melalui internet dan sosial media, khususnya website, facebook dan instagram. Tidak banyak orang yang tahu bahwa memiliki website untuk bisnis kita akan membuka peluang besar untuk lebih dikenal orang lain melalui SEO ketika orang mencari jasa travel melalui google. Di sinilah peran website diperlukan, karena ketika kita memiliki website, maka bisnis kita juga bisa tampil dalam mesin pencari, lain halnya jika hanya memanfaatkan telepon dan pemasaran offline untuk memasarkan bisnis yang kita miliki.

Penggunaan instagram dan facebook juga bisa dipilih dan terbukti efektif, karena di zaman ini mayoritas orang yang berumur 17-36 giat melakukan pencarian melalui fitur explore di instagram. Unggah semua foto tentang promo, sempurnakan dengan foto-foto indah dari berbagai destinasi wisata yang pernah kamu kunjungi bersama konsumen. Percayalah, cara ini akan bekerja sangat efektif jika kita rutin dan gigih dalam melakukan promosi melalui sosial media.

6. Pilihlah Tim yang Dapat Diajak Membangun Bisnis untuk Besar Bersama

Jangan hidup sendiri, eh!

Jangan hidup sendiri, eh! via http://www.tabook.id

Jika ingin memiliki bisnis yang besar dan sukses, jangan pernah berpikir untuk mengerjakannya seorang diri. Kamu butuh teman untuk bersandar, saling mengisi, dan menguatkan dari berbagai sisi.

Kamu dan aku butuh tim untuk bisa mengembangkan bisnis jadi lebih besar. Oleh karena itu, kamu perlu memilih orang yang tepat untuk diajak gabung bersama. Pilihlah orang-orang yang handal dan profesional sesuai dengan kebutuhanmu. Akan lebih baik lagi jika orang yang kamu rekrut memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup di bidang pariwisata dan bisnis tour and travel. Bagian terpentingnya adalah mencari SDM yang berkualitas, bukan dalam kuantitasnya. Memiliki seorang rekan yang andal dan dapat dipercaya jauh lebih efektif dibandingkan memiliki 10 karyawan yang tidak bisa diandalkan.

7. Terakhir, Selalu Tingkatkan Kualitas Pelayanan demi Kepuasan Pelanggan

Tingkatkan kualitas pelayanan

Tingkatkan kualitas pelayanan via https://www.pexels.com

Pelanggan itu raja, jadi puaskan mereka agar kamu nggak dipenjara. Karena pelanggan yang puas pasti akan datang kembali dengan membawa orang lebih banyak untuk meningkatkan omzet penjualan.

Kalau aku sih biasanya bakal ngasih pelayanan spesial seperti harga teman buat sahabatku, jadi nanti mereka pasti suka rela ngasih tahu rekan dan kerabatnya kalau ada yang butuh jasa tour and travel.

Begitu pula sebaiknya, kamu akan diberikan hukuman berupa pelanggan yang menjelek-jelekkan bisnis dan tak pernah kembali lagi jika mereka merasa kecewa dengan pelayananmu. Oleh karena itu, menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan adalah cara paling ampuh untuk menjaga keberlangsungan bisnis.

Pelayanan yang dimaksud diawali dari proses ketika mereka memesan, hingga pelayanan setelah pemesanan. Pastikan kamu melayani konsumen dengan ramah dan menanggapi semua pertanyaan yang diajukan. Jaga kebersihan armada yang kamu gunakan untuk mengantar pelanggan, serta pastikan agar sopir yang mengantar jemput pelanggan bisa bersikap ramah selama di perjalanan.

Jadi tunggu apalagi? Mari segera berbenah diri untuk sukses di usia dini!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya