Duh gimana dong jerawatku sudah beranak pinak, betah banget mereka menjalani kehidupan di mukaku … Aaaarrrggggghhhh tidaaaaakkkkkk !!! “

Jerawat memang bukan penyakit yang membahayakan tapi bisa bikin kesel gak sih? Mungkin kamu sudah wara-wiri ngunjungin dokter kulit, dokter kecantikan, make treatment penghilang jerawat bermacam-macam merk tapi gak juga lenyap si jerawat dari muka kamu, sayang amat ya jerawat sama kamu pengennya nempel mulu hehehe, tenang aja ada cara yang mudah dan alami yang bisa membasmi jerawat membandel. Yuk kita usir cantik jerawat secara alami.

1. Minum Air Putih

Drinking Water via http://medicmagic.net

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja, di balik kesederhanaan tampilannya air putih gak hanya berguna mencegah dehidrasi tubuh, namun juga memiliki berbagai keuntungan lainnya. Salah satu keuntunganya adalah berkhasiat untuk menghilangkan jerawat.

Advertisement

Untuk menghilangkan jerawat kamu cukup membiasakan minum air putih 8 gelas perhari (1,5 liter sampai 2 liter).

Air putih merupakan cairan yang baik untuk membuang sisa metabolisme tubuh, kalau air putih tercukupi maka sistem pembuangan sisa metabolisme akan lancar, gak ada lagi deh sampah di tubuh kita, oleh karena itu air putih dikenal sebagai pendetox alami tubuh manusia. Nah kalau sampah di tubuh kita lenyap jerawat kamu juga bakal lenyap.

Minum air putih sebaiknya jangan berlebihan, walaupun air putih menyehatkan dan ampuh mengusir jerawat tetapi kalau berlebihan dapat menyebabkan keracunan air atau hiponatremia yaitu ketika natrium dalam darah menjadi terlalu encer.

2. Putih Telur Ayam Kampung

Egg White via http://www.zipheal.com

Advertisement

Putih telur ayam kampung ini mampu mengatasi jerawat, karena mengandung protein dan vitamin yang sangat tinggi yang berguna sebagai penyembuhan dan pertumbuhan sel dengan cepat.

Caranya gampang banget, kamu cukup menyiapkan 2-3 butir telur, air hangat, mangkuk, dan kain lap untuk wajah.

Cara penggunaanya cuci wajah dengan air bersih dan keringkan, kocok putih telur dari 2-3 butir telur sudah pasti ya kuningnya harus dibuang, kocok sampai mengembang dan diamkan selama 5 menit, oleskan putih telur yang sudah dikocok menggunakan jari ke wajah kamu, tunggu sampai kering dan oleskan kembali putih telur sebanyak 2 – 3 kali diamkan selama 20 menit. Keringkan wajah dengan kain lap yang lembut, kering dan bersih.

3. Pepaya

Buah yang berasal dari benua Amerika ini relatif mudah kita jumpai di Indonesia, selain rasanya yang enak pepaya mampu menghilangkan jerawat, karena pepaya mampu menghilangkan sel-sel kulit mati kelebihan lapisan lipid di permukaan kulit wajah dan membuatnya terlihat lembut dan halus.

Lipid adalah istilah yang umum untuk lemak yang merupakan asal terbentuknya minyak. Pepaya juga mengandung zat aktif yang berguna sebagai anti bakteri dan anti peradangan yang bisa mematikan bakteri penyebab jerawat sekaligus mengurangi pembengkakan pada wajah.

Selain itu pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain yang berguna mengurangi peradangan dan membantu mencegah terbentuknya nanah. Banyak banget ya manfaatnya.

Cara mengaplikasikanya, mudah. Kamu cukup cuci wajah kamu dengan air bersih, kupas kulit pepaya yang masih mengkal, tumbuk atau blender pepaya sampai halus kemudian oleskan kewajah secara merata, kemudian diamkan selama 15 – 20 menit lalu bilas wajah dengan air hangat, lakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu.

4. Kulit Pisang

Kulit pisang mengandung lutein, sebuah anti oksidan yang sangat kuat dapat mengurangi pembengkakan, peradangan dan mendorong pertumbuhan sel-sel baru.

Caranya cukup menggosokan melingkar dan perlahan di wajah, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Mudah ya? Dari pada kulit pisang dibuang gitu aja, mendingan dimanfaatin, bener gak?

5. Minum Teh

Teh hijau merupakan minuman populer di daratan Tiongkok, Taiwan, Hongkong, Jepang, Timur Tengah, dan Asia Tenggara. Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang dibuat dari daun teh Camellia sinensis yang dipetik dan mengalami proses pengeringan untuk mencegah oksidasi.

Teh hijau terbukti secara klinis ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. Bahkan, bangsa Cina kuno sering menyertakan daun teh hijau dalam ramuan obat. Teh hijau sering digunakan untuk meluruhkan lemak dalam tubuh, menjadikan aroma tubuh harum, memperbaiki mood, dan sebagai antioksidan. Bukan itu saja, teh hijau juga terbukti mampu menghilangkan jerawat dan bekas-bekasnya.

Teh hijau juga memiliki khasiat untuk mengurangi aktivitas hormon yang dengan kata lain membantu dalam mengontrol jerawat dan mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Tanaman ini juga dapat mengontrol produksi minyak berlebihan yang berkontribusi banyak dalam menimbulkan jerawat.

Cara penggunaanya masukan daun teh hijau kedalam air tawar lalu didihkan, setelah mendidih dinginkan air campuran teh tadi kemudian masukan kedalam wadah atau botol semprot. Gunakan dengan cara disemprotkan di wajah. Untuk treatment dari dalam minum 2 sampai 3 cangkir teh hijau setiap hari.

Kamu bisa memilih salah satu tips di atas, gunakan secara rutin biar kelihatan hasilnya. Semoga tipsnya bermanfaat dan menjadi referensi yang baik untuk mempercantik diri kamu. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya