Memang tidak semua siswa diharuskan memakai seragam saat berangkat ke sekolah karena ada juga negara yang tidak memberikan aturan seperti itu, namun "kebanyakan" negara tentu menerapkan aturan dimana seorang siswa sudah sepantasnya menggunakan seragam sekolah. memangnya apa sih alasan kenapa harus menggunakan seragam? apa untuk kebutuhan identitas, kerapian atau karena ada alasan lain? nah disini saya akan memberikan beberapa alasan pasti mengapa penting sekali penggunaan seragam pada siswa di sekolah.

Karena dari kecil sampai dewasa, kita sekolah sudah menggunakan seragam, tak kebanyang jika kalian sendiri tidak tahu apa sih arti dari hal tersebut? mungkin kebanyakan orang berpkir hanya untuk keperluan identitas saja, padahal masih banyak hal lain yang membuat memakai seragam itu wajib. seperti berikut ini, diantara lain:

1. Untuk Membedakan Tingkatan

fungsi seragam via http://google.com

Ya, fungsi dari seragam itu untuk membedakan tingkatan sekolah, seperti namanya "seragam" yang berarti satu ragam, dan secara tidak langsung hal ini menjelaskan bahwa setiap tingkatan memang harus beda dari tingkatan yang lain dan harus di seragamkan. bukan hanya untuk lingkungan sekolah saja, bahkan seragam juga seringkali digunakan sebagai pembeda tingkatan dalam berbagai aspek lain mulai dari kantor dan masih banyak lagi.

2. Seragam Membuat Kita Menjadi Lebih Disiplin

Sebuah kedisiplinan tentu tidak bisa diwujudkan dengan mudah, perlu yang namanya paksaan untuk membuat semua itu bisa terlaksana, selain disiplin akan waktu, disiplin juga bisa dilatih dengan kita memakai seragam saat bersekolah, dengan ini maka kita akan lebih dispilin karena terbiasa menggunakan berbagai elemen atau aksesoris yang ada di seragam mulai dari ikat pinggang, topi, model baju, sepatu, kasos kaki dan lain sebagainya.

3. Seragam Menjadi Pembentuk Identitas

Advertisement

seragam sebagai indetitas via http://hipwee.com

Berkaitan dengan poin pertama yakni membedakan tingkata, fungsi seragam dalam lingkungan sekolah dan lainnya juga merupakan sebagai pembentuk identitas. dengan ini sekolah kamu akan diketahui dan dikenal banyak orang, maka dari itu seragam itu penting bahkan bukan hanya di sekolah saja, di lingkungan kantor dan perusahaan pun mereka semua menerapkan seragam, karena bagaimanapun, identitas merupakan sesuatu yang harus ada dalam suatu elemen.

4. Untuk Menghindarkan Kesenjangan Sosial, Karena Seragam Bersifat Menyatukan

seragam sebagai persatuan via http://google.com

Tidak kebayang kalau orang yang bisa dibilang ekonominya rendah bersekolah dengan orang yang tingkat ekonominya tinggi namun tidak ada aturan seragam di dalamnya, tentu saja akan terlihat sekali kesenjangan sosial yang ada dari gaya pakaian dan lain sebagainya, ah inilah fungsi adanya seragam yang bisa menyatukan semua orang dari berbagai kalangan untuk menjadi satu kesatuan tanpa adanya perbedaan. sehingga akan membuat semua orang bisa bersahabat tanpa adanya faktor kesenjangan.

5. Membentuk Sifat Professionalisme

be a professional via http://google.com

Selain ketiga hal diatas, fungsi seragam dalam sekolah dan lainnya adalah untuk membentuk sifat professionalisme. Poin yang satu ini sebenarnya berkaitan dengan sebuah kedisiplinan. Ya, dengan adanya seragam yang kita pakai selama sekolah, kita akan menjadi seorang yang bisa paham betul arti sebuah ke professionalan akan status kalian sendiri. Seorang siswa sudah sepatutnya bertindak seperti siswa, seragam akan membuat kalian menjadi orang yang tahu diri apa posisi kalian saat ini dan apa saja tindakan yang harus kalian lakukan, sebagai seorang siswa, sudah pasti belajar merupakan sesuatu yang harus kalian tekuni, dengan adanya seragam ini diharapkan mampu membuat orang lebih menjunjung tinggi keprofessionalitasan dan menghindari sesuatu yang membuat rasa malu terhadap pihak terkait dalam kasus ini sekolah, contoh saja jika kalian bertindak laku buruk di luar sana, dengan adanya seragam, tentu kalian akan berpikir ulang bukan untuk tidak melakukan sesuatu yang tidak baik?.

Itulah beberapa fungsi dan arti seragam dalam sebuah sekolah ataupun dalam instansi lain seperti kantor perusahaan dan masih banyak lagi, dan dengan adanya informasi diatas, semoga kalian sudah paham betul ya bahwa ada arti yang jauh lebih besar dari sebuah seragam selain hanya sebagai identitas saja. Sekian dan terima kasih