Bulan Ramadhan adalah bulan berpuasa bagi orang-orang yang beragama islam (Muslim). Puasa merupakan kegiatan menahan hasu dan lapar, serta menahan dari berbagai perbuatan yang membatalkan puasa maupun pahalanya. Bagi orang yang sedang melakukan diet, sudah barang tentu akan terjadi pergeseran pola. Untuk itu, berikut beberapa tips diet yang dapat diterapkan oleh kamu-kamu semua yang sedang menjalankan ibadah puasa.

1. Makan Sahur yang teratur

Makan Sahur via http://republika.co.id

Makan sahur sangat penting dalam menjalankan ibadah puasa, karena asupan makanan tersebut dapat menjadikan cadangan energi bagi tubuh. Makan sahurlah walau hanya dengan sesendok nasi atau sebiji kurma. Tetaplah makan sahur walau kamu anak kos yang sedang jomblowan/wati yang belum berkeluarga. Karna untuk menghadapi situasi tersebut butuh tenaga yang cukup.

2. Makanan dengan gizi yang cukup

Pilihlah menu makanan yang memiliki cukup gizi dan vitamin sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh, hindari menu makanan yang terlalu berminyak, terlalu asin, serta berlemak. Sebab hal ini yang akan menjadi pembatal diet anda, dengan kata lain DIET ANDA GAGAL.

3. Hindari karbohidrat berlebihan

Advertisement

Makanan Karbohidrat via http://www.mitrakesehatan.com

Nasi merupakan makanan pokok orang indonesia. Tetapi mengkonsumsi nasi berlebihan akan berdampak pada rencana diet anda. Makanlah nasi secukupnya, atau dapat diganti dengan makanan karbohidrat lainnya seperti kentang, roti gandum, atau oat.

4. Minuman yang manis

Minuman Manis-Manis via http://assets.kompas.com

Hindari minuman manis dan berkafein saat bersantap sahur, disarankan minum air mineral minimal 2 liter ketika santap sahur. hindari hal yang manis-manis lainnya seperti rayuan gombal sang mantan, dan janji-janji sang pacar. hehe

5. Olah tubuhmu dengan olahraga

Olahraga Ringan via http://merdeka.com

Melakukan gerakan olah tubuh penting saat bulan puasa, sebab tubuh juga perlu mengeluarkan berkeringat agar tetap sehat. Lakukanlah jalan santai sore setelah ashar. Tetap ingat jaga pandangan agar puasa tidak batal.