Setiap orang termasuk kamu pasti mempunyai tahi lalat, entah di tangan, kaki, punggung hingga wajah. Lalu, dari manakah asal muasal tahi lalat? Berikut info yang kami lansir dari Go Dok.

1. Sinar Matahari

Pasti kamu penasaran kenapa matahari bisa menjadi salah satu sebabnya, hal ini ternyata diakibatkan paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membuat kulit rusak dan secara otomatis membuat tahi lalat timbul dan tumbuh lebih mudah.

2. Faktor genetika

Faktor genetik

Faktor genetik via http://www.go-dok.com

Coba ingat-ingat apakah lingkungan keluargamu mempunyai jumlah tahi lalat yang tidak sedikit? Jadi jangan heran jika kamu mempunyai tahi lalat yang cukup banyak.

3. Obat-obatan

Obat-obatan

Obat-obatan via https://www.thesun.co.uk

Advertisement

Apakah kamu sedang mengonsumsi obat-obatan hormonal, antibiotik, dan antidepresan? Jika iya maka tak heran jika kamu mempunyai tahi lalat yang tidak sedikit, karena obat-obatan tersebut akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun sehingga sensitivitas kulit terhadap cahaya matahari kemudian semakin meningkat. Karenanya, sinar matahari menjadi lebih mudah mengenai kulit sehingga mengakibatkan tahi lalat berpotensi tumbuh semakin banyak.

4. Melanosit? Hah Apa Itu?

Sel melanosit yang tidak merata akan menyebabkan munculnya tahi lalat baru. Mengapa? Sebab, jika tahi lalat terus menerus muncul, bisa jadi ndikasi awal kemunculan kanker melanoma.

Melanoma sendiri merupakan kanker ganas pada kulit yang disebabkan oleh tahi lalat yang mempunyai tepian kasar dan berbentuk tidak simetris. Untuk membedakannya dengan tahi lalat biasa, biasanya jenis ini tidak berwarna hitam dan memiliki diameter yang lebih besar, yaitu melebihi 6 mm.

5. Sel Kulit Muda

sel kulit muda

sel kulit muda via http://www.besthealthmag.ca

Advertisement

Menurut ilmuan, cewek yang punya tahi lalat paling banyak pada dasarnya karena mempunyai sel-sel kulit yang terbilang muda.

Itulah dia beberapa ulasan tentang asal muasal tahi lalat, kamu yang mana?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya