Apakah kamu tipe orang yang mudah down ketika mendapat kritik atau komentar negatif? Apakah kritik atau komentar negatif membuatmu menjadi tidak yakin akan kemampuan? 

Pada umumnya, kritik atau komentar negatif bisa membuat semangat menjadi padam seketika, sakit hati, serta lebih parah lagi bisa menyebabkan mental menjadi down. 

Tidak memungkiri, semua manusia pasti akan mempunyai sisi sensitif dan apabila sisi sensitive itu dikritik, akan menimbulkan mental down serta menjadi beban pikiran tersendiri. 


So, bagaimanakah sikap kita ketika menghadapi kritik, komentar negatif, cemooh maupun caci maki? Berikut 5 tips yang perlu kamu terapkan agar terhindar dari mental down saat di kritik. 

 

1. Lihat dari Perspektif yang Berbeda

People Thinking via http://www.google.com

Ketika mendapat kritik, komentar negatif atau cemooh jangan terburu-buru sakit hati terlebih dahulu. Cobalah meresapi komentar negatif yang telah di ucapkan, lalu lihat dari perspektif yang berbeda. Misalnya seseorang mengatakan "Kamu bodoh, kamu nggak akan bisa melakukan itu". Apabila kalimat di lihat dari sudut pandang positif akan menjadi "kamu pintar, kamu harus bisa! Ayo semangat". Jadikan lah kritik sebagai pembangun semangat

2. Komentar Negatif adalah Salah Satu Bentuk Lain dari Perhatian

People Happy via http://www.google.com

Komentar negatif tidak akan di ucapkan jika seseorang tidak melihat dan mengamati. Bersyukurlah ada banyak orang yang memperhatikan dan membantumu menjadi lebih baik melalui kritik atau komentar negatif.

3. Temukan Maksud Lain dibalik Komentar Negatif

Advertisement

Selain melihat dari sudut pandang yang berbeda, temukan makna dibalik kritik atau komentar negatif. Ada yang memberikan komentar negatif bertujuan untuk membangun diri, namun tidak dipungkiri ada juga untuk menghancurkan semangat dan mental yang telah kita bangun.

Dengan mengetahui maksud lain dibalik kritik atau komentar negatif kamu bisa membuat strategi untuk menghadapi orang yang mengutarakan hal tersebut.

4. Jangan Terlalu Percaya Diri

Sebagai manusia tentunya mempunyai kekurangan dan kelebihan, mungkin karena kelebihan 3:1 dengan kekurangan, kita tidak merasa jika mempunyai kekurangan. Coba intropeksi diri, bias saja orang lebih detail dalam melihat kekurangan kita.

5. Perbaiki Diri Dahulu

Cara paling ampuh agar tidak sakit hati akan kritik dan komentar negatif, segera list kekuranganmu dan jangan lupa menunjukkan kepada orang yang telah mengutarakan kritik atau komentar negatif bahwa kita bisa.

Sebagai manusia harusnya saling menghormati dan menjaga persaaan satu sama lain, jika ada kesalahan atau sikap dari sesama manusia ingatkanlah tanpa membuat rasa sakit hati. Dan yang paling penting, merdekakan pikiranmu dari komentar negatif! Salam #MerdeKamu !