Nggak Perlu Ragu, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Nyoba Jadi Volunteer!

Alasan harus jadi volunteer

Beberapa tahun terakhir, semakin banyak organisasi yang menawarkan kegiatan volunteering di dunia maya. Kegiatan ini biasanya boleh diikuti siapa saja dengan beragam latar belakang, mulai dari pelajar dan mahasiswa hingga pekerja dan ibu rumah tangga.

Umumnya, orang-orang memilih mengikuti volunteering dengan tujuan untuk menambah pengalaman, wawasan, relasi, sekaligus mengisi kekosongan waktu. Namun, enggak sedikit juga orang yang masih merasa ragu untuk terjun ke dunia volunteering, padahal sebaiknya kita pernah melakukan volunteering sekali seumur hidup lho!

Memangnya kenapa sih kita harus volunteering minimal sekali seumur hidup? Yuk simak alasannya berikut ini!

Advertisement

1. Mencoba pengalaman baru

Photo by Anna Shvets from Pexels

Photo by Anna Shvets from Pexels via https://www.pexels.com

Mungkin kamu enggak pernah mengajar sebelumnya, lalu dalam kegiatan volunteering yang kamu ikuti kamu diminta untuk mengajar anak-anak. Atau mungkin kamu enggak pernah membersihkan lingkungan tempat tinggalmu sebelumnya, kemudian kamu harus dihadapkan dengan tugas untuk memungut sampah saat menjadi volunteer.

Ya, ada banyak hal yang mungkin belum pernah kita lakukan sebelumnya dan lewat kegiatan volunteering itulah kita bisa mendapat pengalaman baru. Dengan melakukan hal-hal yang belum pernah kita lakukan sebelumnya, kita jadi belajar untuk menangani keadaan-keadaan tertentu yang enggak bisa kita selesaikan sebelumnya. Selain itu, dengan melakukan hal-hal baru, kamu juga akan terhindar dari rasa bosan karena ada kegiatan berbeda yang bisa kamu lakukan untuk mengisi rutinitasmu.

Advertisement

2. Menambah relasi

Photo by Cristi Tohatan from Unsplash

Photo by Cristi Tohatan from Unsplash via https://unsplash.com

Pastinya ikut volunteering akan menambah relasi kita. Pasalnya, kita enggak hanya akan bertemu teman-teman sebaya, tetapi kita juga akan bertemu orang-orang yang sudah lebih dewasa atau justru jauh lebih muda dibanding kita. Karena itulah, ikut volunteering membantu kamu memiliki relasi yang luas dengan berbagai macam latar belakang.

Semakin banyak kegiatan volunteering yang kamu ikuti, maka akan semakin banyak juga kenalan yang bisa membantumu kelak. Kamu pun bisa bertukar pikiran dan menambah wawasan baik dengan mereka yang lebih tua maupun yang lebih muda. Asyik, kan?

3. Melihat berbagai sudut pandang

Advertisement
Photo by Roman Synkevych from Unsplash

Photo by Roman Synkevych from Unsplash via https://unsplash.com

Mengikuti kegiatan volunteering akan membuat kita menemukan berbagai hal baru yang sebelumnya enggak pernah kita temui. Kamu bahkan mungkin akan melihat banyak hal baru di sekitar kamu yang selama ini enggak kamu sadari sebelumnya. Bisa jadi, hal-hal sepele yang selama ini menurutmu bukan masalah besar justru menjadi topik permasalahan yang harus diselesaikan dalam kegiatan volunteering.

Tidak hanya itu, luasnya cakupan kegiatan volunteering yang kamu ikuti juga akan membuat semakin banyak perbedaan pendapat yang kamu dapatkan. Namun, kamu akan menyadari bahwa setiap orang memiliki keunikan dan latar belakang yang berbeda sehingga memengaruhi pola pikir dan tindakan mereka. Alhasil, kamu jadi enggak mudah menghakimi seseorang tanpa mengetahui alasannya. Selain meningkatkan kepekaan dan rasa empati, pikiranmu pun jadi lebih terbuka.

4. Hidupmu jadi lebih positif

Photo by RODNAE Productions from Pexels

Photo by RODNAE Productions from Pexels via https://www.pexels.com

Dengan melakukan volunteering, kamu enggak hanya akan menyalurkan kelebihanmu tetapi juga akan menjadi pribadi yang lebih positif lagi. Sadar atau tidak, ketika kamu merasa bisa menyelesaikan suatu isu permasalahan di sekitarmu dengan kemampuanmu, maka kamu akan memandang dirimu jauh lebih positif dari sebelumnya. Tentunya kamu juga akan merasa lebih bersyukur telah dilahirkan sebagai dirimu sendiri.

Menjadi volunteer pun tidak mudah, karena seringkali harus melewatkan beberapa tahap tes dan seleksi sehingga kesempatan tersebut enggak diperoleh semua orang. Tantangan yang harus kamu hadapi untuk menjadi volunteer juga enggak sedikit, kamu akan menemui banyak rintangan yang sebelumnya kamu kira enggak dapat kamu lewati. Karena itulah, ikut volunteering akan membuatmu tumbuh menjadi pribadi yang lebih optimis.

5. Membantu menemukan diri sendiri

Photo by Thirdman from Pexels

Photo by Thirdman from Pexels via https://www.pexels.com

Yups, bukan tidak mungkin dengan mengikuti volunteering kita justru akan menemukan diri kita sendiri. Tentu banyak kegiatan volunteering yang ditawarkan berbagai organisasi, mulai dari kegiatan di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan lain sebagainya. Namun, tidak semua kegiatan tersebut menarik perhatian kita. Biasanya, kita hanya akan mendaftar kegiatan volunteering di bidang yang kita minati.

Karena itulah melalui volunteering kita tidak hanya bisa mengetahui isu dan kegiatan seperti apa yang kita sukai, tetapi juga menemukan apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada. Selain itu, melalui kegiatan volunteering kita bisa mengetahui batasan diri kita atau hal apa yang belum bisa kita lakukan sekarang untuk memperbaiki keadaan. Kita pun jadi lebih mengenal diri sendiri deh!

Itulah 5 alasan kenapa kamu harus volunteering minimal sekali dalam seumur hidup! Sekarang makin yakin kan buat ikut volunteering?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE