Menumbuhkan minat baca anak sebaiknya memang dilakukan sedini mungkin, bahkan saat anak-anak belum bisa membaca susunan huruf dalam buku. Bagaimana pun, fakta bahwa Indonesia berada di peringkat ke-60 dari 61 negara yang disurvei tentang kegemaran membaca, haruslah jadi penggugah kita sebagai orang tua muda atau pun calon orang tua yang kelak akan memiliki anak.

Menghadirkan pojok baca atau perpustakaan kecil di rumah adalah salah satu cara yang dapat menumbuhkan minat baca anak. Anak-anak tentu tidak dapat langsung membaca, namun kehadiran pojok baca dengan konsep yang unik akan menarik minat sang anak untuk berlama-lama bahkan mulai tertarik untuk memilih buku-buku anak yang telah ditata dengan rapi di dalam raknya.

Nah, para mamah muda atau calon mamah muda bisa banget loh mengaplikasikan salah satu dari 10 inspirasi untuk membuat pojok baca di rumah tanpa perlu ruangan yang luas. Yuk, langsung simak aja !

1. Nggak perlu ruangan luas, pilih satu sudut ruangan di rumahmu, dan berkreasilah!

Pojok baca minimalis via https://i.pinimg.com

Ukuran rumah yang minimalis bukan alasan untuk nggak punya pojok baca, ya! Dengan tambahan papan yang disematkan di antara sudut dan sentuhan cat berbagai warna maka jadilah sebuah rak buku sederhana namun tetap menarik terutama untuk anak-anak. Tema jungle ini dijamin bikin anak-anak semakin excited dengan kegiatan membaca buku. Iyalah, siapa yang nggak betah berlama-lama di pojok baca ini, coba?

2. Pojok baca semakin nyaman dengan tambahan kursi favorit si kecil

Si kecil makin nyaman via https://i.pinimg.com

Bukan hanya dari desain rak dan pemilihan warnanya saja. Pojok baca ini akan semakin nyaman jika kursi favorit si kecil ditempatkan di dekat rak buku. Kapan pun ia ingin membaca, ia bisa memilih bukunya sendiri dan duduk dengan nyaman sambil membuka halaman demi halaman buku. Wah, dijamin si kecil makin cinta kegiatan ini!

3. Menempatkan boneka dan beberapa bantal di pojok baca tidak ada salahnya lho!

Advertisement

Boneka dan bantal di pojok baca via https://id.pinterest.com

Kehadiran boneka dan bantal-bantal di ojok baca membawa nuansa hangat lho! Nah, selain digunakan untuk membaca, para mamah muda bisa memanfaatkan pojok baca ini untuk mendongeng atau mungkin menjadi tempat si kecil mempelajari banyak hal mulai dari menggambar, mewarnai, sampai aktivitas keterampilan yang semakin merangsang kreativitasnya. Asyik, yaa!

4. Eh, penerangan juga harus diperhatikan, ya! Agar mata si kecil tetap nyaman saat membaca

Penerangan harus oke via https://id.pinterest.com

Bagaimana pun, penerangan tidak boleh dilupakan, ya. Yap, saat membuat pojok baca harus selalu dipastikan penerangan dari lampu cukup bagus. Jangan sampai mata si kecil jadi minus gara-gara membaca di tempat yang redup. Aduh, makanya penerangan pojok baca harus maksimal, ya.

5. Wow! Bikin tenda di samping rak buku semakin terasa spesial

Tenda di samping rak via https://id.pinterest.com

Hayo, siapa yang nggak jatuh cinta kalau punya pojok baca kayak gini?! Jangankan anak-anak, orang dewasa aja nggak keberatan punya pojok baca yang unik seperti ini. Si kecil pasti makin asik menikmati bacaannya sambil duduk-duduk santai di dalam tenda. Tambahkan bantal-bantal kecil dan triiiiiing! Sebuah camp ala-ala suku Indian siap dihuni bagi pecinta buku.

6. Pojok baca dengan tema galaksi, nggak kalah keren, kan?!

Benda langit menghiasi pojok baca via https://i.pinimg.com

Kehadiran benda-benda langit di pojok baca bikin suasana makin meriah, iya, kan? Tuh, selain sarana belajar anak-anak untuk mengenal tata surya, ragam planet, dan bintang-bintang di angkasa, pojok baca di rumah semakin asik dengan desain benda langit yang bertabur. Jadi, sudut ruangan di rumah ini terasa spesial banget, kan!

7. Menempelkan susunan abjad, bikin pojok baca semakin terasa spesial

Hiasan abjad via https://i.pinimg.com

Jika terlalu ribet harus mendesain, menentukan tema, dan budget sangat terbatas, inspirasi pojok baca ini bisa jadi alternatif lho! Yap, cukup tempelkan susunan huruf abjad dengan ukuran besar-besar maka kesan pojok baca ini semakin terlihat mencolok dibandingkan beberapa sudut ruangan yang ada di rumah. Eits, manfaat lainnya… si kecil makin familiar dengan bentuk-bentuk huruf abjad. Keren, kan?!

8. Menyiasati kursi-kursi di rumah menjadi rak buku boleh juga tuh!

Rak buku unik via https://i.pinimg.com

Rak buku di pojok baca nggak melulu harus menempel pada dinding, ya. Nih, buktinya dengan sedikit kreativitas, kursi ini jadi multifungsi! Selain tempat yang nyaman untuk baca buku, buku-buku di rumah pun tetap rapi tersusun di dalam rak. Selain itu, si kecil bisa langsung memilih buku dan belajar membereskannya secara langsung karena posisi rak yang cukup rendah.

9. Memasang gordin dengan warna yang manis semakin membuat pojok baca di gemari anak-anak

Gordin manis via https://i.pinimg.com

Aih, siapa yang nggak tertarik berlama-lama di sudut ruangan ini, coba? Yap, memilih gordin dengan warna-warna cerah untuk dijadikan hiasan di pojok baca anak semakin menambahkan kesan atraktif pada sudut ruangan ini. Bisa dipastikan, si kecil betah berlama-lama melakukan aktivitasnya di tempat ini.

10. Menyandingkan rak buku dengan rak mainan, nggak ada salahnya, karena rumah semakin terkesan rapi

Rak buku dan mainan via https://i.pinimg.com

Nah, daripada bingung menaruh mainan anak-anak yang selalu berserakan, nggak ada salahnya menempatkan rak mainan di samping rak buku. Kegiatan di pojok baca semakin beragam, saat si kecil bosan membaca, ia dapat mengambil mainan favoritnya, dan belajar membereskan buku atau mainannya ke rak yang sesuai. Tuh, jadi sarana belajar juga, kan ya.

Kegemaran membaca pada anak-anak tidak akan tumbuh jika tidak distimulasi sejak dini. So, sedini mungkin mengenalkan anak dengan buku dan kegiatan membaca adalah pilihan cerdas bagi para mamah muda masa kini. Semoga artikel ini dapat menginspirasi untuk membuat pojok baca di sudut rumah. Selamat mencoba!