Indonesia adalah negeri yang kaya raya. Tidak hanya kaya akan budaya, tapi juga kaya akan cita rasa masakan nusantara. Ada banyak masakan khas nusantara yang memikat selera, misalnya saja sambal Indonesia. Orang Indonesia ini memang doyan banget sama yang berbau pedas, omongan pedas aja juga doyan kok. Nah kenapa sih harus sambal? Karena bagi mayoritas orang Indonesia, makan tanpa sambal itu ibarat sayur tanpa garam. Mungkin terkesan berlebihan, tapi wajar kok mengingat sambal sudah seperti menu pelengkap untuk menu baru 5 sehat 6 sempurna. Makan bakso juga kurang sedap kalau tanpa sambal, lalapan juga terasa hambar tanpa sambal, sepertinya menu apapun juga terasa lebih nikmat jika dimakan dengan sambal.

Di antara ratusan jenis sambal yang tersebar di seluruh Indonesia, ada 5 jenis sambal yang diklaim sebagai yang terpedas. Kalau kamu suka makanan pedas, sepertinya kamu harus simak daftar berikut deh, itung-itung buat nambah referensi juga. So, check this out!

1. Berbicara tentang sambal pedas, rasanya belum afdol kalau belum menyebutkan nama sambal Dabu-Dabu

Sambal Dabu-Dabu

Sambal Dabu-Dabu via https://www.vemale.com

Jika kamu bukan orang Manado pasti masih asing dengan sambal yang satu ini. Tapi kalau kamu pecinta kuliner pedas, sepertinya kamu wajib deh mencari tahu seputar sambal asli Manado ini. Kepedasannya yang maksimal ditambah dengan kesegaran dari bahan utamanya benar-benar menambah nilai dari cita rasa sambal dabu-dabu. Di sambal ini kamu akan menemukan sesuatu yang unik, yakni semua bahan termasuk tomat, cabai, hingga bawang yang disajikan dalam bentuk potongan atau irisan bukan dihaluskan. Ditambah dengan kesegaran dari perasan jeruk nipis. Sambal ini pas sekali untuk disajikan bersama dengan sajian seafood.

2. Dari Bali ada sambal Matah yang pedasnya berhasil menggugah selera

Sambal Matah

Sambal Matah via http://resepkoki.co

Advertisement

Berbicara tentang Bali, pasti yang terlintas di kepala adalah keeksotisan pantainya. Tapi tunggu dulu, ada hal baik dari Bali lainnya yang tidak boleh dilupakan, apalagi bagi pecinta kuliner. Yakni sambal matah asli Bali. Sambal yang satu ini dikenal dengan pedasnya yang hits abis. Karakteristiknya hampir mirip dengan sambal Dabu-Dabu karena tidak disajikan dengan cara dihaluskan lebih dulu. Melainkan disajikan dengan keadaan setengah matang yang tidak dihaluskan.

3. Posisi ketiga ditempati oleh sambal Balacan (Terasi) yang jadi primadona masyarakat Sumatera

Sambal Balacan

Sambal Balacan via http://menubagus.com

Salah satu yang menjadi ciri khas dari masakan wilayah Sumatera adalah tambahan bumbu rempahnya yang khas. Nah, ternyata selain bumbu rempah, ada juga yang unik dari masakan Sumatera, salah satunya adalah sambal Balacan. Terdengar sedikit asing namanya, namun sebenarnya jenis sambal ini juga bisa kamu jumpai di Jawa dengan nama sambal Terasi. Hanya saja ada beberapa perbedaan antara sambal Terasi di Jawa dengan Sumatera, misalnya saat menggunakan tambahan bahan seperti gula merah. Nah, kamu juga tentu tahu kalau masakan Padang identik dengan yang pedas-pedas, jadi kamu juga nggak boleh meremehkan kualitas pedasnya dari sambal balacan ini loh.

4. Beralih ke Padang, jangan lupa dengan sambal Ijonya yang bikin nendang

Sambal Ijo Padang

Sambal Ijo Padang via http://www.brandnewvegan.com

Siapa yang doyan masakan Padang? Nah, bagi kamu yang suka masakan Padang tentu tidak asing dong dengan sambal Ijonya. Yap, salah satu ciri khas dari masakan Padang memang pedasnya yang bikin nendang. Sambal Ijo ini juga bisa kamu nikmati dengan menu lalapan ayam loh guys!

5. Sambal Korek dari Jawa juga layak dimasukkan daftar sambal terpedas, nggak percaya? Buktikan aja!

Advertisement

The last but not least, ada sambal Korek dari Jawa. Sambal yang satu ini selain rasanya yang nikmat, cara membuatnya juga mudah lho guys! Bahkan bagi kamu yang masih pemula juga bisa belajar masak sambal Korek yang satu ini. Resep dan bahannya yang sederhana membuat sambal ini cocok disajikan bersama dengan makanan apa saja. Mulai dari gorengan hingga makanan yang berkuah, ah nikmat.

Itulah 5 daftar sambal terpedas di Indonesia versi Hipwee Community. Nah, gimana menurutmu? Kamu bisa menambahkan jenis sambal pedas lainnya versi kamu di kolom komentar kok!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya