Hidup di dunia ini tiada pernah sendiri, meski kamu menginginkannya setengah mati :)

Tidaklah mudah, ketika kamu sedang marah, tapi orang lain justru memberikan masukan dan kamu susah untuk menerimanya.

Hati yang lapang adalah tanda bahwa seseorang akan lapang juga ketika menerima kritikan dari orang lain. Apapun bentuknya, kritikan bisa menjadi sebuah introspeksi pada diri sendiri atas kekurangan yang mungkin masih bisa diperbaiki sesuai dengan kemampuan seseorang.

Karena sebuah perbaikan tidak bisa dipaksakan dalam waktu sekejap, mengingat ada batasan kemampuan yang disesuaikan dengan takaran ujian masing–masing di dalam kehidupan. Seorang yang sedang berada di posisi di bawah dalam siklus hidupnya seringkali mengatakan bahwa apa yang dikatakan mereka yang berada di atas tidak semudah yang mereka katakan dan apa jadinya bila mereka yang berada di atas berada di posisi yang sama. Dan sebaliknya, mereka yang sedang merasa di atas seringkali mengatakan bahwa tidak ada yang tidak sulit.

1. Mereka yang super sensitif, apa-apa dipikir dan sering mengalami perubahan mood secara tiba-tiba

Tersinggung

Tersinggung via https://fee.org

Ciri pertama bagi tipe orang yang tidak bisa menerima kritikan adalah gampang tersinggung ketika seseorang menyampaikan kritikan kepadanya. Seolah setiap kata sangat sensitif sifatnya dan cenderung menimbulkan ketidaknyamanan ketika sedang berkomunikasi.

2. Kepala batu, kekeuh pada pemikirannya

Terlalu sulit untuk menyampaikan sebuah kritikan yang bersifat sebagai sebuah nasehat kepada seseorang yang mempunyai sifat kepala batu atau keras kepala. Apa yang kalian sampaikan dengan niatan memberi saran dalam bentuk kritik dijamin hanya sebatas masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri saja.

Advertisement

Tipe orang seperti ini akan keukeuh untuk melawan kritikan yang kalian sampaikan dan merasa dirinya sudah paling benar dan patut dijadikan sebagai panutan oleh dirimu.

3. Selalu berusaha memotong pembicaraan

menyela pembicaraan

menyela pembicaraan via https://audify.uk

Seorang yang dengan ikhlas mendengar kritikan seseorang demi sarana introspeksi diri, tidak mungkin segan untuk berlama – lama bertukar kata ataupun berdiskusi dengan dirimu. Hal ini sangat jelas, kamu hanya akan mendapatkan balasan berupa sikap yang menyela apa yang kamu sampaikan kepadanya. Orang yang tidak mau menerima kritikan apapun pada dirinya akan selalu berusaha memotong pembicaraan dan mendominasi.

4. Setiap diajak bicara berusaha mengalihkan topik pembicaraan

mengalihkan topik

mengalihkan topik via http://historyechoes.com

Ciri keempat bagi orang yang tidak mau mendapat kritikan adalah selalu berusaha mengalihkan pembicaraan saat kamu sedang berniat untuk memberikan sebuah saran atau kritikan kepadanya. Baik beberapa di awal pembicaraan atau setelah beberapa menit kamu berbincang. Tujuan mengalihkan pembicaraan ini tidak lain untuk menghindari kritikan yang disampaikan kepadanya.

5. Selalu ingin menggurui, entah kepada siapa dia bicara

menggurui

menggurui via https://www.ielts.org

Advertisement

Jika kalian berniat untuk memberikan saran atau kritikan kepada orang yang memang tidak bisa menerima kritikan akan selalu mencoba untuk membalikkan fakta dan terkesan terlalu mengguruimu dengan argument–argumen yang juga terkesan berbelit–belit tanpa tujuan untuk memberikanmu sebuah saran sebagai sebuah perbaikan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya