Saat kita bercerita kepada orang lain tentang mimpi kita, mereka tentu akan berkomentar baik positif maupun negatif. Beberapa komentar mereka pun akan terdengar seperti menyepelekan mimpi kita.

Ah, lo mah gak akan bisa” atau “Lo mah paling cuma anget-anget diawal doang

Komentar-komentar seperti itu pun tak jarang kita dengar yang kemudian mematahkan semangat kita sebelum memulai. Namun, perlukah kita mendengarkan apa kata orang dan menyerah begitu saja tanpa mencobanya terlebih dahulu?

Sebagai pribadi yang hidup bersosial, tak ada salahnya jika kita mendengar komentar maupun masukan dari orang lain terutama orang-orang yang memang dekat dengan kita. Tapi, kita juga harus mampu menyaring komentar-komentar yang mereka lontarkan.

Saat komentar yang mereka lontarkan itu negatif, kita berhak untuk tidak mendengarkannya. Mengapa?

 

1. It’s your life, not theirs.

Fight for your dreams

Fight for your dreams via http://janinan.deviantart.com

Setiap orang mempunyai jalan hidup dan mimpinya masing-masing. Hidup kita adalah milik kita dan mereka tidak berhak menjudge kita atas mimpi yang ingin dicapai. Apapun yang kita impikan dalam hidup ini tentu sah-sah saja untuk coba diwujudkan. Ketika semangat masih membakar hingga ke ubun-ubun, jangan biarkan komentar orang lain yang tidak percaya dengan kemampuan kita justru menjatuhkan kita dan mengurungkan niat untuk mengejar impian yang dimiliki.

2. Life is gambling.

Hidup itu selalu gambling

Hidup itu selalu gambling via http://www.wallpaperup.com

Sebagian orang mengatakan hidup ini gambling,  itu benar adanya karena sematang apapun planning dan prediksi yang telah dipikirkan diawal tidak akan menentukan secara pasti hasil yang akan diperoleh nantinya. Ketika kita hendak melakukan sesuatu, yang perlu diingat adalah selalu berusaha untuk komitmen untuk mencapai itu karena jika komitmen tidak ada maka sama saja merealisasikan komentar dari orang lain yang menyepelekan mimpi kita.

3. Penyesalan di kemudian hari akan menyiksa.

Jangan biarkan penyesalan datang nantinya

Jangan biarkan penyesalan datang nantinya via https://pixabay.com

Hidup terus berjalan, memang benar pepatah yang mengatakan bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu dan mengejar mimpi. Namun, bukankah lebih baik semakin cepat memulai akan lebih baik? Untuk apa menunda sesuatu hal yang sudah kita yakini saat ini hanya karena komentar orang lain yang numpang lewat sesaat? Karena ketika kita sadar nantinya penyesalan tidak tentu tidak terelakkan. “Kenapa gak dari dulu ya gw coba, nyesel deh”, jangan sampai kalimat ini menyapa kita nanti.

4. Kesuksesan dan kegagalan meraih mimpi milik kita bukan orang lain.

Jalan menuju sukses atau gagal adalah milik kita

Jalan menuju sukses atau gagal adalah milik kita via http://www.wallpapermania.eu

Orang boleh berkomentar tentang diri kita namun jika kita tetap berani maju menggapai mimpi itu dan berhasil, kesukesan tersebut milik kita. Begitu juga sebaliknya, jika kita gagal meraih yang kita impikan karena komentar orang maka kegagalan itu milik kita. Mereka tidak akan merasakan apa-apa karena apapun keputusan yang diambil adalah murni milik masa depan kita.

5. Saatnya menunjukkan siapa dirimu.

Buktikan bahwa mereka salah

Buktikan bahwa mereka salah via https://pixabay.com

Tidak mendengarkan komentar dan masukan orang sudah mendengarkan cerita kita bukan berarti tidak menghargai mereka. Namun terkadang kita memang membutuhkan komentar negatif tersebut untuk lebih memotivasi diri kita dan menunjukkan kemampuan diri. So, bagi kalian yang saat ini sedang ingin mewujudkan impian namun terkendala oleh komentar orang di sekeliling kalian, jangan jadikan itu sebagai penghalang. Show yourself!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya