6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Matang-matang Sebelum Menikah. Cinta Aja Jelas Nggak Cukup!

pertimbangan sebelum menikah

Apakah kamu berencana menikah dalam waktu dekat? Jika ya, maka sebaiknya kamu dan pasangan harus mempersiapkannya secara lahir batin. Pasalnya, tanpa persiapan yang matang, banyak masalah yang mungkin saja muncul dalam kehidupan rumah tanggamu kelak. Jika tidak ingin itu terjadi, kamu harus melakukan enam hal penting berikut ini terlebih dahulu.

Advertisement

1. Punya komitmen dan tujuan pernikahan yang jelas

From pexels.com

From pexels.com via https://www.pexels.com

Setiap pernikahan tentu diawali dengan tujuan yang jelas. Oleh karena itu, kamu wajib membahasnya sejak awal bersama pasangan. Jangan sampai rumah tangga yang akan kamu bangun nanti berjalan tanpa adanya tujuan yang jelas.

Percayalah, pernikahan tanpa tujuan tidak akan bertahan lama. Sebab, kalian tidak memiliki fondasi yang kokoh untuk dijadikan tumpuan ketika menghadapi masa-masa sulit di kemudian hari.

Advertisement

Selain itu, kamu dan pasangan juga harus memiliki komitmen yang kuat untuk menjalani pernikahan tersebut. Hal ini merupakan pilar penting dalam suatu hubungan. Jangan pernah ragu untuk membicarakannya sejak awal agar kalian bisa lebih yakin dalam menjalani kehidupan rumah tangga. 
 

2. Memahami cara berkomunikasi satu sama lain

Hallo Sehat

Hallo Sehat via https://hellosehat.com

Komunikasi menjadi kunci utama dalam suatu hubungan, termasuk pernikahan. tak sedikit orang mengatakan, komunikasi bisa menjadi hal yang membuat hubungan menjadi lebih kuat atau malah sebaliknya.

Oleh karena itu, penting bagi kamu dan pasangan untuk memahami cara berkomunikasi satu sama lain agar saling mengenal dengan baik. Namun jika kalian gagal menemukan cara berkomunikasi yang tepat, bisa saja berbagai hambatan akan muncul dalam kehidupan pernikahan nanti.

Jangan ragu untuk membahas masalah ini bersama pasangan. Pahamilah bahwa komunikasi merupakan salah satu hal serius dalam suatu hubungan. Komunikasi menjadi poin penting yang bisa membantumu untuk membangun keluarga yang bahagia. Bahkan, beberapa kebiasaan buruk dalam berkomunikasi mungkin saja bisa dihilangkan jika kalian mengupayakan hal itu sejak awal dengan baik. 

3. Mengetahui kondisi dan menentukan pengelolaan keuangan setelah pernikahan

Keuangan jadi hal paling penting untuk tidak luput dari perhatian saat mempersiapkan pernikahan. Terutama tentang kondisi keuangan masing-masing dan bagaimana cara mengelolanya nanti. 

Kamu pasti sadar, suatu rencana pernikahan akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Salah satu solusi paling tepat yang bisa kamu lakukan adalah membuat anggaran dan menabung bersama pasangan agar kebutuhan itu terpenuhi.

Tentu saja, hal ini harus diawali dengan keterbukaan soal kondisi keuangan masing-masing dan bagaimana mengelolanya selama ini. Jangan sampai kalian tidak memiliki gambaran jelas perkara keuangan rumah tangga. Sebab, bisa dipastikan kehidupan rumah tangga kalian akan menjadi tak menentu.  

4. Menyusun dan menentukan target keuangan

Menyusun dan menentukan target keuangan akan membantu kamu beserta pasangan mengetahui gambaran keuangan rumah tangga di masa datang. Termasuk mempermudah langkah untuk mencapai semua tujuan dan keinginan dalam hidup. 

Tak sedikit orang beranggapan, bahwa membicarakan soal keuangan seperti ini sebelum menikah merupakan tindakan yang terburu-buru. Padahal, pernyataan itu jelas salah besar. 

Menyusun dan menentukan target keuangan sejak awal, nyatanya terbukti lebih tepat daripada melakukannya setelah pernikahan terjadi. Jika sudah membicarakannya sejak awal, kamu dan pasangan tentu memiliki banyak waktu untuk mempersiapkannya dengan baik. 

5. Membagi tugas rumah tangga sesuai porsi yang tepat

Siapa bilang tugas rumah tangga hanya menjadi milik istri saja? Pahamilah bahwa suami juga wajib berperan serta dalam mengurus rumah tangga. Apalagi ada banyak sekali tugas rumah tangga yang tentunya sangat membutuhkan kerja sama antara kamu dan pasangan.

Membagi tugas rumah tangga memang wajib kalian bahas sejak awal. Tentu saja, dengan mempertimbangkan kondisi pekerjaan utama dan berbagai hal lain dalam kehidupan kalian berdua nantinya. 

6. Saling mengetahui prioritas pribadi

Setiap orang pasti memiliki banyak hal yang dijadikan prioritas pribadi dalam hidupnya. Termasuk kamu dan juga pasangan. Prioritas pribadi semacam ini wajib kamu bahas bersama agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Sebab, bagaimana pun juga kalian memiliki kehidupan pribadi masing-masing, termasuk berbagai prioritas di dalamnya meski telah menikah. Demikian 6 hal penting yang perlu kamu lakukan sebelum menikah.

Membangun rumah tangga memang tak semudah yang dipikirkan. Kamu dan pasangan bakal dihadapkan dengan beragam kondisi dan masalah baru. Awalnya mungkin akan terasa sulit, tapi jika dilakukan dengan komunikasi yang tepat, maka tentu akan berjalan dengan baik dan lancar.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing is My Inspiring

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE