Kakek merupakan sosok yang luar biasa bagi ayah, beliau selalu memberikan nasehat-nasehat pada ayahku perihal hal yang mungkin dianggap sepele. Hal-hal yang diajarkan kakek kepada ayahku itu sekarang diajarkan kepadaku pula, inilah hal-hal yang diajarkan kakek kepada ayah waktu kecil.

1. Berbagi makanan yang kita punya

Berbagi makanan merupakan hal yang menyenangkan, tetapi terkadang kita mikirnya rugi kalo makanan kita diberikan pada orang ataupun teman kita, tapi sebenarnya hal seperti itu salah satu yang membuat kita disenangi dan disayangi teman. Bisa jadi nanti kita diberi cuma-cuma oleh orang lain yang belom kita kenal.

2. Sopan santun pada semua orang

Sopan santun via http://pondokibu.com

Advertisement

Kakek sering kali memperhatikan ayah, jika kurang sopan maka kakek menegur ayah dengan ketegasannya. Sifat itu yang sekarang ayah turunkah pada saya. Yang saya ingat kata dari ayah "di manapun harus tetap sopan pada yang lebih tua dan hargailah yang lebih muda", tentunya kata-kata itu didapat dari kakek 🙂

3. Bangun di pagi buta tanpa kenal hari apa

Bangun pagi-pagi via http://family.fimela.com

Bagun pagi-pagi sekali, hal fenomenal yang harus dilakukan, tidak boleh tidak. Kata ayah yang tentunya kata itu dari kakek, "bangun pagi-pagi, nak, biar berkah. Kalo ga pagi-pagi, dipatok ayam loh rizkinya." itu motivasi yang selalu dikatakan ayah ketika saya masih tidur. Kalo kamu, apa kata motivasi dari ayah agar bagun pagi?

4. Menghabiskan makanan yang sudah diambil dari meja makan

Salah satu cara menghargai makanan adalah dengan menghabiskannya, tapi jangan makanan teman dihabiskan ya. Masih banyak orang yang membutuhkan makanan, sementara yang punya menyia-nyiakannya. Ini salah satu pesan kakek yang ayah bagikan pada anaknya.

5. Traktik makan sodara ataupun teman

Advertisement

Sebagai saudara ataupun teman, sesekali harusnya kita mentraktir mereka agar bisa mempererat persodaraan jika itu sodara dan menjadikan pertemanan menjadi…. yaa tentuin sendiri aja ya. Jelasnya, kesenangan tersendiri ketika dapat mentraktir mereka.

Itulah pesan-pesan kakek yang mungkin mungkin sering diabaikan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya