Delay pesawat merupakan sesuatu hal yang biasa terjadi di dunia penerbangan. Ini fakta lho, guys! Bahkan setiap harinya pasti selalu saja ada pesawat yang harus terbang lebih lambat dari jadwal yang sudah direncanakan. Pesawat delay, bisa disebabkan karena beberapa faktor.

 

Mulai dari cuaca, kondisi pesawat, landasan pacu yang bermasalah, kondisi bandara tujuan, dan sederet faktor lainnya. Terkadang juga masalah teknis bisa jadi pemicu pesawat telat berangkat.

 

Nah lho, kok bisa sih? Nggak profesional dong!

 

Eitss, bukan tidak profesional. Tetapi mengatur jadwal penerbangan itu memang tidak semudah yang kita bayangkan. Apalagi untuk bandara yang sibuk seperti Soekarno Hatta, Banten, dan Juanda Sidoarjo.

Sedikit berbagi pengalaman, mimin pernah merasakan delay pesawat saat hendak melakukan perjalanan menuju Bandara Juanda dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang. Ketika itu mimin menaiki pesawat Citilink, milik Garuda Indonesia.

Sama seperti kamu, mimin juga kesal banget, kok. Apalagi saat itu pesawat baru berangkat 1,5 jam dari jadwal yang ditetapkan.

 

Wow, apa nggak capek nunggu, min?

 

Capek nggak capek, intinya mimin harus tetap menunggu pihak bandara memberikan kepastian kapan pesawat akan diberangkatkan.

Tapi sungguh beruntung, karena saat itu mimin dan penumpang lainnya diberi snack dan juga air mineral gratis selama menunggu pesawat. Wah, enak ya, dapat makan gratis, meskipun itu cuma snack.

Iya, dong. Itu memang sesuatu yang wajib diberikan pihak maskapai apabila terjadi keterlambatan pesawat sebagai bentuk kompensasi, apapun itu penyebabnya. 

Oh ya, delay pesawat tak selalu diberi kompensasi snack dan air mineral saja, lho. Kamu harus tahu, berikut 5 kompensasi yang penumpang dapatkan saat terjadi delay pesawat berdasarkan Permenhub Nomor PM 89 Tahun 2015.

 

1. Terlambat 30 – 60 menit

air mineral

air mineral via http://pixabay.com

Nggak terlalu lama sih, terutama bagi kamu yang sudah terbiasa mengalami hal ini. Tapi tetap saja, intinya kamu harus menunggu setengah hingga satu jam lebih lama dari jadwal yang sudah ditetapkan.

Advertisement

Bila terjadi kondisi ini, maka penumpang akan mendapatkan 1 air mineral kemasan untuk diminum. Wah, lumayan juga tuh buat menghilangkan dahaga di tenggorokan!

2. Terlambat 60 – 120 Menit

Snack dan air mineral (ilustrasi)

Snack dan air mineral (ilustrasi) via http://poetrialim.com

Tentu semakin lama menunggu, nggak mungkin dong dikasih air putih aja? Apabila pesawat yang kamu tumpangi tak kunjung terbang dalam kurun waktu 1 hingga 2 jam lamanya, kamu berhak 1 air mineral dan juga snack.

Enak, bukan? Selain bisa menghilangkan haus, adanya snack juga bisa mengganjal perut yang “mungkin” saja lagi lapar saat itu. Yuk, lanjut berikutnya!

3. Terlambat 120 – 180 Menit

Advertisement

Waktu 180 menit tentu bukan waktu yang sebentar. Pasti kamu sudah mulai sedikit kesal jika pesawat tak kunjung terbang dalam waktu 3 jam. Hmm.. Ibarat nunggu dia yang lagi make up. (Hihihi).

Ternyata kompensasi penumpang untuk kasus ini bukanlah air mineral + snack, ya. Melainkan air mineral dan makanan berat. Bukan untuk mengganjal perut, hal ini dilakukan agar penumpang merasa lebih kenyang. Wah, enak!

4. Terlambat 180 – 240 Menit

ilustrasi gambar

ilustrasi gambar via http://muarawangi.com

Kalau sama selama ini sih, bisa saja para penumpang sudah mulai naik pitam. Masih mending, kalau sebelumnya pihak maskapai sudah mengumumkan terlebih dahulu. Kalau tidak, bagaimana? Pasti banyak penumpang yang bertanya-tanya.

Nah jika dalam jangka waktu 3 hingga 4 jam belum ada tanda-tanda pesawat akan terbang, maka penumpang akan mendapatkan air mineral, snack, dan juga makanan berat. Wah, jadi double nih, kenyangnya

5. Terlambat Lebih dari 240 Menit

Keterlambatan lebih dari 240 menit, maka pihak maskapai wajib memberikan uang kompensasi sebesar Rp300.000,00 kepada setiap calon penumpang. Ini benar-benar harus dilaksanakan ya! Lagi pula siapa sih, yang mau menunggu selama itu. Iya kan, guys

6. Pembatalan Penerbangan

refund tiket pesawat

refund tiket pesawat via http://sinartourtravel.com

Ada pemberitahuan pesawat batal berangkat, gimana nih? Wah wah wah, sayang sekali dong rencana liburan kamu hancur karena pesawat yang batal berangkat. Tapi terima tidak terima, kemungkinan seperti bisa saja terjadi kapan saja.

Tak perlu khawatir kok, kamu tetap mendapatkan hak kompensasi berupa pengembalian tiket atau penjadwalan ulang. Jadi, kamu bisa dapatkan uangnya atau memilih berangkat pada hari berikutnya.

Mulai sekarang kamu tidak perlu terlalu berlebihan, apalagi sampai demo di bandara jika terjadi delay pesawat. Sebab, peraturan penerbangan sudah menjamin tentang hak-hak kamu sebagai penumpang.

Jika kamu mendapati maskapai tidak melakukan hal-hal diatas, cukup melaporkan ke Departemen Perhubungan melalui email di [email protected] dengan menyertakan data diri, nama maskapai, tanggal dan rute keberangkatan hingga lokasi kejadian. Okay?    

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya