Dari Bekerja di Media sampai Menjadi Pengusaha, Berikut 7 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi yang Paling Menjanjikan!

Jurusan Ilmu Komunikasi ternyata memiliki banyak pilihan prospek kerja lho!

Mendengar kata jurusan Ilmu komunikasi pasti masih asing bagi beberapa orang. Namun, Ilmu Komunikasi adalah program studi yang banyak diminati setiap tahunnya. Dengan begitu, berarti akan ada banyak pula lulusan sarjana yang tercipta. Bagi kamu yang baru saja lulus atau masih menempuh program studi ini atau mungkin masih menentukan masa depan, berikut prospek kerja yang mungkin cocok untuk kamu kedepannya.

Advertisement

1. Bekerja di Media

Photo by Fox from Pexels

Photo by Fox from Pexels via https://www.pexels.com

Ada banyak pekerjaan di balik sebuah Media. Kamu bisa menjadi wartawan yang mencari berita atau reporter yang melaporkannya kepada publik. Kamu juga bisa menjadi presenter yang menyiarkan berita tersebut di studio televesi. Ada juga juru kamera yang mendokumentasikan semua kegiatan tadi. Tidak hanya media televisi, terdapat juga media cetak dan media elektronik. Jika kamu tertarik dengan media elektronik seperti radio, menjadi penyiar radio adalah jawabannya.

2. Humas

Photo by fauxels from Pexels

Photo by fauxels from Pexels via https://www.pexels.com

Seorang humas bertugas untuk membangun dan mempertahankan citra publik yang positif untuk perusahaan atau organisasi. Mereka membuat media, dari siaran pers hingga pesan media sosial, yang membentuk opini publik. Akan ada banyak keterampilan yang harus kamu pelajari sebelum menjadi humas, seperti keterampilan bekomunikasi yang baik, dan juga berpikir kreatif.

Advertisement

3. Konsultan

Photo by fauxels from Pexels

Photo by fauxels from Pexels via https://www.pexels.com

Ada banyak jenis konsultan yang masing-masing memiliki peran di bidangnya. Untuk lulusan Ilmu Komunikasi sendiri, kamu bisa menjadi konsultan di pemasaran dan bisnis. 

Konsultan pemasaran bertugas untuk mengembangkan penjualan jasa atau barang suatu perusahaan. Sementara konsultan bisnis berfokus untuk membuat perusahaan kliennya menjadi lebih berkembang dan efisien.

4. Event Organizer

Photo by Michael Morse from Pexels

Photo by Michael Morse from Pexels via https://www.pexels.com

Event Organizer adalah penyedia jasa profesional penyelenggara acara yang populer disebut dengan EO. Tugas dari EO sendiri untuk membantu klien dalam menyelenggarakan sebuah acara, mulai dari company anniversary, pameran, seminar, promosi, launching sebuah produk, talk show, hingga family gathering.

Advertisement

5. Bekerja di Rumah Produksi

Photo by Anton Gofman from Pexels

Photo by Anton Gofman from Pexels via https://www.pexels.com

Jika kamu ingin bekerja di televisi namun kurang tertarik di dengan dunia media, opsi bekerja di rumah produksi atau yang populer disebut PH (production house) adalah jawabanmu. Terdapat banyak jenis pekerjaan yang ada di sana, yang mungkin satu dari pekerjaan itu cocok dengan minat dan bakatmu.

Salah satunya, kamu bisa menjadi produser yang mengelola sebuah film, bisa juga menjadi sutradara yang bertanggung jawab atas semua aspek yang ada di dalamnya. Jika kamu memiliki ide-ide kreatif dan suka menulis, script writer bisa menjadi pertimbanganmu. Selain itu, menjadi editor atau juru kamera juga menjadi bagian dari pekerjaan.

6. Tenaga Pengajar

Photo by ICSA from Pexels

Photo by ICSA from Pexels via https://www.pexels.com

Setiap perguruan tinggi yang mempunyai jurusan Ilmu Komunikasi tentu membutuhkan tenaga pengajar. Jadi, pasti akan ada kesempatan seorang lulusan Ilmu Komunikasi menjadi dosen dengan ketentuan masing-masing universitas.

7. Pengusaha

Photo by mentatdgt from Pexels

Photo by mentatdgt from Pexels via https://www.pexels.com

Menjadi pengusaha adalah pekerjaan yang tidak terikat dengan instansi. Kamu memang bisa bekerja sesuai kemauanmu. Tapi perlu diingat, pengusaha itu membutuhkan inovasi serta trobosan baru yang selalu update dengan perkembangan jaman. Dan ilmu yang kamu pelajari saat berkuliah, itu pasti bisa membantu kamu jika ingin membuka bisnismu sendiri.

Itulah prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi yang paling menjanjikan. Apakah kamu tertarik dengan salah satunya?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Undergraduate Communication Student

CLOSE