Radio memang nggak ada matinya. Walaupun diterpa oleh perkembangan teknologi digital, ia tetep eksis di antara media hiburan lain. Nah, kalo Radio PPI Dunia, temen-temen udah pada tahu belum?

Radio PPI Dunia merupakan badan otonom yang bekerjasama dengan OISAA (Overseas Indonesian Students Association Alliance) atau dalam bahasa Indonesia, umum disebut sebagai PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia). Radio ini terbentuk sejak 2009, tepatnya tanggal 18 Mei. Lahirnya radio ini bertepatan dengan Simposium Internasional di Den Haag, Belanda. Sesuai namanya, Perhimpunan Pelajar Indonesia adalah organisasi yang terdiri dari para pelajar Indonesia yang sedang menuntut ilmu di luar negeri dan tersebar di seluruh dunia, lho! Hmm, apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapetin dari dengarin radio ini? Berikut ini adalah 10 manfaat yang udah saya rangkum dari pengalaman para Sobat PPI, sebutan para pendengar Radio PPI Dunia. Let’s have a look!

1. Info Tentang Beasiswa dan Kuliah di Luar Negeri

Program Berburu Beasiswa

Program Berburu Beasiswa via https://www.facebook.com

Berkelana ke luar negeri untuk mendapatkan pendidikan yang bagus, kesempatan untuk bisa mengabadikan momen di tempat-tempat yang instagramable, siapa yang nggak mau?

Advertisement

Dengan semakin banyaknya peluang beasiswa, tidak mustahil untuk bisa mendapatkan salah satunya. Untuk kamu yang pengen banget merasakan menjadi pelajar di luar negeri, bisa banget nih pantengin Radio PPI. Ada satu program spesial bernama Berburu Beasiswa yang dipandu oleh Sobat Siar Astari yang mengudara langsung dari Beppu, Jepang. Narasumbernya berasal dari berbagai negara dengan jenis beasiswa yang bervariasi. Jurusan yang mereka ambil pun beragam, dari teknik hingga kedokteran, ekonomi hingga psikologi. Kamu bisa tahu nih, tentang beasiswa dan cara-caranya, serta bisa mempelajari lika-liku mereka mendaftar beasiswa. Perjuangan mereka patut diacungi jempol!

2. …dan Banyak Info Menarik Lainnya

Program Sepeda Deanty

Program Sepeda Deanty via https://www.facebook.com

Nggak cuma info beasiswa, ada lebih banyak lagi yang bakalan dikupas secara mendalam oleh Sobat-Sobat Siar Radio PPI Dunia. Mau tahu soal perempuan? Ada program Sepeda Deanty (Seputar Perempuan Dalam Dunia Deanty). Mau konsultasi tentang kesehatan? Ada YKS (Yuk Konsultasi Sehat). Mau galau berjamaah yang terogranisir? Ada UGD! Wah, ada apa lagi? Langsung saja cek radioppidunia.org untuk jadwal siaran setiap harinya!

3. Dapet Kenalan Pelajar Indonesia di Luar Negeri

Ada pelajar dari Tiongkok, Amerika, Jerman, dan Mesir lagi kumpul bareng!

Ada pelajar dari Tiongkok, Amerika, Jerman, dan Mesir lagi kumpul bareng! via http://dok.pribadi

Ini nih, enaknya dengarin Radio PPI Dunia. Radio ini bisa diakses di mana saja, kapan saja, asal terkoneksi dengan internet. Sering tuh, ada Sobat PPI (sebutan untuk pendengar Radio PPI Dunia) yang juga sedang menempuh pendidikan di luar negeri. Selain bisa tukar pikiran, kalian juga bisa mendapatkan jaringan pertemanan yang luas. Siapa tahu, kalian punya kesempatan berkunjung ke luar negeri.

4. Berkesempatan Dapet Giveaway dari Sobat Siar

Kartu Pos dari China dan Denmark

Kartu Pos dari China dan Denmark via http://dok.pribadi

Advertisement

Sobat Siar Radio PPI Dunia tuh semuanya baik, banyak yang jomblo pula. Tak jarang, mereka menawarkan untuk memberikan kartu pos dari negaranya masing-masing, dan gratis! Ada yang harus menjawab kuis dulu, ada juga yang langsung mengirimkannya. Mungkin sebagai tanda persahabatan. Hehe. Makanya, kalian harus sering-sering tuh, main ke radio dan aktif ketika sobat siarnya lagi cuap-cuap, sehingga mereka akan senang hati memberikan kartu pos bergambar lucu-lucu! Saya sendiri sudah 3 kali mendapat postcard dari mereka. Benda tersebut saya simpan sebagai pengingat dan motivasi saya untuk bisa mengikuti jejak mereka.

5. Kenalan Sama Sobat Siar yang Kece dan Suaranya Bikin Kangen

Para Sobat Siar dan Sobat Kru Bagian Eropa

Para Sobat Siar dan Sobat Kru Bagian Eropa via http://dok.pribadi

Salah satu syarat jadi Sobat Siar Radio PPI Dunia adalah terdaftar sebagai pelajar di luar negeri. Jadi, bisa dipastikan kamu akan kenal dengan Sobat Siar yang KEREN ABIS. Banyak, ‘kan, dari kalian para penyuka radio yang terlena dan merindukan suara para penyiar. Tak terkecuali disini. Sehari saja nggak dengerin mereka, rasanya ada yang kurang. Setiap penyiar memliki suara dan pembawaan yang berbeda-beda, Ada yang kalem, bersemangat, dan ada pula yang bisa bikin tidur. Ups! Maksudnya, saking menikmatinya, semacem dinina boboin gitu.

6. Seru-Seruan di Chatbox

Chatbox yang ngangenin!

Chatbox yang ngangenin! via https://www.facebook.com

Radio PPI Dunia menyediakan platform buat live chatting bersama Sobat PPI dan Sobat Siar. Di sini, kamu bisa request lagu, melontarkan pertanyaan, sekedar menyapa, hingga cerita-cerita bareng yang lain, monggooo! Bahkan, ada yang saling berbalas pantun, sekedar curhat, atau cari jodoh. Buat saya pribadi, fitur ini adalah yang paling saya suka, karena di sana saya bisa semakin mengembangkan koneksi dan mengenal satu sama lain.

7. Bisa KOPDAR

Jogja adalah salah satu kota favorit untuk kopdar

Jogja adalah salah satu kota favorit untuk kopdar via https://www.facebook.com

Naah,,, karena sudah seru-seruan di chatbox, belum lengkap dong, kalau belum ketemuan langsung. Kopdar atau kopi darat ini sering dilakukan baik oleh sesama penyiar, sesama pendengar, maupun gabungan antara penyiar dan pendengar. Pokoknya, sefleksibelnya saja, deh. Percaya atau tidak, ketika kami bertemu, rasanya seperti bertemu dengan kawan lama! Padahal, kami hanya bisa menyapa lewat dunia maya.

8. Bisa Ikutan Lomba-Lomba Seru yang Diadakan Radio PPI Dunia

Lomba Cidaha yang ditunggu

Lomba Cidaha yang ditunggu via https://www.facebook.com

Sama seperti kita, radio ini juga bertambah umur setiap tahun. Untuk menyambut hari jadinya, para Sobat Siar, Sobat Kru dan Sobat Siar Kru saling bekerjasama mengadakan lomba yang seru-seru. Salah satu contoh lomba yang gak pernah absen yaitu Cidaha (Cerita Dari Hati), di mana kamu bisa mengungkapkan apa yang kamu rasakan kepada Sobat Siar maupun Sobat Kru. Boleh ungkapan terimakasih, saran, kritik, apapun deh! Apalagi, suratmu akan dibacakan langsung oleh mereka. Wow, seru ya! Karena ini kompetisi, tentu ada reward yang diberikan kepada si pengirim yang beruntung.

Nah, selain CIDAHA, ada juga loh lomba cover lagu, lomba siaran, dan cerdas cermat!

9. Ada Podcast

Tampilan Podcast

Tampilan Podcast via http://dok.pribadi

Galau karena nggak bisa dengarin siaran favorit kalian? Tenang, di Radio PPI Dunia udah ada podcast yang berisi rekaman siaran, kok. Jadi, kalian bisa memutar lagi rekaman tersebut, sehingga nggak perlu khawatir ketinggalan informasi. Ada siaran favorit, siaran spesial, siaran perdana, hingga live interview. Radio PPI Dunia sudah sering lho, menyiarkan siaran spesial dan memang benar benar istimewaaa (baca dengan gaya chibi). Beberapa artis yang sudah pernah diwawancara yaitu Anji, Gita Gutawa, Tulus, hingga Retno Hening dan Kirana!

10. Ada Merchandise Kece Khas Radio PPI Dunia

Case Hp khas Radio PPI Dunia yang kecee

Case Hp khas Radio PPI Dunia yang kecee via https://www.instagram.com

Melihat antusias para Sobat PPI, Radio PPI Dunia mengembangkan sayapnya dengan menyediakan merchandise bertemakan Radio PPI Dunia yang pastinya keren bangeeet! Ada gantungan kunci, gelas, kaos, case handphone dan masih banyak lainnya.

Yap, itu adalah 10 manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mendengarkan Radio PPI Dunia. Ada harapan yang terus dikobarkan seiring dengan mengudaranya radio ini, yaitu untuk menunjukkan kepada Ibu Pertiwi bahwa anak-anaknya di luar negeri selalu ingat akan tanah airnya. Dengan tagline Suara Anak Bangsa, Satu Cinta, Satu Indonesia, semoga radio ini akan terus berkembang dan menjadi salah satu kontribusi nyata untuk Indonesia.

Nah, gimana? Udah makin penasaran dengan Radio PPI Dunia? Yuk cek di radioppidunia.org dan nikmati 10 manfaat di atas! Sampai jumpa di chatbox!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya