Menunda investasi hanya akan merugikan diri sendiri. Mumpung masih muda, ada baiknya generasi millenial yang lahir pada rentang tahun 1980-2000 tidak boros dan segera memulai untuk investasi. Investasi menjadi penting karena tabungan saja kini tidak cukup. Selain karena banyaknya jenis potongan, nilai uang yang disimpan di tabungan konvensional merosot seiring dengan berjalannya waktu. Semua ini terjadi karena bunga tabungan pun selalu jauh di bawah inflasi. Investasi bisa memaksimalkan tabungan yang kita miliki hingga level tertentu. Dengan begitu investasi merupakan salah satu rencana masa depan yang cukup baik. Untuk mulai berinvestasi, berikut ini tipsnya untuk kamu:

1. Tentukan tujuan

https://sedo.com

https://sedo.com via https://sedo.com

Tujuan investasi adalah mewujudkan rencana di masa depan. Tujuan investasi itu tidak untuk menghambur-hamburkan uang. Mimpi yang kita miliki bisa kita capai di masa depan dengan planning investasi yang matang.

2. Mencari alternatif tabungan

https://www.portalinvestasi.com

https://www.portalinvestasi.com via https://www.portalinvestasi.com

Advertisement

Kalau saat ini kamu sudah bisa menabung, carilah alternatif lain untuk investasi. Tabungan konvensional memang memberikan bunga, tetapi itu tak seberapa bila dibandingkan dengan biaya administrasi dan potongannya. Bunga sudah kecil, nilai uang kamu di tabungan juga akan tergerus oleh inflasi seiring dengan berjalannya waktu. Lalu kalau selama ini tak memiliki tabungan, kamu wajib menata keuanganmu sehingga ada dana yang bisa diinvestasikan.

3. Sisihkan sekarang juga untuk investasi

https://bicarabicara.files.wordpress.com

https://bicarabicara.files.wordpress.com via https://bicarabicara.files.wordpress.com

Investasi itu tak membutuhkan modal banyak. Investasi reksadana kini makin mudah dengan setoran awal sebesar 100,000 rupiah saja. Karena sangat terjangkau dan mudah sekali, disiplinlah menysisihkan uang setiap bulannya.

4. Banyak baca informasi tentang investasi

https://life.idntimes.com

https://life.idntimes.com via https://life.idntimes.com

Kehadiran internet dengan jaringannya yang kenceng memudahkan kita mendapatkan banyak informasi tentang investasi. Informasi gampang kita gali dan dapatkan melalui smartphone kita. Informasi memang bertebaran di mana-mana.

5. Pilihlah jenis investasi yang cocok

http://magazine.banananina.co.id

http://magazine.banananina.co.id via http://magazine.banananina.co.id

Advertisement

Sekarang ada bermacam-macam investasi mulai dari deposito, logam mulia (emas), properti, bisnis, barang koleksi, reksadana, obligasi dan saham. Jika kamu berani mengambil risiko tinggi, coba saja mencoba reksadana ataupun saham. Sementara itu, kalau kamu ingin yang aman-aman saja, maka emas cukup aman.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya