Saat berbicara tentang UK, mungkin kebanyakan orang langsung membayangkan Kota London dengan Big Ben-nya, atau bagi pecinta musik, mungkin yang mereka pikirkan adalah Inggris dengan The Beatles-nya. Padahal masih ada banyak hal yang menunjukkan ciri khas negara-negara di UK. Yuk, simak 6 hal di bawah yang pastinya UK banget.

1. Puluhan ribu restoran fish & chips tersebar di seluruh wilayah UK

Jika kita berbicara tentang kuliner tren UK, fish & chips adalah jawabannya. Makanan ini terdiri dari ikan dan kentang goreng. Dulunya, ikan yang biasanya digunakan untuk membuat fish & chips adalah ikan kod dan haddock, ikan yang banyak ditemukan di wilayah lautan Britania. Namun, saat ini berbagai restoran telah menyajikan fish & chips yang dibuat dari jenis ikan lain. Hal ini disebabkan karena ikan kod dan haddock sudah mulai langka.

Untuk membuat fish & chips, ikan yang sudah disiapkan biasanya diselimuti dengan adonan yang merupakan campuran dari tepung dan air. Kentang goreng juga demikian, diselimuti dengan adonan yang sama. Kemudian, ikan dan kentang tersebut direndam dalam minyak panas secara terpisah. Biasanya, minyak yang digunakan adalah minyak panas. Setelah selesai, fish dan chips biasanya dihidangkan dengan garam dan cuka.

Advertisement

Di UK, terdapat puluhan ribu restoran yang menjual fish & chips. Hal ini dikarenakan permintaan konsumen terhadap fish & chips sangat tinggi. Memang, makanan ini cenderung lebih murah dibanding makanan jenis lain yang dijual di restoran-restoran di UK.

Walaupun demikian, selama beberapa tahun terakhir, minat masyarakat terhadap fish & chips mulai menurun. Ini disebabkan karena meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap kesehatan, sehingga mereka mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak.

2. Minum teh seolah menjadi ritual di UK

Med News

Med News via https://med.news.am

UK memang terkenal sebagai wilayah yang penduduknya sangat gemar meminum teh. Menurut penelitian yang dilakukan oleh UK Tea & Infusions Association, terdapat sekitar 165 juta cangkir teh yang diminum setiap hari, dan jumlah ini masih merupakan jumlah teh yang diminum oleh warga di Britania Raya, belum penduduk di UK secara keseluruhan.

Advertisement

Kebiasaan yang dilakukan oleh penduduk di Britania Raya saat meminum teh adalah mencampurkannya dengan susu. Kebiasaan ini dilakukan oleh 98% penduduk di Britania Raya.

3. Kesopanan adalah hal yang sangat penting di UK

Yup! Orang-orang yang tinggal di UK memang terkenal sopan. Di Indonesia, kebanyakan orang mungkin hanya mengatakan “Ayam bakar 1, nasi 1, es teh 1”, jika hendak memesan makanan tersebut. Namun, hal yang berbeda akan kamu temukan di UK. Mereka akan mengatakan, “Fried chicken, please”, jika hendak memesan ayam goreng. Ya, kata-kata seperti “tolong”, “terima kasih”, “permisi”, dan sebagainya, seolah tidak lupa mereka ucapkan untuk menunjukkan sikap sopan mereka terhadap orang lain.

4. Britania Raya sebagai bagian dari UK dikenal sebagai a nation of pet lovers

Kebanyakan orang di UK, terutama di Britania Raya, dikenal sebagai pecinta binatang. Itu sebabnya Britania Raya sering dijuluki sebagai a nation of pet lovers. Britania menjadi wilayah pertama yang memiliki organisasi untuk melindungi hewan. Organisasi ini disebut RSPCA (Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals) dan didirikan pada abad pertengahan abad ke-19.

Kecintaan orang-orang Britania terhadap binatang sangat jelas terlihat, karena pada abad ke-19, organisasi untuk melindungi manusia (anak-anak, difabel, dan sebagainya) belum ada di sana. Hingga saat ini, di UK, ada banyak sekali program TV yang berkaitan dengan binatang, bahkan koran-koran di sana pun banyak diisi dengan cerita-cerita tentang binatang.

5. Bus susun berwarna merah adalah transportasi yang menjadi ikon UK, terutama Kota London

Saat melihat gambar bus susun berwarna merah atau yang sering disebut dengan double-decker bus, mungkin kita langsung mengingat UK, atau lebih spesifiknya kota London. Ya, bus yang satu ini memang sangat terkenal sebagai ikon kota London.

Bus susun yang juga disebut dengan Routemaster ini terdiri dari dua jenis, yaitu bus susun yang bagian atasnya terbuka dan bus susun yang bagian atasnya tertutup. Bus yang terbuka biasanya digunakan oleh turis untuk berkeliling dan melihat pemandangan kota, sementara penggunaan bus yang tertutup sama saja seperti bus-bus lain di berbagai negara.

Saat ini, di London, Routemaster dengan bagian atap terbuka hanya berjumlah sedikit. Hal ini karena terdapat semakin banyak kendaraan pribadi dan alternatif lain yang dapat digunakan untuk berkeliling kota. Selain itu, bus jenis ini juga dirasa terlalu berbahaya. Walaupun demikian, masih banyak turis yang lebih memilih untuk keliling kota dengan bus Routemaster, baik dengan atap terbuka atau tertutup, untuk merasakan sensasi kota London yang lebih dekat.

6. Monster Loch Ness, cerita antara fakta dan khayalan

Loch Ness adalah sebuah danau yang terletak di bagian Utara Skotlandia. Banyak masyarakat Skotlandia yang percaya bahwa ada seekor monster raksasa tinggal di sana. monster tersebut dinamakan Nessi. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa ada monster raksasa mendiami Danau Loch Ness.

Selain itu, penjelasan dari orang-orang yang mengaku pernah melihat Nessi juga menunjukkan deskripsi yang berbeda tentang makhluk misterius tersebut. Ada yang mengatakan Nessi mirip seperti lumba-lumba, ada yang bilang Nessi mirip seperti dinosaurus, dan ada banyak deskripsi lain.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya