Baru saja bencana menimpa anjing kesayangan milik Bima Aryo dan keluarga, yang tanpa diketahui penyebabnya menggigit ART bernama Yayan hingga tewas, kini keluarga Bima Aryo dan The Goldenfams (panggilan untuk subscriber dan penggemar anjing-anjing Bima) kembali dilanda berita duka.

Tepat pada malam di hari sumpah pemuda, Sparta akhirnya menghembuskan nafasnya setelah beberapa hari belakangan ini diketahui berjuang melawan penyakitnya.

1. Sempat dititipkan pada BlackFace Kennel

Sparta di BlackFace Kennel

Sparta di BlackFace Kennel via https://www.instagram.com

Advertisement

Pasca kejadian meninggalnya ART, Sparta sempat dititipkan pada teman Bima Aryo, yaitu Kenny Rao, pemilik BlackFace Kennel untuk dirawat dan dilatih. Namun, sudah beberapa hari belakangan ini, melalui akun Instagramnya, Bima Aryo menceritakan bahwa Sparta terpaksa dibawa pulang kerumahnya untuk mendapat perawatan yang intensif. Diketahui bahwa Sparta tiba-tiba drop, dan kadar trombosit darahnya melebihi batas bawah normal anjing pada umumnya.

2. Sempat mimisan hebat sampai membutuhkan donor darah

Sparta dan Bima

Sparta dan Bima via https://www.instagram.com

Bahkan 2 hari sebelumnya, Sparta sempat dikabarkan mimisan yang terus-menerus selama berjam-jam. Bima dan keluarga sempat panik karena banyaknya darah yang keluar dari hidung Sparta. Beberapa klinik hewan yang melayani gawat darurat 24 jam sudah di telepon tapi tidak ada yang bisa melayani transfusi darah saat itu juga.

3. Sempat mendapat bantuan darah dari Pitbull dan Infus

Pada akhirnya didapatkan donor yang cocok dari seekor anjing Pitbull bernama Bruno. Selain itu juga diketahui bahwa ada 2 ekor anjing lain yang standby di lokasi, untuk tambahan transfusi darah jika diperlukan.

Advertisement

Selain bantuan medis berupa transfusi darah, Sparta juga dikabarkan sempat diinfus dan diberikan air kelapa hijau sebagai pengganti cairan tubuh yang sempat hilang karena mimisan.

4. Demam tinggi, luka-luka misterius, muntah-muntah dan gusi putih

Namun tidak lama, tiba-tiba suhu tubuh Sparta naik drastis hingga 41.1 derajat, juga munculnya luka-luka yang membusuk pada kaki-kakinya, dan Sparta terus-menerus muntah-muntah. Suhu tubuh yang sangat tinggi ini sangat berbahaya karena bisa merusak organ-organnya. Beragam pengobatan dan kompres es pun diberikan untuk menurunkan suhu tubuh yang extreme ini.

Sparta juga dikabarkan terus menerus memuntahkan isi perutnya, bahkan disalah satu muntahannya yang terakhir, sempat keluar segumpal darah, yang menurut Bima, menandakan adanya pendarahan. Ditambah adanya perubahan warna pada gusinya Sparta yang biasanya merah menjadi sangat putih.

5. RIP Sparta

Kurang dari setengah jam sebelum Bima mengumumkan kabar duka akan Sparta, melalui story instagramnya, ia sempat meminta bantuan donor darah yang sangat urgent untuk darah DEA1 Positive, namun ternyata Yang Maha Kuasa punya kehendak lain.

Selamat tinggal Sparta, anak ketek papa Bima, anak muka kecebur rawon galak tapi super manja, juga anak bulu online kita semua. Now you can run free with no more pain. Terima kasih sudah bertahan hingga titik ini. Kami kakak-kakak The Golden Family will always remember you in our heart.

Stay strong untuk Kak Bima dan keluarga, our heart break with you too.

 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya