Pernah mendengar alasan tidak mau pacaran dulu karena lelah paska cinta yang harus kandas setelah bertahun-tahun meniti perjalanan bersama? Alasan tersebut sangatlah masuk akal. Bukannya mudah menyerah dan skeptis, namun rasanya dikecewakan dan ditinggalkan saat sudah melewati banyak sekali jatuh bangun di dalam sebuah hubungan, memang melelahkan psikis kita. Faktanya, ego yang tinggi dari diri kita dan pasangan merupakan salah satu faktor utama mengapa hubungan harus kandas (lagi).

Dan apabila saat ini kamu sedang dekat dengan pria yang usianya beda jauh dengan kamu. Katakanlah 8 tahun. Saat kamu menceritakannya ke sahabatmu, mereka mungkin akan berpikir kamu gila. Atau mereka akan menggoda kamu mengencani ‘om-om’. Tapi, jangan langsung menyerah. Justru kamu beruntung karena hal-hal dibawah ini nyatanya bisa sepenuhnya kamu rasakan dari pasangan yang berbeda jauh usianya darimu. Percayalah, di saat beberapa orang disekitarmu kembali merasakan putus nyambung karena berpacaran dengan cowok yang seumuran atau lebih muda dan menyebabkan egonya masih berlomba-lomba sama kamu, kamu malah nantinya menjadi yang pertama melaju ke jenjang pernikahan. Lagipula, kita menjalin hubungan untuk merasa ‘lengkap’, bukan buat gaya-gayaan bukan?

1. Saat bersamanya, kamu merasa sangat nyaman, seperti di-ayomi.

dia akan membuatmu merasa nyaman secara natural via https://id.pinterest.com

Ada satu saat dimana kalian akan merasa nyaman dengan keheningan di mobil, padahal tidak sedang bertengkar. Dia menunjukkan kasih sayang dengan tiba-tiba menggandeng tanganmu saat dia sedang main game atau membaca buku, atau tiba-tiba memijat bahumu lembut saat kalian sedang antri tiket nonton bioskop. Saat kamu dirundung masalah, dia bisa memberikan kamu nasihat hidup yang sebelumnya tidak terpikirkan olehmu. Juga di saat kamu diserang panik, dialah yang menjadi penyejuk. Dia mengerti bahwa dia pernah seusiamu dan mengalami hal-hal yang saat itu sedang kamu takutkan, namun dia tetap ingin kamu berkembang dengan membiarkanmu menghadapi saat-saat itu bersamanya.

2. Dia nggak maksa kamu untuk tampil cantik

baginya, personality kamu lebih penting via http://thoughtcatalog.com

Lama-lama, saat jalan bareng pasangan yang lebih tua, kalian nggak lagi perlu usaha berlebih untuk tampil cantik dan menarik perhatian pasangan kamu, seperti gambar alis, pake sepatu hak tinggi, pakai pakaian masa kini untuk terlihat menawan di mata pasangan, kecuali kalian melakukannya untuk diri sendiri. Pasangan kalian menyukai personality kalian lebih dari make up dan artificial beauty

3. Ada saat-saat dimana dia bertingkah konyol, tapi malah lebih charming.

Advertisement

Saat dia mau bersikap konyol sama kamu, akan jadi makin menggemaskan via https://id.pinterest.com

Kadang, kamu bisa bersikap kekanak-kanakan dan dia yang selalu dewasa suka mengopi tingkah-tingkah konyolmu, yang ketika dia ikuti jadi sangat menggemaskan. Bayangin deh kalau cowok yang biasanya selalu serius, tapi tiba-tiba godain kamu dengan ngikutin cara kamu ngomong atau cara kamu manja-manja ke dia, pasti tambah ngangenin.

4. Dia akan ngomong blak-blakan mengenai sesuatu yang bisa jleb di hati, namun saat dia memuji, pujiannya juga tulus, bukan hanya ingin membuatmu senang semata.

kejujuran adalah salah satu hal yang sulit didapat via https://id.pinterest.com

“Bajunya kurang bagus lho di kamu”

“Kamu kurang cocok pakai eyeliner.”

“Kamu cantik banget kalau nggak pakai make-up.”

“Kamu bisa bersikap jauh lebih dewasa dari orang-orang seusia kamu.”

5. Dia sudah percaya diri dan tidak perlu terus-terusan kasih kamu hal-hal mewah untuk bikin nilai plus dia dimata kamu

Sekalinya kasih kejutan akan sangat berkesan via http://www.newarticleworld.com

Gak melulu harus ketempat fancy, dinner romantis, liburan ke tempat kekinian untuk dipamerkan ke media sosial, tapi kamu tahu dia benar-benar sayang padamu. Kebanyakan dari mereka bahkan tidak benar-benar main instagram atau path. Kalian menikmati momen berdua yang sangat berarti. Dia mengajak kamu mendekat ke hobinya, dan dia rela nemenin kamu nonton konser Taylor Swift atau nemenin kamu nonton Twilight meskipun sesungguhnya kebanyakan cowok pasti nggak suka kedua hal ini.

Dia mungkin nggak ingat tanggal kalian jadian, nggak akan merayakan monthversary (anniversary setiap bulan) karena hal-hal ini tidak penting baginya, juga tidak menjadi indikator kualitas hubungan kalian. Dia juga mungkin nggak akan tiba-tiba kasih bunga atau sering kejutan seperti pacar-pacar kamu sebelumnya yang seumuran, tapi di saat dia kasih kamu kejutan, percayalah itu sangat berarti dan sangat berbeda.

6. Dia mengerti dan menghargai prinsip kamu

Prinsip kamu tetap harus dihargai via http://www.elsabesmit.com

Meskipun kadang-kadang tak sesuai keinginannya, namun dia tetap menyesuaikan sikapnya agar tidak mengganggu prinsip yang kamu pegang teguh selama ini. Misalnya saja, kamu sudah menentukan batas-batas fisik selama kalian pacaran, pasanganmu ini akan menghargainya dan tidak akan mendesak-desak kamu untuk mengikuti keinginannya. Seperti apa hayo?

7. Soal siapa yang bayarin siapa nggak jadi masalah buat dia

Yang penting momennya via http://www.villapalmarcancun.com

Pernah merasa canggung saat mau bayar makan malam sama gebetan/pacar yang seusia kamu? Cowok yang lebih tua bisa merangkai kata-kata yang membuat kamu jadi nyaman. Misalnya “Udah aku aja yang bayar. Kamu kan lagi banyak pengeluaran.”

“Uangnya buat kamu nabung aja.”

Atau kadang-kadang dia jadikan candaan seperti, “Nanti kamu traktir akunya di fine dining aja, kalo cuma segini aku yang bayar.” Padahal kalanya kalian makan di restoran fancy, dia akan tetap mati-matian menahan kamu membayar.

Dan nantinya, secara otomatis, kamu malah jadi mau diam-diam belikan dia hadiah

8. Dia punya visi dan misi yang jelas mengenai hubungan kalian.

menjadi bagian dari masa depannya via http://howheasked.com

Masa-masa ‘bandel’nya sudah lewat, dia udah nggak lagi ikut permainan “playing hard to get” dan nggak dengan mudahnya melepaskan kamu. Begitupun kalau kalian sedang bertengkar, dia tidak akan lomba-lomba ngambekan sama kamu. Dia sadar dia seharusnya jadi lebih dewasa daripada kamu dan setiap pertengkaran kalian selesai, dia memastikan ada pelajaran yang bisa dipetik agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. Jadi dia sekarang menjadi pria yang siap menjalin keseriusan dan merajut masa depan bersama dengan pasangannya, yaitu kamu

Bahkan, pasangan artis Gading Martin – Gisella Anastasia dan Alyssa Soebandono – Dude Harlino pun terpaut usia jauh dan mereka terlihat seperti pasangan yang sangat bahagia lho. Selamat mencari.