Pernahkah kamu merasa menjadi orang yang tak berguna? Ditambah lagi jika orang-orang disekitarmu menyatakan bahwa kamu hanya menjadi benalu bagi mereka. Sakit hati pasti, tapi apakah kamu benar-benar pribadi yang tak berguna? Tentu saja tidak. 

Kamu bermakna, hidupmu berguna, jangan biarkan orang-orang melemahkan potensimu. Saat dirimu merasa tidak berguna bagi orang lain, coba sadari hal-hal berikut ini. Hal ini akan menyadarkanmu, bahwa hidupmu sangatlah berguna. 

1. Ingatlah, sudah berapa banyak orang yang kamu bantu

membantu orang lain

membantu orang lain via https://www.pexels.com

Advertisement

Saat kamu merasa gak berguna, bahkan cuma dianggap hidup sebagai benalu, bukan berarti kamu tak berguna. Meskipun ada yang mengatakan bahwa hidupmu merepotkan seseorang, percayalah bahwa ada orang yang membutuhkanmu.

Coba sekarang ingat kembali berapa orang yang sudah kamu bantu? Lihat berapa orang yang merasa bahagia atas bantuan yang sudah kamu lakukan padanya.

Sadari perlahan, kamu akan menemukan bahwa dirimu sudah berguna bagi orang lain dengan bantuan yang kamu lakukan. 

2. Ingat kembali, berapa orang yang sudah bilang terima kasih padamu

mengucapkan terima kasih

mengucapkan terima kasih via https://www.pexels.com

Advertisement

Walaupun ada yang bilang dirimu tak berguna, jangan sedih dulu ya. Kamu berguna kok, ingat kembali berapa orang yang bilang “terima kasih” ke kamu.

Kamu pasti pernah mendapatkan ucapan terima kasih dari teman-temanmu atas bantuan yang sudah kamu lakukan atau ucapan terima kasih atas pekerjaan terbaik yang sudah kamu selesaikan.

Betapa berartinya dirimu, saat kamu bisa mendapatkan ucapan terima kasih dari orang-orang di sekitarmu. Walaupun ada yang tak menyukaimu, bahkan menganggapmu sebagai pengganggu, tapi percaya deh akan ada orang yang mengganggapmu berarti baginya.

3. Sadari apa yang sudah kamu raih dan dapatkan

meraih impian

meraih impian via https://www.pexels.com

Gak mungkin kalau kamu belum meraih apa-apa. Jika memang kamu belum mampu mewujudkan impian terbesarmu, paling tidak kamu sudah berhasil meraih impian terkecilmu setiap harinya.

Dari hal yang sederhana misalnya, liburan ke kota tertentu, membeli barang yang kamu inginkan, lulus sekolah/kuliah, mendapat pekerjaan sesuai passion-mu dan sebagainya. 

Saat kamu merasa hidupmu tak berguna, tak bisa apa-apa, coba list pencapaianmu setiap harinya. Mulailah mengapresiasi pencapaian sekecil apapun dalam hidupmu. Ini akan membuat dirimu merasa lebih berguna. Kamu punya semangat hidup untuk terus mencapai impian-impian lainnya. 

4. Ingat kembali orang-orang yang mencarimu saat mereka butuh

orang lain membutuhkan bantuanmu

orang lain membutuhkan bantuanmu via http://pixabay.com

Sebagian orang merasa hanya “dimanfaatkan” ketika mereka dicari oleh orang lain saat butuh saja. Mungkin memang terkesan hanya dimanfaatkan, tapi coba pandang dari sisi positifnya. Kalau kamu dicari seseorang ketika mereka membutuhkanmu, artinya kamu punya sesuatu yang berguna bagi mereka. 

Bukankan menjadi berguna bagi orang lain adalah yang menyenangkan? Artinya, kamu telah menjadi bagian meringankan beban orang lain atau bahkan menyelesaikan masalahnya. Tapi, bukan berarti kamu harus menerima semua permintaannya ya, kalau merasa gak mampu dan gak mau, kamu punya hak untuk menolak kok. Gunakan hak-mu itu!

 

 

5. Kamu bermakna, hidupmu berharga

kamu berharga

kamu berharga via https://www.pexels.com

Biarkan orang-orang yang menganggapmu tak berguna menyatakan hal demikian. Tapi ingat ya, bukan berarti kamu tidak berguna seperti yang mereka katakan. 

Kamu bermakna, kamu berharga. Tetaplah hidup sebagaimana mestinya. Fokus ke orang-orang yang mencintaimu. Mereka membutuhkanmu, kamu harus melakukan yang terbaik untuk mereka. 

Akan selalu ada orang yang tak menyukaimu, gak masalah. Kamu tetap pribadi yang berguna dengan hal-hal positif yang kamu lakukan. Percaya dirilah, akan selalu ada tempat yang membuatmu merasa berharga dan berguna. 

Saat orang lain mengatakan bahwa dirimu tak berguna baginya, percaya bahwa ada orang yang menggaggapmu sebagai orang yang berguna baginya. 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya